Bersinergi Bangun Desa Kreatif Tanah Bumbu

Avatar photo

- Editor

Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Bumbu bersama Perusahaan Batubara PT Borneo Indobara (BIB) terus bersinergi untuk menciptakan dan mengembangkan program desa kreatif di Tanah Bumbu.

Desa Mustika, Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu desa kreatif yang terpilih menjadi binaan PT Borneo Indobara (BIB).

Desa ini menerima kunjungan deputi kementerian Marves, Deputi Kemenparekraf, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI dan Bappenas di Desa Mustika, Rabu (13/07/22).

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut yakni dalam rangka melakukan pemantauan dan evaluasi oleh Bappenas, Dirjen Kementerian Marves, Dirjen Kemenparekraf dan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI.

Kunjungan rombongan dari Dirjen kementerian disambut oleh Kepala Bappeda Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat didampingi oleh Senior manager Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT BIB Dindin Makinudin, Camat Kuranji Taryono dan Kades Mustika.

Baca Juga :  Penutupan Rapimnas l LKSA: Bangun Istana Anak Yatim Seluruh Indonesia

Desa mustika merupakan desa kreatif yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka kegiatan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2022 pada tanggal 12 hingga 13 Juli kemarin di Banjarmasin yang diselenggarakan oleh Direktorat Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Deputi bidang digital dan produk kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Kepala Bappeda Tanbu, Andi Anwar Sadat mengatakan Bappeda akan membantu mengawal program usulan yang menjadi prioritas dari pemerintah desa tersebut.

“Kami dari Pemerintah Daerah melalui Bappeda membantu mengawal program usulan yang menjadi prioritas dari pemerintah desa melalui Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, hingga ke tingkat Musrenbang Kabupaten, agar semua program prioritas tersebut dapat terealisasi,” kata Anwar Sadat kepada wartawan, Jum’at (15/7/2022).

Selain itu, Pemerintah Daerah mengapresiasi tinggi kepada manajemen PT BIB yang telah melakukan pembinaan kepada Desa Mustika sehingga mampu mewakili Tanah Bumbu turut serta dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Tahun 2022 di Banjarmasin.

Baca Juga :  Ambo Sakka: Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Menjadi Kebutuhan

Senior manager Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT BIB, Dindin Makinuddin mengatakan Desa Mustika merupakan salah satu desa binaan PT Borneo Indo Bara (BIB) sejak tahun 2019 hingga saat ini.

Salah satu produk unggulan di Desa Mustika yakni Mie Hijau Daun Kelor, satu-satunya produk home industri mie daun kelor yang ada di Indonesia.

Selain itu, masih banyak lagi produk-produk unggulan lainnya dari Desa Mustika diantaranya Keripik Usus, Keripik Talas, Kobika Kelor, Kobika Jahe Instan, Kobika Bawang, dan pengolahan Pupuk Kompos dari sisa janjang buah perkebunan kelapa sawit.

”Saat ini PT BIB selain melakukan pembinaan terkait produk ekonomi kreatif yang ada di desa mustika, juga membantu terkait pengemasan produk dan pemasaran produk agar lebih mudah,” Terang Dindin.

Baca Juga :  Diskominfo SP Paling Strategis Sampaikan Informasi Pembangunan Daerah

Harapan dari evaluasi tersebut, akan keluar beberapa program penyertaan yang di keluarkan oleh kementerian untuk Desa Mustika, apakah dalam bentuk infrastruktur atau apapun yang menjadi daya dukung desa kreatif tersebut agar terus berkelanjutan.

“Seperti yang disampaikan oleh pihak kementerian kemarin, bahwa di Indonesia sendiri tidak menutup kemungkinan ada tiga zona yang akan menjadi desa percontohan program pengembangan desa kreatif. Diantaranya Pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan,” ujarnya

Untuk diketahui, adapun desa yang menjadi percontohan program pengembangan desa kreatif di wilayah Kalimantan kini di wakili oleh dua desa yakni Desa Mustika di Kecamatan Kuranji dan Desa Sumber Baru di Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu. (Jml)

Berita Terkait

Tanah Bumbu Raih Juara Mitra Orang Tua Asuh Terbanyak Bagi Anak Stunting
Tabliq Akbar, Guru Udin Sampaikan Kemuliaan Nabi Muhammad
Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April
Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus
Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan
Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari
Tanah Bumbu Siapkan Pesta Mappanre Ritasie
Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 14:18 WIB

Tanah Bumbu Raih Juara Mitra Orang Tua Asuh Terbanyak Bagi Anak Stunting

Jumat, 19 April 2024 - 14:06 WIB

Tabliq Akbar, Guru Udin Sampaikan Kemuliaan Nabi Muhammad

Kamis, 18 April 2024 - 15:14 WIB

Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April

Senin, 15 April 2024 - 11:46 WIB

Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan

Senin, 15 April 2024 - 11:34 WIB

Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

Senin, 15 April 2024 - 11:18 WIB

Tanah Bumbu Siapkan Pesta Mappanre Ritasie

Senin, 15 April 2024 - 11:08 WIB

Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim

Sabtu, 13 April 2024 - 11:47 WIB

Wakil Bupati Tanbu Open House di Mawar Sharon

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Tabliq Akbar, Guru Udin Sampaikan Kemuliaan Nabi Muhammad

Jumat, 19 Apr 2024 - 14:06 WIB

Kotabaru

Dispersip Kotabaru Gelar Bimtek Pembinaan Perpustakaan

Kamis, 18 Apr 2024 - 17:58 WIB

Tanah Bumbu

Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April

Kamis, 18 Apr 2024 - 15:14 WIB