Haji Supiansyah: Pemindahan Narapidana ke Lapas Batulicin Sangat Membantu Keluarga

Avatar photo

- Editor

Rabu, 23 Februari 2022 - 23:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu menyambut baik Lapas III Batulicin Dioperasikan. Selasa, (22/2/2022).

Ketua DPRD Supiansyah ZA membuka dan menyambut baik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) III Batulicin dioperasikan, hal ini menjadi tanda baik bagi keluarga menghuni Lapas yang baru saja dipindahkan dari Lapas IIA Kotabaru.

“Dengan diaktifkannya fungsi Lembaga Pemasyarakatan ini tentunya akan sangat membantu untuk keluarga narapidana atau warga binaan pemasyarakatan kelas III Batulicin untuk membesuk. Tidak lagi repot-repot untuk menyeberang ke Kotabaru jika ingin bertemu keluarganya,” kata H. Supiansyah yang sudah 4 kali menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum M. Putu Wisnu Wardana menyampaikan, dengan fasilitas yang ada, dapat dilakukan pembinaan terhadap warga binaan yang baru saja dipindahkan dari Lapas IIA Kotabaru ke Lapas III Batulicin yang terletak di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Tengah.

Baca Juga :  Fraksi PDIP: Belanja APBD Sesuaikan Kebutuhan Mendesak Bukan Keinginan

“Memiliki sarana dan prasarana, terutama bangunan yang memadai, maka pembinaan terhadap warga binaan akan semakin baik juga. Sehingga nantinya, dapat merubah sikap dan perilaku warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Batulicin menjadi pribadi lebih baik lagi.” kata Wisnu saat menyampaikan sambutan.

Ia berharap agar pembinaan yang diterima oleh para warga binaan dapat merubah sikap dan perilaku mereka sehingga kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat nanti dapat diterima kembali dengan baik.

Meski Lapas Kelas III Batulicin telah dioperasikan, namun masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi dari sisi sarana prasarana dan jumlah pegawai Lapas.

Baca Juga :  Rapat Paripurna, Bupati Apresiasi Pertanyaan DPRD

Plt Kepala Lapas kelas III Batulicin, Yosef Benyamin Yembise, mengatakan bahwa Lapas secara kebutuhan sarana dan prasarana masih sangat minim, sehingga meminta kepada Pemerintah Daerah dan Ketua DPRD untuk membantu merealisasikan kebutuhan Lapas. Rabu, (23/2/2022).

Diantara kebutuhan yang sangat mendesak adalah akses internet, karena semua data tentang warga binaan hanya dapat diakses melalui internet. Selain itu, juga sarana jalan dan kebutuhan warga binaan Lapas yang harus diperhatikan.

Yosef menjelaskan bahwa data-data yang dimiliki terkoneksi langsung dengan pusat, yaitu database sistem Kemasyarakatan Lapas, informasi tentang data awal masa tahanan warga binaan, masa sepertiga atau dua per tiga masa tahanan, dan tahapan-tahapan pembinaannya dan sebagainya, hanya dapat diakses dengan jaringan internet yang baik.

Mengenai pegawai yang ada di Lapas kelas III Batulicin, Yosef menyebutkan, hanya memiliki 7 pegawai, sehingga ia berharap dapat segera menambah tenaga baru untuk dapat memaksimalkan kegiatan.

Baca Juga :  Fraksi Gerindra: Kami Tetap Ngotot

Akibat kekurangan petugas, Yosef pun harus bolak balik ke Lapas IIA Kotabaru karena masih memiliki tugas yang tidak dapat ditinggalkan di sana.

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa warga Tanah Bumbu yang masih ada di Lapas Kotabaru akan dipindahkan semuanya ke Lapas kelas III Batulicin, namun baru 6 orang saja yang dapat dipindah ke Lapas kelas III Batulicin, mereka yang dipindahkan rata-rata sisa menunggu masa tahanan 2 atau tiga bulan lagi, mereka akan menghirup udara bebas.

“Jadi kita harap seluruh warga Batulicin yang ada di Lapas Kotabaru, harus digeser ke sini, cuman kan ini proses.” terangnya. (MAS)

Berita Terkait

Sekretariat DPRD Tanbu Pamerkan Kegiatan, Tugas Pimpinan, dan Anggota DPRD
Banggar Tanbu Bahas 10 Rekomendasi LKPj dan Akan Memanggil Dinas Terkait
Pesta Pantai Pagatan, Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kemandirian UMKM
Mappanre ri Tasi’e, Said Ismail: Adat Harus DiJaga
DPRD Tanbu Sampaikan Arahan RPJPD 2025-2045
Wakil Ketua DPRD Kunjungi Stand Pameran Expo Mappanre ri Tasi’e
Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023
HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Rabu, 24 April 2024 - 20:51 WIB

Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Daerah

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:17 WIB

Tanah Laut

Syamsir Janji Umrohkan Para Juara

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:04 WIB

Tanah Bumbu

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 Apr 2024 - 10:37 WIB