TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Rudi Latif, menghadiri Pengukuhan Tim Percepatan Keuangan dan Akses Daerah (TPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu yang dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H Muhidin, di Eks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Jumat (7/3/2025) .
Pada kesempatan yang sama, turut dikukuhkan TPKAD dari tujuh daerah lainnya, yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), dan Barito Kuala (Batola).
Dengan pengukuhan ini, total TPKAD yang telah terbentuk di Provinsi Kalimantan Selatan menjadi 14 tim.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam sambutannya, Gubernur H Muhidin menyampaikan, kehadiran TPKAD di setiap daerah diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal.
“Kami berharap, dengan adanya TPKAD, dapat meningkatkan akses keuangan serta mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, sehingga masyarakat lebih sejahtera,” ungkap Gubernur H Muhidin.
Selain itu, Gubernur H Muhidin juga mengatakan, pengukuhan ini merupakan langkah konkret untuk mendukung program literasi dan inklusi keuangan yang digalakkan secara nasional.
“Dengan terbentuknya TPAKD di seluruh Kabupaten atau Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, diharapkan berbagai program pemberdayaan ekonomi, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program keuangan mikro dapat lebih mudah diakses oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM),” kata Gubernur H Muhidin.
Acara juga diisi dengan penandatanganan kerja sama antara Bank Kalsel dan Agen Digital Inklusi Keuangan (ADINK) yang bertujuan untuk memperluas akses keuangan digital di daerah.
Bank Kalsel juga menyerahkan program Ekosistem Ponpes Inklusif Keuangan Syariah (EPIKS), berupa bantuan perbaikan sarana dan prasarana untuk Pondok Pesantren Manbaul Ulum Putera Banjarmasin.
Pengukuhan TPKAD ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalsel, Komisioner OJK, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Kepala OJK Kalsel, Kepala OJK Kaltim dan Kaltara, serta para Kepala Daerah, dan undangan lainnya. (E)