HPSN Bangkitkan Kesadaran Peduli Sampah

- Editor

Rabu, 23 Februari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Dinas Lingkungan Hidup memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di SDN 1 Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat. Senin, (21/2/2022).

Tepat berada di lapangan SDN 1 Sungai Dua, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dilaksanakan, berbagai kegiatan dilakukan sebagai wujud peduli terhadap sampah.

Diantara kegiatan yang dilakukan adalah gotong royong mengumpulkan sampah, melakukan pemilahan terhadap jenis-jenis sampah, pembelian sampah, praktek pengelolaan kompos dari sampah organik, dan pembuatan lobang biopori.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu sebagai pembantu bupati di bidang lingkungan hidup berkomitmen akan terus memperbaiki pengelolaan sampah ke arah yang lebih baik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mahriyadi berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian bersama terhadap pengelolaan sampah yang lebih baik sesuai tema ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim.’

Baca Juga :  Vaksinasi Bergerak, Paman Birin Bersholawat di Bumi Serambi Madinah

Peringatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama agar pengelolaan sampah menjadi semakin baik, hal itu sebagaimana tema HPSN 2022 yaitu ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim.”

Sebagai dinas yang berfungsi merumuskan kebijakan di bidang penataan dan penataan lingkungan hidup, pengelolaan sampah, limbah bahan berbahaya dan beracun, dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup di wilayah Tanah Bumbu, Mahriyadi akan membuat strategi dan kebijakan agar sampah dapat dikelola dengan baik dan benar.

Pengelolaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir, memiliki nilai guna dan nilai jual, sehingga memberikan manfaat dan kenyamanan lingkungan.

Ia menyadari bahwa titik akhir dari perjuangan pengelolaan sampah adalah kesadaran masyarakat, karena meski pemerintah daerah memiliki pelayanan yang baik tapi tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat maka sampah akan selalu menjadi masalah.

Baca Juga :  Malam Ini, Pembukaan MTQN Kabupaten Tanah Bumbu 2022

Memperingati HPSN tidak lepas dari peristiwa tahun 2005. Pada saat itu terjadi peristiwa longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat.

Gunung sampah ini menimpa warga Desa Cilimus dan Desa Pojok, yang mengakibatkan 157 orang meninggal akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah. Maka peringatan HPSN selalu dilakukan setiap tahun agar dapat mengingat peristiwa tersebut dan tergerak mengelola sampah dengan cara yang baik dan benar.

Rangkaian acara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu ini dihadiri Camat Simpang Empat, Kepala Desa Sungai Dua, dan masyarakat. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB