Guru Bakhiet: Cinta Rasulullah, Amalkan Sunnahnya

- Editor

Sabtu, 19 November 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Mencintai Rasulullah Muhammad Saw tidak harus banyak uang, tapi mulailah melaksanakan sunnah-sunnah yang tidak membutuhkan banyak tenaga dan keberanian, Jum’at (18/11/2022).

Guru Bakhiet memulai cerita seorang Raja bernama Malik al-Muzoffar hidup di abad ke VI hijriah, seorang raja pemberani, alim, dan adil. Malik al-Muzoffar, sosok pertama kali, mengadakan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw secara besar-besaran.

Disebutkan, Raja Malik al-Muzaffar menggelontorkan dana tidak kurang 1 ton emas untuk merayakan maulid Nabi Saw. Dimana-mana ada tempat rest area yang menyediakan makanan dan minuman secara gratis pada saat itu sehingga banyak orang datang dari segala penjuru ikut merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Guru Bakhiet menyampaikan, berapa pun mengeluarkan biaya untuk merayakan peringatan Nabi Muhammad Saw tidaklah sebanding dengan keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad saw.

Disamping Nabi Muhammad sebagai manusia biasa, dia juga sosok manusia yang luar biasa. Dia bisa mengobati atau menyembuhkan hanya menggunakan air liurnya.

Hal itu terbukti, ketika salah seorang sahabat bernama qatadah melapor kepada Nabi Muhamad, ia menceritakan bahwa istrinya merasa jijik jika melihat wajahnya karena matanya keluar menggantung.

Baca Juga :  Pembagian Sertifikat PTSL Hasil Kerja Keras Bersama

Qatadah menceritakan bahwa matanya seperti itu karena salah satu tombak pasukan musuh pada saat peperangan mengenai matanya dan mengakibatkan matanya keluar menggantung dan istrinya merasa jijik ketika melihatnya.

“Maka Nabi Saw mengambil matanya, dimasukkan lagi ke tempat asal, diludahi sidin, maka kembali seperti semula,” ucap Guru Bakhiet.

Sehingga Rasulullah Muhammad Saw harus dilihat dari dua sisi, yaitu sisi sebagai manusia biasa dan sisi manusia luar biasa, sebab jika tidak, bisa mengakibatkan menuhankan Nabi Saw karena kelebihan yang dimilikinya. Pandangan dua sisi tersebut merupakan pandangan ahlus sunnah wal jamaah, katanya.

Oleh sebab itu, melaksanakan sunnah Nabi Saw tidak harus dengan uang banyak. Ada sunnah rasul dapat dilaksanakan cukup dengan kemauan dan tenaga saja.

“Tidak perlu keluar duit, tidak perlu tenaga banyak, tidak perlu keberanian,” katanya.

Ia mencontohnya seperti sembahyang sunnah dhuha, witir, kabliah, ba’diah. Siapa pun yang melaksanakan itu secara istiqomah berarti seseorang itu telah menunjukkan kecintaan dia kepada Nabi Muhammad Saw.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim

“Siapa yang mengamalkan sunnahku berarti dia mencintaiku,” ucap Guru Bakhiet mendalilkan dengan hadits Nabi Saw.

Sehingga ia mengajak jamaah yang dihadiri dari kalangan pejabat dan masyarakat umum untuk mengamalkan sunnah-sunnah nabi dimulai dari yang mudah atau tidak memerlukan uang banyak.

Ia menambahkan dengan hadits Nabi Muhammad Saw, barang siapa yang mencintai aku (Nabi Muhammad Saw) maka nanti dia akan akan bersama-sama Muhammad di syurga.

Ceramah Guru Bakhiet pukul 20.00 wita Jum’at malam itu, disampaikan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di majelis taklim ar-Raudhah Jalan Pelabuhan Speed Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Hadir dalam Acara Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua Fraksi PKB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Hasanuddin Murad, tokoh dan masyarakat umum. (MAS)

Berita Terkait

DPRD Tanbu Ajukan Raperda Pengembangan Wirausaha dan Pengawasan Produk Halal
Program Pemulihan UMKM Kurang Peminat, Diskumdagri: Kendala Akses Modal
Upaya Gali PAD, DPRD Tanbu Kunjungi Palangkaya Raya
Ketua DPRD Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas
Ketua DPRD Hadiri Apel Operasi Patuh Intan 2024 di Mapolres Tanbu
Rapat Paripurna DPRD, Zairullah Teguh Perjuangkan Bendungan Kusan
Wakili Bupati, Sekda Ucapkan Terima Kasih LPJ APBD 2023 Diterima
Akhirnya, Semua Fraksi DPRD Tanbu Terima LPJ APBD 2023
Berita ini 78 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:14 WIB

Program Pemulihan UMKM Kurang Peminat, Diskumdagri: Kendala Akses Modal

Selasa, 16 Juli 2024 - 10:44 WIB

Upaya Gali PAD, DPRD Tanbu Kunjungi Palangkaya Raya

Selasa, 16 Juli 2024 - 10:33 WIB

Ketua DPRD Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

Senin, 15 Juli 2024 - 15:45 WIB

Ketua DPRD Hadiri Apel Operasi Patuh Intan 2024 di Mapolres Tanbu

Rabu, 10 Juli 2024 - 11:22 WIB

Rapat Paripurna DPRD, Zairullah Teguh Perjuangkan Bendungan Kusan

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB