Paman Birin Akan Pimpin Kirab Merah Putih Lintasi Jalur Banjarbaru-Batulicin

- Editor

Selasa, 6 Agustus 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU, Goodnews.co.id – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin, akan memimpin Kirab Merah Putih ke-5 bersama ribuan Raider dalam rangkaian Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024 sekaligus Peresmian Jalan Bebas Hambatan Batulicin-Banjarbaru, Sabtu (24/8/2024).

Seperti tahun sebelumnya, Kirab Merah Putih ke-5 Tahun 2024 akan menggunakan pakaian pejuang/trad, tatical dan outfit merah putih.

Rute Kirab Merah Putih ke-5 dimulai dari Makodim 1022 Tanah Bumbu, kemudian menuju Desa Mantewe, Desa Kahelaan, Sungai Pinang, Tiwingan Lama, Aranio, hingga Alam Roh 24 Kiram. Rute yang akan ditempuh sekitar 192 Km.

Rencana kegiatan Kirab Merah Putih ke-5 disampaikan pada rapat koordinasi yang dipimpin Paman Birin melalui Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, di ruang rapat Abrani Sulaiman, Kantor Setda Provinsi Kalsel, Kota Banjarbaru, Senin (5/7/2024).

“Alhamdulillah, pada rapat hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka Kirab Merah Putih ke-5 sekaligus peresmian Jalan Bebas Hambatan Banjarbaru-Batulicin dan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalsel. Tujuan rapat pada siang ini mengetahui rangkaian konsep dari pihak EO,” kata Roy Rizali Anwar.

Baca Juga :  Pemprov Kalsel Gelar Operasi Pasar di Banjarmasin dan Kotabaru Karna Alami Inflasi tertinggi

Ia menekankan agar seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kalsel dapat berkoordinasi dan melakukan rapat bersama dengan instansi terkait, demi mempermudah kelancaran kegiatan Kirab Merah Putih tersebut.

“Perhatikan dan persiapkan, bagaimana peserta Kirab agar mendapatkan konsumsi makanan dan penginapan, sehingga antar stakeholder harus bersinergi dan berkolaborasi dalam acara itu di lapangan,” tegasnya.

Kasiter Kasrem 101/Antasari, Letkol Inf Oo Sahrojat, menjelaskan, konsep pelaksanaan beserta diagram waktu. Ia menyebut dulu sebanyak 7.000 orang, maka tahun ini harus lebih meriah, maka kuota ditambah menjadi 10.000 orang.

“Perjalanan akan menempuh jarak 192 Kilometer, sehingga diperkirakan memakan waktu 4 jam dari titik kegiatan. Mulai dari start di Makodim 1022/Tnb menuju Alam Roh 24 di Kiram,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Staf Korem 101/Antasari, Kolonel Inf Hari Santoso, menyampaikan, pihaknya akan melakukan peninjauan dilapangan, sebagaimana konsep yang telah dirumuskan dalam rapat.

“Alhamdulillah, tadi kita sudah membahas kegiatan Kirab Merah Putih ke-5. Jadi harapannya, tentu rangkaian acara ini harus lebih bagus dari sebelumnya. Rangkaian konsepnya sudah cukup matang,” ucapnya selepas rapat.

Baca Juga :  Kotabaru Terima Penghargaan dari iNews Media Group

Kolonel Inf Hari Santoso menjelaskan, jajarannya akan turun ke lapangan pada lusa atau dua hari kedepan.

Ia berharap, momentum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 akan dikenang luar biasa bagi masyarakat, serta diakhir kepemimpinan Gubernur Kalsel, Paman Birin.

Diketahui, Dinas Sosial Kalsel berkolaborasi dengan BPBD Kalsel, akan mendirikan Dapur Senyum sebanyak 3 Rest Area disejumlah titik acara. Dan ada 1.000 unit doorprize seperti sepeda motor, AC, mesin cuci, kulkas dan berbagai hadiah lainnya.

Diperkirakan, sebanyak 10.000 peserta akan meramaikan kegiatan Kirab Merah Putih, terdiri dari ASN SKPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, anggota TNI/Polri, BUMN komunitas motor dan masyarakat umum.

Rapat turut dihadiri Korem 101/Antasari, Kodim 1022/Tanah Bumbu, Dirlantas Polda Kalsel, Pimpinan SKPD Pemprov Kalsel, Tenaga Ahli Gubernur dan jajaran Forkopimda Kalsel, Ketua Komunitas Sepeda Motor dan Undas Production (EO) serta jajaran SKPD Provinsi Kalsel. (E)

Berita Terkait

Norwegia-Indonesia Kerja Sama Taman Pohon di Desa Sungai Arfat
Menteri LHK Resmikan Pusat Persemaian Liang Anggang
Malam ke-36 Gema Maulid, Kadishub Wakili Paman Birin: Semoga Kita Mendapat Rahmat
Maulid 40 Malam, Guru Supian: Penderitaan untuk Menguji Kesabaran
Paman Birin: Mari Bangun komunikasi dan Kritik Konstruktif
Gema Maulid Wujud Visi Paman Birin Tingkat SDM Berbudi Luhur
Paman Birin Beri Hadiah Umrah Prajurit TNI dan Veteran
Paman Birin Dorong Tingkatkan Inovasi Kualitas Hidup
Berita ini 52 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:36 WIB

Norwegia-Indonesia Kerja Sama Taman Pohon di Desa Sungai Arfat

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:34 WIB

Menteri LHK Resmikan Pusat Persemaian Liang Anggang

Jumat, 11 Oktober 2024 - 10:11 WIB

Malam ke-36 Gema Maulid, Kadishub Wakili Paman Birin: Semoga Kita Mendapat Rahmat

Kamis, 10 Oktober 2024 - 11:18 WIB

Maulid 40 Malam, Guru Supian: Penderitaan untuk Menguji Kesabaran

Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:02 WIB

Paman Birin: Mari Bangun komunikasi dan Kritik Konstruktif

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Sempat Viral Muncul Buaya, Zairullah Jelaskan Pantai Pagatan Aman

Minggu, 20 Okt 2024 - 04:20 WIB

Tanah Bumbu

Wahyu Windarti Bahagia Siswa PAUD dan TK Ikut Jelajah Literasi

Jumat, 18 Okt 2024 - 20:23 WIB

Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Berikan Penghargaan kepada 10 Komunitas Literasi

Kamis, 17 Okt 2024 - 20:07 WIB