Buka SJI, Paman Birin Harap Jurnalis Banua Berkualitas

- Editor

Rabu, 10 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU Goodnews.co.id – Gubernur Kaimantan Selatan (Kalsel), H Sabirin Noor atau Paman Birin membuka acara Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Hotel Tree Park Banjarmasin, Rabu (10/7/2024).

Acara digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, untuk mewujudkan jurnalis atau wartawan yang berintegritas, berwawasan kebangsaan, berkemampuan multi-tasking dan berpikir kritis dalam menghadapi teknologi baru dan perubahan global.

Paman Birin mengungkapkan terimakasih dan apresiasi kepada PWI Pusat yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang sudah menggelar SJI di Kalsel.

“Semoga kegiatan ini berjalan baik dan lancar serta apa yang menjadi tujuan kegiatan ini dapat terwujud dan menciptakan jurnalis-jurnalis yang berkualitas di Banua Kalimantan Selatan,” ucap Paman Birin saat membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia.

Paman Birin mengatakan media massa dan jurnalisme memiliki peran yang sangat vital dalam masyarakat. Mereka tidak hanya bertugas menyampaikan informasi, tetapi juga membentuk opini publik.

Baca Juga :  Musrenbangnas 2024, Presiden Ajak Sinkronisasi Pembangunan Pusat dan Daerah

“Oleh karena itu, memperkuat integritas, wawasan kebangsaan, kemampuan multi-tasking dan berpikir kritis menjadi sangat penting dalam era teknologi baru dan perubahan global yang sangat cepat saat ini,” kata Paman Birin.

Paman Birin berharap, para peserta mampu menyerap ilmu dan pengetahun serta pengalaman yang didapatkan melalui SJI ini.

“Semoga melalui SJI ini, rekan-rekan sekalian dapat memaksimalkan kesempatan yang ada, serta memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi jurnalis yang handal dan berintegritas khususnya di Banua Kalsel,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch, Bangun mengatakan, SJI untuk tahun ini masih dibiayai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Tetapi tidak seluruhnya bisa tercover, karena keterbatasan anggaran tersebut. Maka SJI ini dipangkas menjadi 4 hari saja, yang sebelumnya 2 minggu. Jadi, tolong manfaatkan semaksimal mungkin,” ungkap Hendry.

Baca Juga :  Rakernas Dekranas, Raudatul Jannah Dorong Inovasi Produk UMKM

Hendry juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada Gubernur Kalsel yang pernah menerima penghargaan Pena Emas tersebut, karena selalu mendukung penuh PWI terutama PWI Kalsel.

“Harapannya, walaupun Paman Birin nantinya tidak menjabat sebagai Gubernur lagi, Paman Birin tetap bisa mendukung dan selalu menjadi bagian PWI dimanapun berada,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, dalam laporannya mengatakan bahwa ini merupakan SJI ke-4 yang sudah dilaksanakan di Kalsel dan diikuti 35 peserta.

“SJI ini kelasnya tidak banyak, dan tidak semua jurnalis bisa mengikuti kelas SJI ini. Anda terpilih dari 500 wartawan yang sudah melalui seleksi ketat, diharapkan kesungguhannya dan manfaatkan ilmu yang didapat. Kelas ini sangatlah penting karena nantinya atau kedepannya, mereka yang mengikuti kelas ini akan menjadi kader-kader PWI,” ucap Helmie. (E)

Berita Terkait

Gubernur Kalsel Lepas Kafilah MTQN ke Samarinda
Sahbirin Noor Dukung Upaya Pelestarian Alam Kebun Raya Banua
Sekdaprov Lantik Perwakilan BKKBN Kalsel
Paman Birin Ingatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis
Paman Birin Hadiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-74
Paman Birin Gelar Welcome Dinner Ketua Kadin Indonesia dan Delegasi ASEAN
Paman Birin Kembali Terima Penghargaan Proklim
Acil Odah Lantik Penjabat Ketua TP PKK Batola dan HSS
Berita ini 77 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 6 September 2024 - 15:44 WIB

Gubernur Kalsel Lepas Kafilah MTQN ke Samarinda

Kamis, 5 September 2024 - 10:10 WIB

Sahbirin Noor Dukung Upaya Pelestarian Alam Kebun Raya Banua

Selasa, 3 September 2024 - 15:12 WIB

Sekdaprov Lantik Perwakilan BKKBN Kalsel

Selasa, 3 September 2024 - 15:09 WIB

Paman Birin Ingatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Selasa, 3 September 2024 - 09:53 WIB

Paman Birin Hadiri Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-74

Berita Terbaru

Khazanah

Ini Obat Ampul Bila Kolesterol Naik

Sabtu, 7 Sep 2024 - 08:08 WIB

Kalsel

Gubernur Kalsel Lepas Kafilah MTQN ke Samarinda

Jumat, 6 Sep 2024 - 15:44 WIB