Sekda Berikan Wejangan Kepegawaian

Avatar photo

- Editor

Jumat, 18 November 2022 - 11:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka memberikan wejangan ceramah berkaitan akal, otak, hati, menunjang kinerja pegawai untuk memberikan pelayanan lebih baik dan bekerja secara professional dan hati nurani.

Setelah melaksanakan shalat dhuha di kantor Bupati Tanah Bumbu sekitar pukul 08.20 wita, Kamis (18/11/2022), Sekretaris Daerah Ambo Sakka memberikan wejangan kepegawaian di hadapan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Pada dasarnya katanya, tubuh manusia bergerak karena perintah akal, mulut bisa mengucapkan karena ada perintah dari akal.

Jadi, kalau ada orang berbicara, hal itu merupakan rangkaian perintah dari akal. Sehingga seseorang itu dapat dinilai pada saat ia berbicara, berjalan, ataupun sedang melakukan aktifitas lain.

Baca Juga :  Lurah Kota Pagatan Nyatakan Siap Jadi Desa atau Kelurahan Terbaik

Jika disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad Saw, dalam tubuh manusia ada segumpal darah, apabila segumpal darah itu baik maka baik semuanya, tetapi apabila segumpal darah itu rusak maka rusaklah semuanya, dan makna itu katanya, mengarah pada makna hati.

“Jadi kalau ada orang kelihatannya dibuat-buat, itu tidak akan langgeng, itu tidak akan bertahan lama,” jelasnya karena bukan datang dari hati.

Baca Juga :  Harga Berbeda-beda, Tanbu Segera Bentuk Satgas Pengawasan BBM

Karena pada dasarnya hati seseorang itu mempengaruhi karakter, tingkah laku, watak, yang menurutnya, semua itu bisa dipengaruhi oleh pendidikan maupun pergaulan, kecuali tabiat.

Sama halnya katanya, ketika melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pegawai yang sebenarnya perintah itu datang dari hati.

Sehingga Ambo Sakka mengajak pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mencintai profesinya sebagai Aparatur Sipin Negara, mengabdi untuk negara. Sebab jika tidak mencintai profesi yang dikerjakan setiap hari maka secara psikologi tidak mungkin menghasilkan sesuatu yang baik.

Baca Juga :  Dinas KUMP2 Tanbu Setiap Hari Pantau Harga Bahan Pokok

Ia juga memberikan pandangan bahwa sebagai pimpinan tataran kepala SKPD harus bisa memahami bawahan, memahami karakter pegawai ada yang mungkin memiliki kemampuan cepat mengerjakan perintah dan ada juga pegawai lambat dalam melaksanakan perintah.

Sehingga menjadi kewajiban bagi pimpinan tingkat SKPD memahami dan mengerti ilmu kepemimpinan. Ia menilai sangat aneh jika masih ada Kepala Dinas yang bekerja sendiri padahal hirarki kepemimpinan itu harus dijalan.

Ia pun berharap memahami ilmu kepemimpinan, hirarki, bekerja dengan hati, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat semakin baik. (MAS)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 33 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB