Tak Ada Kasus Rabies, DKPP Tetap Vaksinasi Hewan serentak di Tingkat Kecamatan

Avatar photo

- Editor

Minggu, 8 Oktober 2023 - 20:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bidang Peternakan, menggelar kegiatan Vaksinasi Rabies serentak di sejumlah kecamatan, Sabtu (07/10/2023).

Kegiatan dibuka oleh Kadis DKPP Kab Tanbu dan dihadiri oleh Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Tanbu, Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP, jajaran pejabat fungsional, staf, dan masyarakat.

Kepala DKPP Kabupaten Tanbu, H Hairuddin mengungkapkan, Pemerintah Daerah melalui DKPP menjalankan Vaksinasi Rabies serentak, hal tersebut guna pencegahan terhadap kemungkinan adanya rabies.

Baca Juga :  Wakil Bupati Tanbu Ajukan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian ke Mentan RI

Diterangkannya, Vaksinasi Rabies bermanfaat sebagai bentuk perlindungan kepada hewan peliharaan khususnya, anjing dan kucing serta masyarakat, agar selalu aman dari rabies.

“Kalaupun kita di Tanbu tidak ada kasus rabies, tetapi kita harus waspada karena gigitan hewan terjangkit rabies ini sangat berbahaya bagi manusia,” katanya.

Vaksinasi Rabies serentak dijadwalkan sejak pukul 08.00 Wita – 12.00 Wita, yang menyebar di beberapa tempat yaitu di kantor DKPP Tanbu, Puskeswan Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Puskeswan Kecamatan Sebamban dan Kecamatan Sungai Loban, Puskeswan Kecamatan Angsana.

Baca Juga :  Bupati Zairullah Tandatangani Kerja Sama Pengembangan Padi Sawah

“Hari Rabies sedunia diperingati setiap tanggal 28 September, puncaknya dilaksanakan pada 7 Oktober 2023 dengan tema yang diusung dalam hari rabies sedunia 2023 adalah All For One, One Health for All. Semua untuk satu dan satu kesehatan untuk semua,” lanjutnya.

Disamping itu, Kadis DKPP memaparkan bahwa tujuan DKPP Bidang Peternakan dan Keswan menggencarkan Vaksinasi Rabies adalah untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan Vaksinasi Rabies, mengadvokasi langkah-langka pengendalian dan merayakan tonggak sejarah dalam perjuangan melawan rabies.

Baca Juga :  Bupati Buka Bazar Ramadhan dan Food Festival 2024

“Manfaatnya, masyarakat jadi terlindung dari bahaya Virus Rabies yang bisa ditularkan melalui hewan pembawa rabies (HPR),” pungkas Hairuddin.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Kabupaten Tanbu, Andrie J. Tenggara⁩ menyebutkan, total realisasi vaksinasi Rabies pada acara WRD 7 Oktober 2023, secara serentak pada 4 (empat) lokasi di Kabupaten Tanah Bumbu adalah sebanyak 657 ekor, terdiri dari anjing 378 ekor, kucing 278 ekor dan monyet 1 ekor. (Arunika)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 31 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB