Penyakit Mulut dan Kaki Hewan Ternak Kalsel Nol Kasus

- Editor

Senin, 31 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU – Kasus penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak seperti sapi di Kalimantan Selatan (Kalsel), menunjukkan arah penurunan dan telah berhasil mencapai Zero Reported atau nol kasus PMK, Sabtu (29/10/2022).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin, meminta agar Satuan Tugas (Satgas) penanganan PMK Kalsel terus bergerak meningkatkan penangangan PMK dengan meningkatkan koordinasi dan sinergi yang kokoh dengan kabupaten atau kota guna mewujudkan Kalsel menuju zona putih PMK.

Untuk itu, Paman Birin meminta satgas melakukan enam langkah strategis. Yakni, pertama penguatan surveilans untuk pastikan tidak ada penambahan kasus baru di lapangan. Surveilans selain untuk deteksi dini penyakit  juga dilakukan Pre dan Post vaksinasi PMK.

Kedua, percepatan Realisasi  vaksinasi PMK. Sampai dengan 28 Oktober 2022, Realisasi Vaksinasi PMK di Kalsel telah mencapai 57.144 dosis  yang terdiri dari realisasi tahap satu mencapai 4.717 dosis ( 112, 31%) dari target 4.200 dosis. Tahap dua mencapai 43.476 dosis (98,81%) dari target 44.000 dosis dan tahap tiga sebesar 8.951 dosis (17.90%) dari target 50.000 dosis.

Baca Juga :  Paman Birin Serahkan Bantuan Keuangan Parpol

Sehingga diperlukan langkah percepatan dengan membentuk Tim Vaksinator per Kecamatan dengan menambah unsur kepolisian, TNI, Akademisi, Asosiasi Profesi (PDHI dan ISPI) Penyuluh Lapangan.

Ketiga, Percepatan pelaksanaan Pendataan dan Penandaan Hewan Rentan PMK (HRP) dengan  pemasangan Eartag  barcode dan mengaplikasikannya melalui aplikasi IDENTIK PKH.

Keempat, melakukan pengendalian lalu lintas hewan rentan penyakit PMK dan Produk Hewan Rentan PMK dengan berpedoman pada Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan Nomer 524/01664/PK2P/EKO tanggal 30 September 2022 Tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan Rentan Penyakit Mulut Kuku  dan Produk Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku   Berbasis Kewilayahan.

Baca Juga :  Gubernur Kalsel Dorong Pemkab Lebih Siap Sebagai Gerbang IKN

Kelima, Meningkatkan desinfeksi pada  kandang HRP, Kandang Penampungan, Rumah Potong Hewan, Pasar Hewan Dan Sarana Transportasi Pengangkut HRP serta peralatan kandang.

Keenam, Meningkatkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ke masyarakat dengan mengoptimalkan Fasilitator yang telah mendapatkan Bimbingan Teknis Fasilitator Penanganan PMK maupun petugas teknis lainnya di Satgas Penanganan PMK.

“Diharapkan melalui langkah-langkah tersebut serta monitoring dan evaluasi yang rutin dilaksanakan, PMK di  Kalsel dapat dikendalikan guna mendorong pertumbuhan ekonomi, mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan peternak di Kalsel,” pungkasnya. (Fitri)

Berita Terkait

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan
Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan
Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge
Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas
Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD
Paman Birin Terima WTP ke-8 dari BPK RI
Paman Birin Apresiasi Satpol PP dan Damkar Siapkan SDM Hadapi Bencana
Paman Birin Terima Penghargaan AMB 2024
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:51 WIB

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:47 WIB

Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:57 WIB

Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:22 WIB

Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:04 WIB

Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB