Pelatihan POC, Anwar Sadat Sebut Tidak Akan Berubah Keadaan Kecuali Ini

- Editor

Senin, 15 Agustus 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tanah Bumbu Andi Anwar Sadat memberikan motivasi kepada peserta Pengenalan Teknologi Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) agar mau bekerja keras, disiplin, dan bertanggung jawab.

Pelatihan Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) bertempat di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Senin (15/8/20220).

Andi Anwar Sadat menerangkan, siapa pun tidak akan dapat merubah keadaan tanpa mereka sendiri merubahnya dengan bekerja keras, disiplin, komitmen, dan bertanggung jawab.

Ia membacakan dalil dalam qur’an Surah ar-Ra’d ayat ke 11, sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubahnya sendiri.

“Oleh karena itu kami ingin para generasi muda yang mengikuti program YESS (tanggal 15-17 Agustus) ini memiliki kemauan keras, disiplin, komitmen, dan bertanggung jawab mewujudkan regenerasi petani Indonesia khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Andi Anwar Sadat.

Baca Juga :  Rakor Rancang Titik Klimaks Pembangunan Serambi Madinah

Ia menceritakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sejak tahun 2019 telah melakukan intervensi bagi generasi muda yang mengikuti program YESS melalui pendampingan sertifikasi produk, fasilitasi pelatihan berbasis inklusi sosial, fasilitasi pengemasan dan display produk, dan sebagainya.

Program tersebut tidak akan berhasil, meski telah diintervensi oleh pemerintah daerah jika para regenerasi tidak memiliki kedisiplinan, kerja keras, komitmen, dan tanggung jawab.

Tantangan ke depan bagi wirausaha bidang pertanian, harus menyediakan sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan daerah dan kebutuhan Ibukota Negara (IKN) baru di Panajam Provinsi Kalimantan Timur, seiring dengan akan bertambahnya jumlah penduduk baru yang membutuhkan pangan sebagai kebutuhan pokok.

Baca Juga :  Capai SPM, Camat Minta Sinergitas Semua Lintas Sektor

Ia berharap para peserta pelatihan dapat mengambil kesempatan untuk menjadikan Tanah Bumbu sebagai salah satu penyangga IKN melalui berbagai macam penyediaan sumber pangan melalui industri pertanian berteknologi tinggi, e-commerce, hilirisasi produksi pertanian, diversifikasi pertanian dan sebagainya.

Menurut Anwar Sadat, Program YESS sangat sejalan dengan visi Kabupaten Tanah Bumbu ‘Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius, dan Demokratis,’ melalui penjabaran misi yang keempat, yaitu mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri dengan tujuan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui peningkatan nilai tambah sektor pertanian. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB