Pemprov Kalsel 5 Kali Berturut-turut Raih Nilai SAKIP A

- Editor

Jumat, 4 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, Goodnews.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) A Tahun 2024 untuk ke-5 kali berturut-turut.

Pemprov Kalsel merupakan 5 terbaik untuk Provinsi se-Indonesia dengan Predikat SAKIP A atau Memuaskan.

Pemprov Kalsel juga menjadi satu-satunya Provinsi di Pulau Kalimantan atau di luar Pulau Jawa yang mendapatkan SAKIP A, dengan urutan Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Penghargaan SAKIP Predikat A yang diterima Pemprov Kalsel ini atas keberhasilan Tata Kelola Pemerintahan yang diterima Gubernur Kalsel, Paman Birin, melalui Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kalsel, Galuh Tantri Narindra, dari Menteri PAN RB, Azwar Anas pada Acara SAKIP Award 2024 dengan tema Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas Untuk Indonesia Maju di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (2/9/2024).

Meraih penghargaan SAKIP predikat A yang ke-5 kalinya berturut-turut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia ini menjadi komitmen dan bukti Tata Kelola Pemerintahan yang sangat memuaskan di masa kepemimpinan Paman Birin.

Baca Juga :  Kepala Disparpora Buka Turnamen Futsal Kajari Cup II 2024

“Alhamdulilah, Pemerintah Provinsi Kalsel untuk ke-5 tahun berturut-turut meraih Predikat A SAKIP dari Kementerian PAN RB,” ucap Paman Birin.

Dengan mempertahankan Predikat A sejak 2020 hingga 2024, Gubernur Paman Birin mengajak semua birokrasi di Pemprov Kalsel untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat banua pada semua sektor.

“Penghargaan Predikat A ini menjadi semangat dan motivasi terus Pemprov Kalsel untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada semua bidang. Dan tentunya masyarakat Banua semua harus terlayani dan merasakan pembangunan,” ungkap Paman Birin.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada ASN, karyawan serta karyawati pada SKPD dan unit kerja di lingkup Pemprov Kalsel yang terus berkerja dengan sangat baik, melayani masyarakat dan penuh semangat melakukan inovasi untuk kesejahteraan rakyat Banua.

Menteri PAN RB, Azwar Anas, berharap, SAKIP Award 2024 ini dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam pelaksanaan akuntabilitas kinerja yang progresif dan inovatif.

Baca Juga :  Paman Birin Minta Para Pejabat Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan

“Dengan memaksimalkan peran pemerintah daerah melalui upaya refocusing program dan kegiatan berdasarkan analisis efektivitas biaya (cost-effectiveness analysis) sehingga program dan kegiatan menjadi tepat sasaran dan mampu menjawab isu-isu strategis daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi Birokasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN RB, Erwan Agus Purwanto, menjelaskan, SAKIP Award merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada instansi dengan hasil evaluasi penilaian SAKIP terbaik di tahun 2024.

Kegiatan juga menjadi wadah sharing knowledge dan pembelajaran interaktif antar instansi pemerintah melalui pelaksanaan peer teaching oleh pemerintah daerah best practice SAKIP.

Pihaknya berharap, SAKIP Award 2024 dapat memberikan ruang kepada instansi pemerintah dalam bertukar informasi megenai pengalaman, strategi, informasi, maupun solusi dan inovasi dalam pelaksanaan implementasi SAKIP yang lebih berdampak. (E)

Berita Terkait

Paman Birin Beri Hadiah Umrah Prajurit TNI dan Veteran
Paman Birin Dorong Tingkatkan Inovasi Kualitas Hidup
Meski Relatif Stabil, Paman Birin Tetap Imbau Waspada Lonjakan Harga Pangan
Pelantikan, Gubernur Kalsel Ucapkan Selamat Kepada 11 Anggota DPR RI dan 4 DPD Asal Kalsel
Gubernur Kalsel Minta ASN Amalkan Nilai Pancasila
Gubernur Tutup Kalsel Expo 2024 di Lapangan Murjani
Kalsel Komitmen Jaga Stabilitas Harga Pangan
Paman Birin Buka Gema Maulid 40 Malam
Berita ini 28 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 7 Oktober 2024 - 09:26 WIB

Paman Birin Beri Hadiah Umrah Prajurit TNI dan Veteran

Jumat, 4 Oktober 2024 - 16:06 WIB

Paman Birin Dorong Tingkatkan Inovasi Kualitas Hidup

Jumat, 4 Oktober 2024 - 09:38 WIB

Pemprov Kalsel 5 Kali Berturut-turut Raih Nilai SAKIP A

Jumat, 4 Oktober 2024 - 09:29 WIB

Meski Relatif Stabil, Paman Birin Tetap Imbau Waspada Lonjakan Harga Pangan

Rabu, 2 Oktober 2024 - 16:47 WIB

Pelantikan, Gubernur Kalsel Ucapkan Selamat Kepada 11 Anggota DPR RI dan 4 DPD Asal Kalsel

Berita Terbaru

Kalsel

Paman Birin Beri Hadiah Umrah Prajurit TNI dan Veteran

Senin, 7 Okt 2024 - 09:26 WIB

Kalsel

Paman Birin Dorong Tingkatkan Inovasi Kualitas Hidup

Jumat, 4 Okt 2024 - 16:06 WIB

Kotabaru

Tim Gabungan Temukan Zat Makan Berbahaya di Kotabaru

Jumat, 4 Okt 2024 - 16:03 WIB