Paman Birin Berikan Bantuan Uang Tunai dari APBD

Avatar photo

- Editor

Sabtu, 8 Juli 2023 - 22:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJAR, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, meminta jajarannya meningkatkan bantuan dalam menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat Kalsel.

“Saya minta Perkim (Perumahan dan Pemukiman) untuk meningkatkan lagi, karena masih ada masyarakat kita yang memerlukan bantuan,” kata Sahbirin Noor di Kantor Kecamatan Martapura Barat, Sabtu (8/7/2023).

Paman Birin mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang memerlukan. Sekaligus wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Bantuan yang diberikan Gubernur Sahbirin Noor, yang biasa disapa Paman Birin, merupakan bantuan dana bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Provinsi Kalsel

“Bantuan ini bersumber dari APBD yang sejatinya dari dana bubuhan pian yang bayar pajak kendaraan maupun yang lainya, jadi dari rakyat untuk rakyat,” sebutnya.

Baca Juga :  Kalsel Siapkan Acara Penutupan MTQN ke-29

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalimantan Selatan Mursyidah Aminy, mengatakan, Bantuan Sosial Rehabilitasi Rumah bagi Korban Bencana melalui dana APBD Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2023 ini telah dianggarkan sebanyak 260 unit kepada 5 kabupaten yaitu Kabupaten Banjar sebanyak 125 unit, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (25 unit), Kabupaten Balangan (5 unit), Kabupaten Barito Kuala (75 unit) dan Kabupaten Tanah Laut (30 unit).

Sedangkan untuk Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) sebanyak 280 unit pada 13 kabupaten kota. Anggaran untuk 1 unit rumah sebesar Rp. 20 juta terdiri dari untuk pengadaan bahan bangunan sebesar Rp. 17,5 juta dan upah sebesar Rp. 2,5 juta.

Baca Juga :  Paman Birin Lantik CPNS, PPPK dan Pemberian Pangkat Luar Biasa

Menurutnya, sebagai leading sektor dalam pemenuhan perumahan bagi masyarakat, pihaknya senantiasa berupaya untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat serta mengatasi berbagai tantangan dan kendala dalam menyediakan rumah layak huni bagi masyarakat.

Mursyida berharap agar kolaborasi antar pemangku kepentingan dapat terus terjalin. Pembangunan perumahan dan pemukiman tidak hanya sebagai pemenuhan tempat tinggal saja tetapi juga akan berdampak pada peningkatan produktivitas dan menjadi bagian penting dari komponen untuk menurunkan kemiskinan di masyarakat.

Ahmad Junaidi warga Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar salah satu penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas perhatian besar dari Paman Birin.

Baca Juga :  Ini Pesan Paman Birin di HUT Ke- 77 Brimob

“Alhamdulillah, kami senang sekali mendapat bantuan dari Paman Birin, semoga Paman Birin selalu diberikan kesehatan dan mendapat perlindungan dari Allah,” katanya.

Pria yang berprofesi sebagai petani tersebut mengaku, rumahnya dulu sudah hampir roboh dan saat ini sudah menjadi rumah yang layak untuk dihuni.

Di kesempatan itu juga, Paman Birin memberikan kejutan kepada masyarakat dengan memberikan pertanyaan dan hadiah kepada 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Turut hadir Danrem 101 Anatsari Brigjen TNI Ari Aryanto, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suparmi, Karo Adpim Berkatullah serta Putra Paman Birin, Sandi Fitrian Noor. (fit)

Berita Terkait

Paman Birin: Kalsel Pilihan Tepat Suplai Pangan ke IKN
Penulis Kitab Sabilal Muhtadin, Paman Birin: Banyak Lahirkan Ulama
Paman Birin: Kawal Anggaran Dana Desa Rp 71 Triliun
Paman Birin Lepas Keberangkatan 1.000 Orang Mudik Gratis
Istimewa, Paman Birin Safari Ramadhan di Desa Tambak Sirang Baru
Acil Odah Gelar Sunatan Massal di Kandangan
Paman Birin Siapkan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
Acil Odah Tinjau Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pengemudi
Berita ini 59 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB