Kisah Malaikat Maut Mencabut Nyawa Rasulullah di Majelis Lailatul Jum’at

- Editor

Sabtu, 29 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Penceramah dari Kota ‘Daeng’ Makassar mengisahkan rasa pedih rasulullah saat malaikat maut mencabut nyawanya pada pengajian malam Jum’at di Masjid Darul Azhar, Kecamatan Simpang Empat. Kamis. (17/1/2022).

Awalnya Ustadz Encik Muhammad Jamil Budiman menyebut dalam ceramahnya bahwa semua umat nabi Muhammad akan masuk syurga kecuali yang tidak mau. Mereka yang tidak mau adalah mereka yang tidak mau melaksanakan perintah Allah dan rasulnya.

ketika Allah memerintahkan malaikat Izrail turun ke bumi mencabut nyawa Rasulullah Muhammad, Allah berfirman jika Izrail dibolehkan masuk rumah Muhammad maka masuklah, tapi jika tidak diboleh masuk maka kembalilah.

Maka turunlah Izrail ke bumi mendatangi rumah rasulullah Muhammad. Izrail memberi salam dan masuk ke rumah rasulullah, Izrail datang ke rumah rasulullah dalam wujud seperti manusia dan disaksikan oleh Fatimah anak rasulullah. Setelah dipersilahkan masuk, rasulullah bertanya, apakah kedatangan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya.

Baca Juga :  Job Fair, Utamakan Pencari Kerja Lokal

Maka Izrail berkata bahwa ia datang untuk berziarah dan akan mencabut nyawanya jika diizinkan, namun jika tidak diizinkan maka Izrail akan pulang. Setelah Izrail menyampaikan maksud kedatangannya, Rasulullah menanyakan dimana malaikat Jibril. Izrail menjawab bahwa Jibril masih berada di langit dunia. Tidak lama berselang, malaikat Jibril pun datang.

Rasulullah bertanya kepada Jibril tentang haknya, namun tak satu pun jawaban yang memuaskan hatinya hingga Jibril menyampaikan tentang nasib umat Muhammad. Jiblil menyampaikan bahwa semua umat Rasulullah Muhammad akan masuk syurga lebih dahulu, dibandingkan umat para nabi dan rasul masuk surga, maka tenanglah hati rasulullah.

Baca Juga :  Bupati Zairullah: Habib Luthfi Akan Datang ke Tanah Bumbu

Berita inilah yang tunggu-tunggu oleh Muhammad dibandingkan berita kedatangan ruh Muhammad, yang siap disambut oleh para malaikat, pintu langit dibuka, dan pintu-pintu syurga dibuka.

Izrail pun melakukan tugasnya dan mencabut nyawa rasulullah disaksikan oleh Jibril. saat ruh rasulullah ditarik dari kaki sampai ke perut, rasulullah berkata, “Wahai Jibril alangkah pedihnya maut,” mendengar itu malaikat Jibril memalingkan wajahnya.

Lalu rasulullah berkata, “wahai Jibril apakah engkau tidak suka memandang wajahku,” Jibril menjawab “wahai kekasih Allah, siapakah yang sudi melihat wajahmu sedangkan engkau merasakan sakitnya maut,” kemudian Izrail melanjutkan tarikannya sampai ke kepala dan ruh Muhammad meninggalkan jasadnya diusia 63 tahun pada hari Senin.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Kumpulkan Ketua RT Sukseskan SDSM

Maka Ustadz Encik Muhammad Jamil Budiman berkata, maka aminkalah doa saat imam membaca doa selamat menghadapi maut, karna maut itu sangat pedih. Disebutkan dalam riwayat, sakitnya sakaratul maut itu seperti 300 kali tusukan pedang. Mendengar itu, mata Bupati Zairullah berkaca-kata dan beberapa kali mengusap wajahnya. Jamaah pun demikian, ada yang tertunduk dan meneteskan air mata. (MAS)

Berita Terkait

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu
Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan
BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana
MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan
Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Berita ini 926 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:08 WIB

Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan

Jumat, 3 Mei 2024 - 16:54 WIB

BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana

Kamis, 2 Mei 2024 - 17:44 WIB

MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Berita Terbaru