Marina Permata Layani MCU Pelaut

0
210

TANAH BUMBU – Rumah Sakit Marina Permata bekerja sama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas III Kotabaru-Batulicin dalam Medical Check Up (MCU) bagi pelaut.

Kerjasama dalam hal pemeriksaan kesehatan ini dimulai dengan acara pembukaan Pemeriksaan Kesehatan bagi pelaut (MCU) di halaman Rumah Sakit Marina Permata. Senin, (28/6/2021).

Penyediaan layanan Medical Check Up bagi pelaut di Tanah Bumbu sangat terbatas, oleh karena itu Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Agus Sularto menyampaikan bahwa dirinya sangat menyambut baik pelayanan MCU bagi pelaut di Rumah Sakit Marina Permata. Itu artinya pelaut dapat merasakan pelayanan yang lebih efisien, tanpa harus ke Banjarmasin yang jaraknya kurang lebih 350 km.

“Dengan ini para pelaut di sekitar Tanah Bumbu ataupun Kotabaru tidak perlu lagi jauh-jauh untuk MCU ke Banjarmasin dan cukup di Rumah Sakit Marina Permata saja.” Kata Agus Sularto.

Dia berharap kerjasama antara Rumah Sakit Marina Permata dan KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang luas dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Direktur Rumah Sakit Marina Permata, dr. Sulaiman Umar menyampaikan melalui Wakil Direktur Medik dr. Siti Aisyah, MARS, bahwa pelayanan MCU bagi para pelaut dibuka setelah Rumah Sakit Marina Permata ditunjuk dan ditetapkan sebagai penyedia layanan MCU bagi pelaut dari Direktorat Jendeeral Perhubungan.

“Oleh karena itu Rumah Sakit Marina Permata menjadi Rumah Sakit Pertama di Tanah Bumbu yang menyediakan pelayanan MCU bagi para pelaut,” sebutnya.

Siti Aisyah mengakui bahwa mendapat amanah kepercayaan sebagai penyedia layanan MCU bagi pelaut bukan hal yang tiba-tiba tetapi hal ini diraih setelah melalui prosedur yang sudah ditetapkan seperti administrasi, visitasi, dan pengembangan SDM di Rumah Sakit Marina.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Akan Bangun Istana Anak Yatim di Setiap Kabupaten

Manager Pelayanan Medik dr. Dwi Kartika menambahkan bahwa sertifikat kesehatan bagi pelaut merupakan aspek penting yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pemeriksaan Kesehatan Pelaut, Tenaga Penunjang Keselamatan Pelayaran, dan Lingkungan Kerja Pelayaran.

“Dalam melaksanakan tugasnya pelaut tentu harus sehat, karena mereka bekerja di tengah laut jadi dalam pemeriksaan kesehatan harus dinyatakan benar-benar sehat demi keselamatan pelaut itu sendiri,” jelasnya.

Rumah Sakit swasta termegah di Tanah Bumbu ini, selain mengadakan acara pembukaan layanan MCU bagi pelaut juga memberikan pelayanan Rapid Test Antigen Covid-19, petugas siap datang ke rumah-rumah warga untuk melakukan penjemputan. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here