TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi tentang RAPBDP Tahun Anggaran 2025.
Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu, H Hasanuddin, dihadiri Bupati Tanah Bumbu, Andi Rudi Latif, yang diwakilkan Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Yulian Herawati, digelar di ruang utama sidang DPRD Tanah Bumbu, Jumat (1/8/2025).
Pada Rapat Paripurna sebelumnya, melalui juru bicaranya masing-masing para Fraksi menyampaikan pemandangan umum. Termasuk Fraksi PAN dan Fraksi Gerindra DPRD Tanah Bumbu.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dalam Rapat Paripurna tersebut, Fraksi PAN DPRD Tanah Bumbu tidak secara rinci menyampaikan pemandangan umum terhadap Raperda ini, akan tetapi sepenuhnya menyerahkan kepada mekanisme pembahasan ke Badan Anggaran.
Bupati Andi Rudi Latif melalui Pj Sekda Yulian Herawati mengucapkan terima kasih kepada Fraksi PAN DPRD Tanah Bumbu, dan menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah sudah memfokuskan anggaran Perubahan APBD Tahun Anggaran 2025 ini pada kebutuhan yang aktual dan strategis sesuai program nasional, provinsi, dan daerah.
Sementara itu, Fraksi Gerindra DPRD Tanah Bumbu mempertanyakan dan meminta penjelasan apakah dalam RAPBD Perubahan ini terdapat program-program yang konkret dan terukur untuk menciptakan lapangan kerja baru.
Dalam Rapat Paripurna ini, Bupati Andi Rudi Latif melalui Pj Sekda Yulian Herawati menjelaskan bahwa Pemerintah RAPBD-P 2025 telah mengakomodir program berkenaan sektor tenaga kerja, hal ini selaras dengan misi ketiga yaitu Mewujudkan Ketahanan Pangan Daerah Melalui Optimalisasi Sektor Pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Memperluas Lapangan Pekerjaan melalui Penguatan UMKM Berbasis Industri Unggulan.
Dimana menurunnya tingkat pengangguran termasuk dalam sasaran kedua dengan strategi perluasan kesempatan kerja dan arah kebijakan perluasan jaringan kerjasama perekrutan tenaga kerja dengan pemberi kerja dan serta peningkatan kompetensi tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan para pencari kerja. (E)