Serambi Madinah Jaring Aspirasi Melalui Forum Konsultasi Publik

Avatar photo

- Editor

Selasa, 8 Februari 2022 - 22:21 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu melakukan Forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023 di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Bupati, HM Zairullah Azhar dengan mengundang sebanyak 250 perwakilan unsur Stakeholder yang diundang, meliputi Pemerintah, swasta dan tokoh masyarakat Tanbu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Tanbu, Andi Anwar Saddat menuturkan forum konsultasi publik ini, guna memperoleh masukan dan saran penyempurnaan RKPD tahun 2023 Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Oleh karenanya, hal ini berkaitan apabila ada persepsi, dan pemahaman bersama mengenai arah pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu 2023.

“Memang secara umum, tujuan dari forum konsultasi publik ini adalah menyepakati program atau kegiatan prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tanah Bumbu 2023,” ungkap Andi Anwar Saddat S.Pi.

Baca Juga :  Bersih-bersih Pantai Pagatan Peringati Harhubnas 2022

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini ada komitmen bersama antar stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan arah pembangunan di Tanbu.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar memberikan apresiasi kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023 di Tanah Bumbu. Sebab, hal ini, dapat menampung banyak aspirasi publik.

“Tujuan dari acara konsultasi publik ini ialah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal, dalam menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas, dan sasaran pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023,” ungkap Bupati HM Zairullah Azhar.

Baca Juga :  FGD Dorong Penyelesaian Konflik Lahan

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Penyusunan RKPD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023, merupakan tahun ketiga dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) , Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026,” tuturnya.

Dikatakan, kegiatan ini sebagai ikhtiar untuk mencapai visi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang, maju, unggul, mandiri, religius dan demokratis.

Zairullah menuturkan tema pembangunan pada tahun 2023 yaitu penguatan infrastruktur dan ekonomi berkelanjutan dan berkeadilan, untuk optimalisasi kapabilitas daerah bernuansa kearifan lokal yang religius.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan menjadi media bagi penguatan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan , dalam upaya menjaga konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” ucapnya.

Baca Juga :  Disbudporpar dan Warga Betung Capai kesepakatan Lahan Wisata

Disamping itu, terlebih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong daerah untuk menjaga kesinambungan antara perencanaan dan penganggaran, sehingga proses ini harus dipastikan berjalan sesuai tata waktu dan aturan yang berlaku.

“Selain itu, saya juga berharap melalui forum diskusi ini akan ada masukan dan saran positif, serta konstruktif dari peserta Forum Konsultasi Publik sebagai bahan bagi Penyempurnaan Rancangan awal RKPD tahun 2023,” ujarnya.

Kemudian, pada akhirnya hasil konsultasi publik RKPD 2023 mampu mensinergikan berbagai program, kegiatan dan sub kegiatan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat, serta pendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. (Az)

Berita Terkait

Berkah Melimpah, Zairullah Azhar: Pesta Mappanre ri Tasi’e Sebagai Rasa Syukur
Guru Udin: Siapa Mau Dicintai Allah, Ikuti Wujud Nabi Muhammad
Tanah Bumbu Raih Juara Mitra Orang Tua Asuh Terbanyak Bagi Anak Stunting
Tabliq Akbar, Guru Udin Sampaikan Kemuliaan Nabi Muhammad
Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April
Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus
Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan
Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 21:07 WIB

Berkah Melimpah, Zairullah Azhar: Pesta Mappanre ri Tasi’e Sebagai Rasa Syukur

Jumat, 19 April 2024 - 16:46 WIB

Guru Udin: Siapa Mau Dicintai Allah, Ikuti Wujud Nabi Muhammad

Jumat, 19 April 2024 - 14:06 WIB

Tabliq Akbar, Guru Udin Sampaikan Kemuliaan Nabi Muhammad

Kamis, 18 April 2024 - 15:14 WIB

Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April

Rabu, 17 April 2024 - 12:26 WIB

Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus

Senin, 15 April 2024 - 11:46 WIB

Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan

Senin, 15 April 2024 - 11:34 WIB

Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

Senin, 15 April 2024 - 11:18 WIB

Tanah Bumbu Siapkan Pesta Mappanre Ritasie

Berita Terbaru

Kalsel

Paman Birin: Kalsel Pilihan Tepat Suplai Pangan ke IKN

Jumat, 19 Apr 2024 - 17:54 WIB

Kalsel

Paman Birin: Kawal Anggaran Dana Desa Rp 71 Triliun

Jumat, 19 Apr 2024 - 17:20 WIB

Oplus_0

Tanah Bumbu

Guru Udin: Siapa Mau Dicintai Allah, Ikuti Wujud Nabi Muhammad

Jumat, 19 Apr 2024 - 16:46 WIB