Fraksi PKB Minta Prioritaskan Masyarakat Dibandingkan Belanja Kebutuhan Birokrasi

- Editor

Selasa, 10 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Fraksi PKB meminta pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu agar memprioritaskan kebutuhan masyarakat seperti kesehatan, perekonomian, sosial, dibandingkan kebutuhan belanja birokrasi, Senin (9/10/2023).

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melalui Juru Bicaranya Haris Fadillah mengapresiasi Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daeran (RAPBD) yang ditandatangani oleh eksekutif dan legislatif, namun Fraksi PKB memberikan beberapa catatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Belanja dalam APBD tahun 2024 direncanakan Rp 2.625.283.540.226, jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2023, setelah pembahasan, sebesar Rp 2.268.177.675.120 atau dapat dikatakan belanja daerah mengalami kenaikan, sehingga Fraksi PKB mempertanyakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai kenaikan belanja tersebut.

Kedua, Fraksi PKB menyampaikan agar belanja daerah mendahulukan efisiensi belanja kebutuhan masyarakat, karena menurutnya, belanja kebutuhan masyarakat harus menjadi prioritas dibandingkan kebutuhan birokrasi. Untuk itu, Fraksi PKB meminta agar memenuhi hak masyarakat di bidang kesehatan dan kesejahteraan, yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Gubernur Jalin Silaturahmi Komunitas LVRI, PD PPM, dan DAD Kalsel

Ketiga, berkaitan dengan target pendapatan tahun 2023 dengan target pendapatan 2024, Fraksi PKB menyebut mengalami penurunan 6,85 persen, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan pendapatan.

“Kami Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa kepada Pemerintah Daerah agar melakukan pemetaan dan basis data untuk mendapatkan data yang akurat dan terkini, dalam menyusun program strategi pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu,”

Untuk menjadikan sektor unggulan sehingga dapat memberikan dampak ekonomi dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Keempat, terkait penurutan target PAD, Fraksi PKB menilai perlu menyikapi dengan meningkatkan pelayanan pajak dan retribusi, dan upaya pelayanan menggunakan system dan digitalisasi, dan harus disosialisasikan kepada masyarakat umum.

Baca Juga :  Pembukaan MTQN Kotabaru ke-54, Sayed Jafar Dorong Anak-anak Baca Qur'an dengan Baik

Fraksi PKB juga menyarankan agar anggaran difokuskan pada RPJMD sesuai visi misi membangun Tanah Bumbu yang unggul, maju, mandiri, relijius, dan demokratis.

Serta perencanaan kegiatan tersusun secara cermat dan terukur agar tetap mengacu pada program-program prioritas sebagai respon terhadap tantangan di bidang kesehatan, pemulihan ekonomi, sosial, dan sebagainya.

Terakhir, Fraksi PKB meminta Pemerintah Daerah agar pada tahap pembahasan RAPBD, dilakukan secara transparan, professional, dan mengedepankan kepentingan Masyarakat.

Rapat paripurna dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD ini dihadiri Sekretaris Daerah Ambo Sakka, Kepala SKPD, Anggota DPRD, para undangan, dan dipimpin Said Ismail Kholil Alaydrus, disaksikan Ketua DPRD Andrean Atma Maulani. (MAS)

Berita Terkait

DPRD Tanbu Ajukan Raperda Pengembangan Wirausaha dan Pengawasan Produk Halal
Program Pemulihan UMKM Kurang Peminat, Diskumdagri: Kendala Akses Modal
Upaya Gali PAD, DPRD Tanbu Kunjungi Palangkaya Raya
Ketua DPRD Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas
Ketua DPRD Hadiri Apel Operasi Patuh Intan 2024 di Mapolres Tanbu
Rapat Paripurna DPRD, Zairullah Teguh Perjuangkan Bendungan Kusan
Wakili Bupati, Sekda Ucapkan Terima Kasih LPJ APBD 2023 Diterima
Akhirnya, Semua Fraksi DPRD Tanbu Terima LPJ APBD 2023
Berita ini 115 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:14 WIB

Program Pemulihan UMKM Kurang Peminat, Diskumdagri: Kendala Akses Modal

Selasa, 16 Juli 2024 - 10:44 WIB

Upaya Gali PAD, DPRD Tanbu Kunjungi Palangkaya Raya

Selasa, 16 Juli 2024 - 10:33 WIB

Ketua DPRD Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

Senin, 15 Juli 2024 - 15:45 WIB

Ketua DPRD Hadiri Apel Operasi Patuh Intan 2024 di Mapolres Tanbu

Rabu, 10 Juli 2024 - 11:22 WIB

Rapat Paripurna DPRD, Zairullah Teguh Perjuangkan Bendungan Kusan

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB