Bupati Tanbu Kukuhkan Forum Anak Desa

Avatar photo

- Editor

Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) membentuk Forum Anak Desa (FAD).

Hadiri Bupati Tanbu Zairullah Azhar diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Narni, Kabid Pemenuhan Hak Anak DPPPAKB Kalsel, Fasilitator FAD Provinsi Kalsel, FAD tingkat Provinsi Kalsel.

Kemudian 4 orang FAD Tanbu, Kepala DP3AP2KB Tanbu, 24 orang yang akan dikukuhkan dalam pengurus FAD tingkat desa se-Kabupaten Tanbu.

Asisten Administrasi Umum, Narni, mewakili Bupati Tanah Bumbu mengukuhkan pengurus Forum Anak Desa periode 2023-2025, di ruang Rapat Bersujud 1 lantai 3 Kantor Bupati Kabupaten Tanbu, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga :  Pilkades 18 Maret 2023, DPMD Sosialisasi Tahapan Pemilihan

Mewakili Kepala DPPPAKB Provinsi Kalimantan Selatan Adi Santoso, Andrian Anwari selaku Kabid Pemenuhan Hak Anak DPPPAKB Kalsel, menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada calon FAD tingkat desa yang hadir pada pengukuhan.

“Kami ucapkan selamat atas perwakilan FAD masing-masing desa, selamat untuk kalian yang nantinya akan terlibat berinteraksi dan mewakili anak-anak desa,” ucapnya.

Ia mengungkapkan keberadaan FAD di Tanbu sangat penting mengingat FAD merupakan salah satu indikatornya, yang anggotanya berusia dibawah 18 tahun.

Baca Juga :  Majelis Malam Jum’at: Berdoa untuk Kemajuan Tanah Bumbu

Sehingga ia berharap pembentukan FAD dapat mendukung Bupati Tanbu mewujudkan program Kabupaten Layak Anak.

“Kita sama-sama menguatkan FAD Desa, sehingga nantinya bisa melakukan pergerakan ataupun partisipasi secara fisik. Dalam rangka provinsi mendukung program Kabupaten Layak Anak, sehingga daerah terus bisa mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya secara berkelanjutan,” terangnya.

Bupati Tanbu Zairullah Azhar dalam sambutannya diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Hj Narni, menyampaikan apresiasi pelaksanaan pengukuhan FAD mewujudkan desa ramah anak.

“Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak,” ungkapnya.

Baca Juga :  Koni Tanbu Gelar Bimtek Psikologi dan Fisik

Forum anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia, dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Selain itu, anggota dari Forum Anak Desa dapat berperan sebagai pelapor maupun pelopor bagi lingkungan sekitarnya, dengan adanya Forum Anak Desa ini, diharapkan banyak memberikan manfaat khususnya anak-anak di desa.

“Untuk itu saya berharap, melalui terbentuknya Forum Anak Desa ini, dapat berkomitmen untuk memberi perlindungan dan terpenuhinya hak-hak anak,” harap Narni. (Arunika)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 122 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB