Pelatihan Pupuk Organik, Pemkab Tanbu Dorong Wirausaha Pertanian

Avatar photo

- Editor

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Tanah Bumbu, Andi Anwar Saddat, membuka pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC), Senin (15/8/2022) siang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dan dilaksanakan di kantor Bappedalitbang Tanbu.

Saddat memastikan Pemkab Tanbu mendukung program YESS yang dibangun Kementerian Pertanian bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang berjalan sejak 2019.

“Melalui program YESS ini tentu kita semua mengharapkan akan terwujud regenerasi Petani, Peningkatan kompetensi sumberdaya manusia, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian yang tentunya hal ini akan menjadikan dunia pertanian akan menjadi lapangan kerja menarik, prospektif dan menguntungkan, dan dapat berdampak pada penurunan angka pengangguran,” ujar Andi dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pemuda Tanbu Ikuti Pelatihan Penggerak Pembangunan 

Dia menyebut Program YESS ini juga sejalan yaitu mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui peningkatan nilai tambah sektor pertanian.

Andi mengakui perekonomian Tanbu masih bergantung dengan sektor pertambangan dan penggalian, sedangkan sektor pertanian masih berada diurutan nomor dua dalam struktur perekonomian Tanbu.

Ia sadar daerah tidak selamanya bergantung dengan sektor ekstraktif, oleh karenanya berkomitmen untuk membangun sektor pertanian yang berkelanjutan di Bumi Bersujud.

Baca Juga :  Dispersip Tanbu Terima Mobil Perpustakaan Keliling

“Namun perlu kita perhatikan dan waspada karena terlepas dari kontribusinya yang tinggi, peran batubara selama kurun waktu 2017-2021 cenderung menurun,” ucap Andi

Dia menyebut pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) menjadi peluang bagi Tanbu untuk memasok pangan bagi warga yang akan mendiami IKN.

“Sumber pangan pokok di Provinsi Kalimantan Timur itu sendiri belum dapat dapat memenuhi dari total kebutuhan yang dikarenakan terbatasnya komoditi pertanian yang menghasilkan sumber pangan pokok di Provinsi tersebut,” jelas Andi.

Kesempatan ini, kata dia harus dioptimalkan generasi muda Tanbu salah satunya melalui program YESS.

“Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu Kabupaten Penyangga IKN harus bisa memaksimalkan, salah satunya melalui berbagai macam penyediaan sumber pangan melalui industri pertanian berteknologi tinggi, melalui e-commerce sektor pertanian, hilirisasi produksi pertanian, diversifikasi pertanian dan sebagainya,” ungkap Andi.

Baca Juga :  Dkumdagri Sosialisasi Temu Mitra Produk UMKM

Pemda Tanbu, sambungnya mendukung generasi muda melalui serangkaian kebijakan, seperti pendampingan sertifikasi produk, fasilitasi pelatihan berbasis inklusi sosial, fasilitasi pengemasan dan display produk, perizinan dan berbagai fasilitasi dan pendampingan lainnya.

Pendampingan Pemerintah Daerah tentu tidak akan berhasil jika para generasi muda yang mengikuti Program Yess ini tidak memiliki kemauan yang keras, disiplin, komitmen dan tanggung jawab,” imbuh Andi. (az)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB