Bimtek Srikandi Selesai, Lanjut Rakor Pimpinan SKPD

- Editor

Jumat, 25 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah melakukan bimtek Srikandi bagi pengelola, kini menanti rakor bagi Pimpinan SKPD. Jum’at, (25/2/2022).

Srikandi merupakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi dalam sistem pemerintah berbasis elektronik, sistem ini adalah kelanjutan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu telah melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola Srikandi pada tanggal 23-24 Februari 2022 di gedung Mahligai Bersujud Kapet, kemudian bimtek akan berlanjut bagi Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengenai aplikasi Srikandi.

Pengelola Srikandi yang dimaksud adalah pengelola arsip, arsiparis, dan admin atau yang membidangi IT, ditambah Kasubag Umum dan Kepegawain (Umpeg) sebagai koordinator pada setiap dinas.

“Pelatihan Srikandi sudah selesai. Jadi pelatihan teknis bagi seluruh pengelola arsip, ada tiga orang pengelola arsip yang kami undang, yaitu pengelola arsip, arsiparis, dan admin, ditambah kasubag Umpeg ” Jelas Muhammad Yusri Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga :  Bupati Tanbu Sampaikan Jawaban Terhadap Penolakan Raperda di DPRD

Pelatihan bimtek juga dilakukan secara simulasi terhadap pelaksanaan Srikandi. Data yang sudah masuk ke dalam sistem aplikasi Srikandi tidak dapat lagi dirubah karena data yang telah diupload, langsung terkoneksi dengan jaringan nasional.

“Sistem itu tidak bisa dirubah-rubah, kalau kita sudah mengupload ke dalam sistem Srikandi maka tidak bisa lagi dirubah. Karena dia terintegrasi dengan arsip nasional datanya. Jadi tidak bisa dirubah.” Terangnya.

Data yang dimasukkan dalam aplikasi Srikandi adalah semua terkait dengan naskah dinas, termasuk surat-surat, nota dinas, dan sebagainya.

“Sebanyak 42 dinas telah mendapatkan bimtek, alhamdulillah di atas 90 persen semua SKPD sudah memahami Srikandi, yang ditugaskan pada tataran teknis.” Syukurnya.

Selanjutnya kata Yusri, dia akan meminta petunjuk kepada Bapak Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, dan Sekretaris Daerah, Ambo Sakka, terkait rencana Rapat Koordinasi Srikandi bagi Pimpinan SKPD. Pemateri Srikandi akan disampaikan oleh Deputi atau Direktur Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Baca Juga :  Tekan Inflasi Daerah dengan Cara Pelatihan UMKM

Namun Yusri menjelaskan bahwa ini akan meminta penunjuk dan arahan lebih dulu dari Bupati dan Sekda karena dalam rakor nanti semua Pimpinan SKPD akan dibuatkan komitmen untuk dapat melaksanakan sistem Srikandi dan akan disaksikan oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar.

“Jadi kita akan membuat komitmen tentang pelaksanaan Srikandi sebab tim teknis pengelola arsip telah kita latih, nah ini giliran untuk Pimpinan SKPD.” Harapnya.

Yusri menceritakan kronologisnya bahwa yang awal dilakukan itu seharusnya adalah pelaksanaan rakor bagi Pimpinan SKPD, baru kemudian pelatihan bagi pegawai yang mengelola aplikasi Srikandi. Tapi karna ini terkait jadwal nara sumber maka pada saat ini baru dijadwalkan ulang untuk pimpinan SKPD. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB