Home / Tanah Bumbu

Senin, 3 Januari 2022 - 18:05 WIB

Niatkan Bekerja Murni Karna Allah Semata

TANAH BUMBU – “Ini awal tahun masuk bekerja 2022 maka pasang niat baik-baik, niat hanya untuk Allah. Kita bekerja untuk meraih keridhaan Allah, untuk meraih rahmat Allah. Kita diberikan kesempatan sampai hari ini untuk membagikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.” Kata Guru Hidayatullah dalam tausiah sholat dhuha. Senin, (3/1/2022).

Memasuki tahun 2022, untuk pertama kalinya, Guru Hidayatullah memberikan tausih setelah melaksanakan sholat dhuha di Kantor Bupati Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja Keluarahan Gunung Tinggi.

Ia menjelaskan perlunya memperbaiki niat dalam memulai pekerjaan diawal tahun 2022, karna sesungguhnya Allah menilai suatu pekerjaan dilihat dari niatnya.

Sejarah perpindahan Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah, yang disebut sebagai peristiwa hijrah kaum muslimin. Nabi Muhammad tidak langsung masuk ke kota Madinah tetapi singgah di Kota Kuba selama 23 hari. Di sana nabi mengumpulkan sahabat-sahabatnya dari Mekkah kemudian bersama-sama memasuki kota Madinah.

Baca Juga :  Porprov Kalsel 2022: Tanah Bumbu Urutan Ketujuh

Ketika berada di kota Kubah salah satu sabda nabi yang cukup terkenal adalah mengenai kemurnian niat sebelum melakukan sesuatu. Nabi mengumpulkan semua sahabatnya dan bersabda dihadapan kaum muhajirin (sebutan bagi sahabat nabi yang hijrah dari Mekkah ke Madinah).

“Hanya saja seluruh perbuatan-perbuatan itu diawali dengan niat, dan hanya saja manusia itu tergantung pada niat masing-masing. Barang siapa diantara kalian yang hijrahnya untuk Allah dan Rasulullah, maka sungguh hijrahnya karna Allah dan Rasulnya. Tetapi barang siapa diantara kalian yang hijrahnya hanya untuk mendapatkan dunia, atau kerena ingin mendapatkan perempuan yang ingin kalian nikahi, maka nilai hijrahnya tergantung apa tujuannya.” jelas Guru Hidayatullah.

Baca Juga :  Zairullah Azhar: Kita Do'akan Kesembuhan Ketua DPRD Tanbu

Ia menceritakan latar belakang mengapa Nabi Muhammad mengeluarkan sabda tentang kemurnian niat, ia mengatakan bahwa ada beberapa sahabat yang ikut hijrah ke Madinah bukan murni karna Allah semata-mata tetapi ada diantara mereka hijrah karna faktor ekonomi atau faktor perempuan yang ingin dinikahi sehingga nabi bersabda untuk memperbaiki niat para sahabatnya dalam melaksanakan hijrah dari Mekkah ke Madinah agar benar-benar hanya semata-mata karna Allah.

“Jadi tujuan hijrahnya bukan murni karna Allah dan Rasul-Nya tetapi tujuannya untuk melamar perempuan yang bernama ummu Qais.” Jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Tanbu Lapor ke Menteri PMK Angka Kemiskinan 5.854 Bukan 16.274 Jiwa

Sehingga Guru Hidayatullah menganggap penting sekali untuk menyampaikan nasehat ini pada hari pertama bekerja bagi pegawai pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022, mengingatkan agar memulai bekerja dengan niat murni mengharap keridhaan Allah SWT bukan karna mengharap imbalan duniawi.

Sebelumnya, pergantian tahun baru 2021 ke 2022 di kabupaten yang dijuluki Serambi Madinah ini dilewati dengan acara islami, Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Zairullah Azhar merayakan dengan cara pengajian malam Jum’at bertema ‘Do’a Bersama,’ menghadirkan penceramah Habib Idrus dari Surabaya kemudian menyaksikan pagelaran pentas seni oleh anak-anak yatim di Pesantren Darul Azhar. (MAS)

Share :

Baca Juga

Pelantikan pejabat dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli

Tanah Bumbu

Pelantikan Pejabat, Bupati Sampaikan Harapan Masyarakat Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Lomba Masak Olahan Ikan Penggugah Selera

Tanah Bumbu

Akankah Terulang TBC Jadi Pembunuh Nomor Satu di Kalsel?

Tanah Bumbu

Disbudporpar dan Warga Betung Capai kesepakatan Lahan Wisata

Tanah Bumbu

Dispersip Tanbu Gelar Story Telling di TK Aisyah Bustanul Athfal

Tanah Bumbu

10 Juta, Bupati ZA Bagikan Bendera Merah Putih

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Sampaikan RAPBD Perubahan 2022

Lensa Kamera

Jokowi Ingatkan Jangan Sowan ke Ormas Pelanggar Hukum