Hari Jadi Kotabaru ke-74, Paman Birin Sebut Momentum Majukan dan Sejahterakan Masyarakat

- Editor

Senin, 3 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KOTABARU, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin, menghadiri acara Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-74 dan semarak Expo Saijan di Lapangan Siring Laut Kotabaru, Sabtu (1/6/2024).

Opening Ceremony ditandai dengan Tari Mayang Sari. Ketiga penari menuju panggung utama menyerahkan sebatang pelepah daun mayang agar ditepukkan oleh Paman Birin dan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar Alaydrus sebagai tanda selamat datang.

Selanjutnya, Paman Birin meresmikan Air Mancur Menari SJA, didampingi Bupati Kotabaru bersama jajarannya.

Peringatan Hari jadi Kotabaru ke-74 ini mengusung tema ‘Manuntungakan Amanah Manuju Kotabaru Gemilang (Man-julang).’

Makna Man-julang dalam bahasa Banjar merupakan pencapaian tertinggi dalam proses pembangunan dan terlihat sangat menonjol ke permukaan.

Dalam sambutannya, Paman Birin menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kotabaru menjadi momentum bersama dalam meningkatkan maju dan sejahtera daerah, karena memiliki potensi mendatangkan wisatawan lokal bahkan mancanegara.

“Dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-74 kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kotabaru. Warga Kotabaru yang saya hormati, peringatan ini sangat bermakna untuk kita semua,” ungkap Paman Birin.

Sebagai daerah memiliki potensi dan kekayaan alam, Paman Birin mengatakan Kotabaru memiliki peluang besar untuk menjadi Kabupaten yang berkembang dan maju. Namun, menurutnya kemajuan daerah tidak akan berarti jika tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Nelayan Kepiting Tanah Bumbu dan Kotabaru Terima Hasil Mediasi

“Oleh sebab itu, momentum dengan hari jadi ke-74 Kotabaru. Perlu kita maknai sebagai titik tolak menuju Kotabaru yang semakin maju dan semakin sejahtera,” harap Paman Birin.

Sesuai tema, Paman Birin menilai hal tersebut selaras dengan semangat dalam bersinergi dan kolaborasi yang perlu dibangun kuat dengan pemangku kebijakan.

Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, Paman Birin mengajak warga Kotabaru untuk terus melakukan gerakan gotong royong dalam membangun daerah.

“Dengan semangat yang tak pernah putus, insyaallah Kabupaten Kotabaru akan mampu mencapai cita-cita mulia itu,” pungkasnya.

Sementara itu, H Sayed Jafar menginginkan kemajuan daerah yang dipimpinnya selama 10 tahun belakangan ini, banyak menorehkan prestasi atas pembangunan yang dilakukannya.

“1 Juni 2024 sebagai peringatan hari jadi Kotabaru ke-74 telah beranjak tua, maka tema yang diusung adalah Man-julang sebagai makna untuk kita lebih semangat, memotivasi serta menunjukan pencapaian tinggi terhadap visi-misi daerah kita tercinta,” ucap Sayed.

Baca Juga :  Gubernur Sebut Tiga Faktor Kemajuan Banua

Selama 10 tahun kepemimpinan, H Sayed Jafar bersyukur telah melewati fase yang panjang untuk pembangunan Kotabaru. Menurutnya, capaian itu pihaknya tidak mudah puas maka harus ditingkatkan lagi dalam aspek pembangunan daerah.

Bukan hanya pembangunan fisik, H Sayed Jafar juga mengatakan perlu meningkatkan kualitas SDM di daerah. Banyak hal yang dikembangkan, sehingga nantinya kemajuan dapat bersaing untuk daerah-daerah lainnya.

“Ini memacu kita dalam persaingan ekonomi. Melalui sektor pariwisata dan agrobisnis, baik itu perkebunan, pertanian dan perikanan. Bahkan, sektor unggulan lainnya di Kota Saijan. Kita terus bergerak,” ungkap Sayed.

H Sayed Jafar mendorong agar masyarakat bergerak maju dalam kebersamaan untuk daerah, tentunya bergotong-royong dalam perubahan di Kotabaru. Terakhir, ia berharap kabupaten yang kaya dengan hasil laut ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Puncak peringatan hari jadi tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Kalsel, tamu undangan dari TNI, Polri, Forkopimda, pejabat lingkup Pemprov Kalsel dan Pemkab Kotabaru.

Selain itu hadir juga Bupati Kotabaru (1990-1995), MBA Bektam (1995-2000) dan mantan Wakil Bupati Kotabaru. (E)

Berita Terkait

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan
Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan
Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge
Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas
Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD
Paman Birin Terima WTP ke-8 dari BPK RI
Paman Birin Apresiasi Satpol PP dan Damkar Siapkan SDM Hadapi Bencana
Paman Birin Terima Penghargaan AMB 2024
Berita ini 20 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:51 WIB

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:47 WIB

Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:57 WIB

Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:22 WIB

Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:04 WIB

Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB