TP PKK Kalsel Berbagai Strategi Cegah dan Berantas Narkoba

Avatar photo

- Editor

Kamis, 14 September 2023 - 17:16 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARMASIN, Goodnews.co.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah bersama tim mencegah dan memberantas narkoba melalui penyuluhan dan sosialisasi.

Dijelaskan Raudatul Jannah, upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang narkoba dan bahayanya.

Itu disampaikan pada pembukaan Sosialisasi Keluarga Indonesia Sehat Tanpa Narkoba yang diprogramkan oleh Pokja I TP PKK Kalsel di Hotel Zuri Express Banjarmasin (14/9/2023).

Dirinya ingin, Tim Penggerak PKK sebagai sebuah gerakan yang mengakar hingga ke lingkungan keluarga, tentunya bisa berbuat aktif untuk ikut mencegah narkoba.

Baca Juga :  Pemprov Kalsel dan India Kerjasama Sektor Batubara dan Sawit

“Langkah paling utama dari pencegahan ini, tentu kita mulai dari keluarga kita sendiri. Setiap keluarga di Tim Penggerak PKK dan kader, kiranya memberikan contoh dan keteladanan dalam pencegahan narkoba di lingkungan keluarga,” katanya

Hal ini mengingat peredaran narkoba yang sudah merambah keberbagai kalangan dan lingkungan menjadi ancaman serius bagi kehidupan keluarga, termasuk di Kalimantan Selatan.

Tentunya pencegahan dan pemberantasan narkoba memerlukan keterlibatan semua pihak, tanpa kecuali bagi TP PKK Kalsel.

Lebih lanjut, Hj Raudatul Jannah menyampaikan, berdasarkan riset dari BNN tahun 2018 di 13 provinsi, dari 15,4 juta pelajar, sebanyak 2,2 juta menggunakan narkoba.

Baca Juga :  Tahun Ini, Pemprov Kalsel Realisasi Pemeliharaan Jalan Provinsi 13 Kabupaten Kota

“Ini angka yang sangat tinggi dan memprihatinkan. Bisa kita bayangkan, mau jadi apa generasi kita, jika mereka sudah terpengaruh dengan narkoba,” katanya.

Terlebih kata ia menerangkan, dampak dari penyalahgunaan narkoba ini sangat buruk, karena membuat generasi muda akan tumbuh menjadi pemalas, kurang cerdas dan banyak berangan-angan.

“Secara moral terdegradasi, memicu permasalahan keluarga, menjadi beban sosial dan juga berpengaruh terhadap ekonomi, bahkan, sebagian besar kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ, disebabkan oleh penyalahgunaan narkoba,” ucapnya.

Baca Juga :  Paman Birin Harap KKB Periode 2023-2028 Lebih Baik

Bentuk penyuluhan dan sosialisasi lainya yakni dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi non formal dimulai momen-momen perbincangan dengan tetangga, yang bisa disisipkan pesan pencegahan narkoba.

“Kita para pengurus maupun kader-kader PKK juga harus memperkaya wawasan dan pemahaman tentang kenarkobaan, yang akan kita dapatkan dalam forum sosialisasi ini. Dari forum sosialisasi inilah, nantinya para pengurus dan kader pkk diharapkan mampu menyebarluaskan informasi tentang narkoba di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (Fit)

Berita Terkait

Paman Birin: Kalsel Pilihan Tepat Suplai Pangan ke IKN
Penulis Kitab Sabilal Muhtadin, Paman Birin: Banyak Lahirkan Ulama
Paman Birin: Kawal Anggaran Dana Desa Rp 71 Triliun
Paman Birin Lepas Keberangkatan 1.000 Orang Mudik Gratis
Istimewa, Paman Birin Safari Ramadhan di Desa Tambak Sirang Baru
Acil Odah Gelar Sunatan Massal di Kandangan
Paman Birin Siapkan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
Acil Odah Tinjau Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pengemudi
Berita ini 44 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB