Paman Birin Apresiasi Satpol PP dan Damkar Siapkan SDM Hadapi Bencana

- Editor

Selasa, 9 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin, melalui Asisten Administrasi Umum, Ahmad Bagiawan, membuka secara resmi In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 kabupaten kota se-Kalimantan Selatan Tahun 2024 di Aula Lantai 3 BBPPKS Regional IV Kalimantan, Banjarbaru, Senin (8/7/2024).

Acara dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar tersebut merupakan kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya dan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri RI.

Dalam sambutan Paman Birin dibacakan Asisten Administrasi Umum, Ahmad Bagiawan, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, In House Training adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemadam dalam membentuk mental yang tangguh, handal dan sigap dalam menanggulangi kebakaran.

“Seorang aparatur pemadam, perlu mendapat pembekalan, keilmuan dan keahlian secara bertahap. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya risiko ketika melaksanakan tugas di lapangan,” ujarnya.

Terlebih dalam menjaga pelestarian lingkungan hidup di wilayah Kalsel, terus menjadi perhatian serius Paman Birin, dimana Kalsel dikelilingi lahan gambut yang begitu rentan terhadap bencana karhutla ketika memasuki musim kemarau panjang.

“Untuk itu, guna memperkuat ketahanan bencana, yang harus kita persiapkan adalah SDM yang memiliki bekal yang cukup untuk menanggulangi bencana,” tambahnya.

Paman Birin mengapresiasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan tersebut, sehingga kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta maupun bagi masyarakat Kalsel.

Atas perhatian yang begitu besar Paman Birin terhadap kesiapan dalam menanggulangi bencana karhutla di Kalsel, Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional Dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri, Danang Insita Putra, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja kerasnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel selama ini dalam menekan bencana karhutla.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Pemprov Kalsel, dalam hal ini Pak Gubernur Paman Birin yang telah menginisiasi acara diklat angkatan ke-5 ini yang sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Dan ini menjadi apresiasi setinggi-tingginya bagi kami Kementerian Dalam Negeri bagaimana Provinsi Kalimantan Selatan benar-benar menunjukkan perannya sebagai tangan pemerintah pusat yang ada di daerah dalam menangani setiap kali ada bencana kebakaran,” ujarnya.

Sementara itu, Danang juga terus untuk berkoordinasi terkait jumlah aparatur pemadam yang ada disetiap daerah agar nantinya bisa diusulkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk itu, ia berharap, setiap daerah agar benar-benar mendata untuk kemudian diusulkan sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.

Untuk diketahui, In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 akan berlangsung pada 7 Juli 2024 sampai dengan 13 Juli 2024 yang diikuti sebanyak 118 peserta, yang terdiri dari 100 laki-laki dan 18 perempuan se-Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran Kalsel, Maulana Fatahillah, dalam laporannya mengatakan, acara In House Training tersebut merupakan implementasi dari visi dan misi Gubernur Kalsel untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya para pemadam kebakaran yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Acara ini juga untuk memenuhi aparatur pemadam kebakaran di Kalsel agar lebih profesional dalam pelaksanaan tugas di daerah masing-masing. Terlebih instruktur acara ini datang langsung dari Kota Surabaya, semoga para peserta dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya,” ungkapnya. (E)

Berita Terkait

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan
Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan
Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge
Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas
Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD
Paman Birin Terima WTP ke-8 dari BPK RI
Paman Birin Terima Penghargaan AMB 2024
Atlet Binaan Paman Birin Raih Medali Perak di Asean University Games

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:51 WIB

Anak-anak Panti Mulia Satria Kunjungi Perpustakaan

Jumat, 12 Juli 2024 - 10:47 WIB

Paman Birin: Harjad ke-74 Momentum Evaluasi Pembangunan

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:57 WIB

Banyak Peminat, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Banua Triathlon Challenge

Rabu, 10 Juli 2024 - 16:22 WIB

Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:04 WIB

Paman Birin Dikukuhkan Anggota Kehormatan PPAD

Selasa, 9 Juli 2024 - 15:50 WIB

Paman Birin Terima WTP ke-8 dari BPK RI

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:59 WIB

Paman Birin Apresiasi Satpol PP dan Damkar Siapkan SDM Hadapi Bencana

Senin, 8 Juli 2024 - 12:03 WIB

Paman Birin Terima Penghargaan AMB 2024

Berita Terbaru

Banjarmasin

Pemko Banjarmasin Raih Pariwara Antikorupsi

Minggu, 14 Jul 2024 - 23:00 WIB

Khazanah

Ini Dia Batas Gula Darah dalam Tubuh

Minggu, 14 Jul 2024 - 06:02 WIB

Khazanah

Hindari Minum Susu Sebelum Tidur

Minggu, 14 Jul 2024 - 05:18 WIB

Tanah Bumbu

Kemenag Sebut Hanya 149 Pelaku Usaha Miliki Sertifikasi Halal

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:48 WIB