Sitoni Semakin diharapkan di Desa-Desa

0
163

TANAH BUMBU – Di masa pandemi tidak dapat dipungkiri muncul kehati-hatian masyarakat terhadap tempat-tempat keramainan seperti pasar. adanya Sitoni, Toko Tani Keliling ke desa-desa, sangat membantu warga untuk tidak mendatangi tempat yang dikhawatirkan dapat menjadi penyebaran virus Covid-19.

Desa Serdangan dan Desa Danau Indah baru saja dikunjungi Sitoni, sambutan luar biasa dari warga terlihat banyak kalangan ibu-ibu ramai-ramai menyerbu Sitoni. Alasannya sederhana, harganya lebih terjangkau dibandingkan harga yang ada di pasar-pasar, apalagi kondisi jarak rumah warga dengan pasar berjauhan.

Kepala Desa Serdangan Tanra Fitriadi menunjukkan kepada media goodnews.co.id bagaimana antusias masyarakat berbelanja di mobil Sitoni yang ada di belakangnya. Terlihat ibu-ibu memilah dan memilih bahan pangan yang ada di mobil Sitoni. Kamis, (22/7/2021).

Dia menjelaskan bahwa makin hari makin turun ekonomi warga akibat panjangnya masa pandemi Covid-19, kehadiran kegiatan Sitoni keliling dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu di desa-desa sangat meringankan beban warganya, utamanya warga yang ingin mendapatkan bahan pangan yang lebih terjangkau tanpa harus ke tempat kerumunan seperti pasar.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.” Katanya.

Tanra Fitriadi meminta agar program Sitoni ini jika memungkinkan hadir dua kali sebulan di desanya, karna tanpa bantuan dari Pemerintah Daerah, ekonomi warganya akan terus menurun akibat dampak pandemi Covid-19.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Danau Indah Bahrani. Kehadiran Sitoni membantu warga Danau Indah. Disaat pandemi seperti ini biasanya warga Desa Danau Indah berbelanja harus berangkat ke kecamatan Kusan Hulu atau Kecamatan Batulicin. Kehadiran Sitoni di Desa Danau Indah sangat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan.

Baca Juga :  Jokowi Ingatkan Jangan Sowan ke Ormas Pelanggar Hukum

“Desa Danau Indah ini masyarakatnya bila ingin belanja, harus pergi ke Kecamatan Kusan Hulu atau ke Kecamatan Batulicin, tapi dengan adanya kegiatan ini (Sitoni Keliling) tentunya bisa membantu masyarakat Desa Danau Indah. Semoga kedepannya, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali, dan sangat membantu masyarakat.” Ungkap Kades Danau Indah.

Babinsa Danau Indah Karmadi, dan Polmas Denio K. juga menyaksikan antusias masyarakat belanja di Toko Tani Keliling. Menurutnya kegiatan ini benar-benar membantu masyarakat di desa-desa.

Bahan pangan yang dijual Sitoni diantaranya beras lokal kemasan 3 kilogram, gula pasir, daging beku, minyak goreng, indomie, teh celup gunung satria, sarden ABC, garam dapur, susu kaleng, telur ayam ras, tepung, bawang merah, dan sebagainya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu Nahrul Fajeri menjelaskan bahwa Toko Tani Keliling ini konsepnya sederhana tapi sangat bermanfaat terhadap masyarakat, utamanya memenuhi kebutuhan dapur rumah tangga. Ini adalah wujud kepedulian Bupati Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muhammad Rusli menjaga harga pangan tetap stabil dan memobilisasi Sitoni sampai ke desa-desa yang jauh dari perkotaan. Sabtu, (24/7/2021).

Jejak Sitoni di Kabupaten Tanah Bumbu ‘Serambi Madinah’ semakin panjang, sebelumnya Sitoni lebih dulu menjajaki Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Desa Emil Baru Kecamatan Mantewe, Desa Tamunih Kecamatan Teluk Kepayang, Desa Pandamaran jaya Kecamatan Satui, Desa Satiung Kecamatan Kusan Tengah, Desa Serdangan Kecamatan Kusan Tengah, dan Desa Danau Indah Kecamatan Batulicin. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here