Anggota DPRD Ikut Berenang di Pantai Pagatan

Avatar photo

- Editor

Minggu, 5 Maret 2023 - 23:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala-Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut berenang bersama Bupati Tanah Bumbu di pantai Pagatan, Minggu (5/3/2023).

Minggu Pagi di Pantai Pagatan sangat ramai. Seperti biasa para pejabat eselon II dan III, pegawai, dan beberapa masyarakat Tanah Bumbu, bersama Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar membaur berenang di pantai Pagatan.

Pagi tadi pukul 06.00 wita, berenang bersama Bupati Tanah Bumbu diikuti Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Murad, Anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Jumron AR, Andi Asdar, dan Fatur Rakhman.

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di pantai pagatan, setelah berenang, menyediakan sarapan pagi hampir 150 porsi yang dibagikan kepada semua yang ikut berenang bersama Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar.

Baca Juga :  Agoes Rahkmady Hadiri Silaturahmi Danrem 101/Antasari

Dilansir dari sehatq.com, menyebutkan 7 manfaat berenang di laut yang tak boleh dilewatkan.

Pertama, meningkatkan imun. Air laut mengandung elemen-elemen penting, seperti vitamin, garam mineral, trace element, asam amino, dan mikroorganisme hidup yang bisa memproduksi efek antibiotik serta antibakterial untuk mendukung sistem imun sehat.

Menurut sejumlah ahli, sama dengan plasma darah manusia, komponen air laut mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh ketika sedang berenang. Menurut dokter naturopati Connie Hernandez, menghirup kabut dan hawa laut yang berisi ion bermuatan negatif juga bisa meningkatkan sistem imun. Selain itu, berenang di air laut membuka pori-pori kulit, sehingga mempermudah penyerapan mineral-mineral laut dan mengeluarkan racun penyebab penyakit dari dalam tubuh.

Kedua, menyehatkan jantung. Studi penelitian pada bulan Mei 2017 membuktikan manfaat berenang di laut terhadap kesehatan jantung. Para atlet memiliki batas kapasitas volume maksimum oksigen lebih lama. Semakin lama periodenya, artinya jantung bekerja dengan sangat optimal.

Baca Juga :  Ini Nama-nama Perusahaan Ramaikan Pesta Pantai Mappanre ri Tasie

Ketiga, otot core (inti) yang membantu menopang panggul, tulang belakang, pantat, punggung, pinggul, dan perut, semakin kuat. Aktivitas sehari-hari sangat dipengaruhi oleh otot inti. Berenang di laut sangat membantu memperkuat otot inti karena gerakan berusaha mengapung didalam air dan menahan gelombang ombak.

Keempat, Meredakan nyeri sendi. Dalam pembahasan Seminars in Arthritis and Rheumatism, berendam di Laut dapat mengurangi rasa nyeri sendi. Persendian terasa lebih nyaman dan rileks.

Kelima, meringankan psoriasis. Berenang di air laut yang kaya akan mineral alami telah lama digunakan untuk meringankan gejala psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang kulit berupa ruam, bersisik, kulit sangat kering, atau terkadang terasa gatal pada kulit.

Baca Juga :  Lomba Melukis Mural Bikin Penasaran

Keenam, menjaga kekuatan tulang dan saraf. Air laut kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti magnesium untuk menjaga kekuatan tulang, saraf, dan otot-otot dalam tubuh, mengendalikan tekanan darah, membantu proses metabolisme insulin. Pada Agustus 2017 lalu, riset memperlihatkan bahwa kadar magnesium dalam tubuh meningkat bagi orang yang berendam di air laut selama 60-120 menit.

Ketujuh, menghilangkan stres. Dalam bukunya Blue Mind tahun 2014, seorang ahli biologi kelautan Wallace J. Nichols menemukan mengapa orang-orang bisa relaksasi dan meditasi ketika berada di atas air laut ataupun saat di bawah laut. Salah satu penyebabnya adalah pengaturan pernapasan selama berenang maupun menyelam. Pola pernapasan tersebut merangsang sistem saraf parasimpatis hingga hormon yang mempengaruhi otak secara positif. (MAS)

Berita Terkait

Sekretariat DPRD Tanbu Pamerkan Kegiatan, Tugas Pimpinan, dan Anggota DPRD
Banggar Tanbu Bahas 10 Rekomendasi LKPj dan Akan Memanggil Dinas Terkait
Pesta Pantai Pagatan, Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kemandirian UMKM
Mappanre ri Tasi’e, Said Ismail: Adat Harus DiJaga
DPRD Tanbu Sampaikan Arahan RPJPD 2025-2045
Wakil Ketua DPRD Kunjungi Stand Pameran Expo Mappanre ri Tasi’e
Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023
HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu
Berita ini 34 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:37 WIB

Tanah Bumbu

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:23 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Banggar Tanbu Bahas 10 Rekomendasi LKPj dan Akan Memanggil Dinas Terkait

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:12 WIB