BANJARBARU, Goodnews.co.id – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Bumbu (Tanbu) meraih peringkat terbaik 1 dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan.
Sebelumnya (5/12/2023), Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Tanbu, Gento Hariyadi, saat ditemui di ruang kerjanya, mengatakan Disdukcapil Tanbu mendapat undangan Dukcapil Award 2023 dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru.
Pada acara Dukcapil Award 2023 tersebut, Disdukcapil Tanbu mendapat anugerah peringkat terbaik 1 dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan tingkat Provinsi Kalsel, Kamis (7/12/2023).
Kadis Dukcapil Tanbu, Gento Hariyadi, mengungkapkan ada lima indikator penilaian dalam meraih peringkat tersebut.
Indikator pertama, yaitu capaian dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk(KTP) elektronik yang ditargetkan sebesar 90 % sedangkan Tanbu berhasil mencapai 99,69 %.
Kedua, mengenai target nasional penerbitan akta kelahiran, sebesar 89 % sedangkan Tanbu berhasil mencapai 92 %.
Ketiga, penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA), pusat menargetkan seluruh kabupaten kota 40 %, sedangkan Tanbu mencapai 88,20 %,
Selanjutnya Indikator keempat, Identitas Kependudukan Digital (IKD), ditargetkan sebesar 25 %, sementara Tanbu berhasil mencapai sekitar 28 %.
Indikator kelima, laporan kematian atau disebut dengan buku pokok pemakaman yang ditargetkan di pusat itu seluruh kabupaten kota harus sudah memiliki buku pokok pemakaman atau laporan kematian dari Desa, kecamatan, yang dikirim ke dinas, sedangkan Disdukcapil Tanbu sudah melaksanakan 100 %.
Gento mengatakan pencapaian peringkat terbaik 1 ini merupakan usaha dan kerjasama seluruh bidang dan pegawai dari Disdukcapil.
Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, mengatakan sangat bersyukur atas prestasi Disdukcapil dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan.
Keberhasilan Disdukcapil menunjukkan keberhasilan menjalankan pelayanan kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu.
Kemudian ia juga berharap agar capaian Disdukcapil bisa terus dipertahankan bahkan harus lebih ditingkatkan lagi.
“Kita pemerintah adalah pelayan untuk masyarakat, jadi pelayanan itu harus ditingkatkan dan menjadi lebih baik dari kemarin jangan sampai malah turun,” ungkapnya. (OA)