Paman Birin Terima Wahana Tata Nugraha Wiratama 2024

- Editor

Senin, 9 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU, Goodnews.co.id – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin, menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2024 dari Presiden Republik Indonesia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama 2024 dari Presiden Republik Indonesia diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kepada Gubernur Kalsel melalui Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), M Fitri Hernadi, pada Gelaran Hub Space 2024 dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas).

Keberhasilan Paman Birin meraih WTN Wiratama 2024 ini menjadi bukti bahwa pengelolaan transportasi umum di Provinsi Kalsel telah tertata dengan baik.

Selain itu, juga menjadi bukti bahwa pengelolaan jaringan jalan, rekayasa lalu lintas, serta penyediaan sarana dan prasarana keselamatan di Kalsel juga telah tertata baik.

Bahkan untuk saat ini, sebagian sudah terkoordinasi dengan Kabupaten/Kota dan kedepannya akan mengoptimalkan dari sisi perencanaan. Selain itu, pelaksanaan kegiatan lalu lintas dan semua aspek transportasi telah memenuhi standar ekspektasi masyarakat.

Paman Birin mengatakan, penghargaan ini merupakan buah dari kolaborasi dan sinergitas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dengan sejumlah pihak dalam menghadirkan layanan transportasi yang layak dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Baca Juga :  Paman Birin: Kalsel Pilihan Tepat Suplai Pangan ke IKN

“Kita di Provinsi Kalimantan Selatan berupaya untuk menghadirkan layanan transportasi yang ramah, aman, dan terintegrasi untuk seluruh masyarakat, jaringan jalan yang dilengkapi prasarana dan sarana keselamatan yang lebih baik. Alhamdulillah, upaya itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat,” kata Gubernur Kalsel melalui Kadishub Kalsel.

Fitri Hernadi menjelaskan, selain Paman Birin, Piala WTN juga diterima Pemerintah Kota Banjarbaru dan Banjarmasin. Kemudian Pemerintah Kabupaten Tabalong, Tanah Laut, Banjar, dan Balangan.

“Kolaborasi semua pihak dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, termasuk dari Polda (Ditlantas) dan Polres (Satlantas), serta PUPR Kabupaten/Kota dan PUPR Provinsi terus kita tingkatkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada warga Banua,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebutkan, Pemerintah Provinsi yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama yakni Pemprov Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jambi, Aceh, Bangka Belitung, dan Lampung.

Sementara itu, Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada 61 Pemerintah Kabupaten/Kota dan Sertifikat Wahana Tata Nugraha diberikan kepada 100 Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Pemerintah Daerah yang mampu menghadirkan inovasi, perencanaan matang, serta implementasi efektif dalam tata kelola transportasi. Penghargaan ini bukan sekedar simbol, melainkan manifestasi dari komitmen kita bersama untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” kata Menhub.

Baca Juga :  Kecamatan Sungai Loban Lepas Kafilah Ikuti MTQ Tingkat Kabupaten

Menhub mengapresiasi dan berterima kasih kepada para Kepala Daerah serta jajaran, yang telah berupaya mengelola sistem transportasi dengan baik dan selalu mendukung program-program transportasi yang berkelanjutan.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih merupakan buah dari upaya jangka panjang, serta hasil dari sinergi antarsektor dan partisipasi aktif dari masyarakat di masing-masing wilayah.

Kemudian, sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas transportasi di tanah air, Menhub juga menekankan pentingnya alokasi sumber daya yang memadai.

Dalam hal ini, Menhub menyampaikan bahwa penting bagi Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan paling sedikit 10 persen hasil dari penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Pajak atas Penggunaan Kendaraan Bermotor, untuk pembangunan atau pemeliharaan jalan, serta peningkatan modal dan sarana transportasi umum.

“Kebijakan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kita dalam meningkatkan infrastruktur transportasi yang tidak hanya mendukung mobilitas, tetapi juga menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan,” terang Menhub. (E)

Berita Terkait

Paman Birin Buka Gema Maulid 40 Malam
Paman Birin: Saudara Harus Bisa Menempatkan Diri Saat Bertugas
Raperda APBD 2025, Paman Birin Sampaikan 5 Proritas Pembangunan
Paman Birin Bantu Masyarakat Kurang Mampu melalui Rumah RTLH
Gubernur Kalsel Lepas Kafilah MTQN ke Samarinda
Sahbirin Noor Dukung Upaya Pelestarian Alam Kebun Raya Banua
Sekdaprov Lantik Perwakilan BKKBN Kalsel
Paman Birin Ingatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 16 September 2024 - 13:20 WIB

Paman Birin Buka Gema Maulid 40 Malam

Jumat, 13 September 2024 - 09:31 WIB

Paman Birin: Saudara Harus Bisa Menempatkan Diri Saat Bertugas

Kamis, 12 September 2024 - 15:28 WIB

Raperda APBD 2025, Paman Birin Sampaikan 5 Proritas Pembangunan

Kamis, 12 September 2024 - 13:33 WIB

Paman Birin Bantu Masyarakat Kurang Mampu melalui Rumah RTLH

Senin, 9 September 2024 - 12:28 WIB

Paman Birin Terima Wahana Tata Nugraha Wiratama 2024

Berita Terbaru

Politik

Rusli-Syairi Promosikan Gaya Hidup Sehat

Kamis, 19 Sep 2024 - 15:04 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanbu Tandatangani Deklarasi Pilkada Damai 2024

Kamis, 19 Sep 2024 - 12:30 WIB

DPRD Tanah Bumbu

DKPP Tanbu Terima Tambahan Anggaran Perubahan Rp 112 Miliar

Kamis, 19 Sep 2024 - 12:24 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Ketua Bapemperda Minta Fraksi-fraksi juga Usulkan Raperda

Kamis, 19 Sep 2024 - 12:09 WIB