Al Husain Mardani Gagas Satu Portal untuk Semua Layanan

- Editor

Sabtu, 9 Agustus 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menurut Al Husain latar belakang dari adanya Inovasi BerAksi Smart Service “Satu Portal Semua Layanan” disebabkan pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu belum efesien dan tidak terpusat dalam satu portal layanan. Sehingga menyebabkan kebingungan masyarakat dan inefesiensi birokrasi.

Munculnya gagasan tersebut karena banyaknya aplikasi yang tidak terintegrasi, kemudian lemahnya arsitektur SPBE dan system interoperabilitas antar aplikasi, rendahnya literasi digital ASN dan masyarakat, serta minimnya monitoring dan pelaporan layanan digital secara real-time.

“Sehingga memerlukan inovasi agar cukup satu portal saja untuk semua layanan,” ucap Al Husain, Jumat (8/8/2025) di Batulicin.

Ia menyebutkan bahwa saat ini ada 27.000 aplikasi layanan aktif secara nasional, Sebagian besar berjalan sendiri-sendiri (silo). Kemudian, indeks SPBE Tanah Bumbu 3,3 (kategori baik) masih jauh dari target ideal yakni lebih dari 4,0. Juga belum terintegrasinya 15 layanan utama antar OPD.

Jika masalah tersebut tidak diselesaikan, sambung Al Husain, maka akan meningkatnya ketidakpercayaan publik terhadap layanan digital pemerintah, rendahnya efesiensi kerja birokrasi digital, dan kesenjangan akses pelayanan dan resistensi terhadap budaya digital.

Sehingga diperlu solusi inovatif BerAksi Smart Service ‘Satu Portal Semua Layanan,’ yaitu dengan melakukan pengembangan portal layanan BerAksi Smart Service (Web dan Mobile), mengintegrasikan 15 layanan utama sebagai prioritas awal, kemudian menyusun Perbup dan pedoman teknis penggunaan BerAksi Smart Service, pelatihan ASN dan sosialisasi ke masyarakat, kolaborasi PPP dengan pihak swasta dan universitas, serta melakukan branding dengan slogan ‘Satu Portal, Semua Layanan.’

Baca Juga :  Dispersip Tanbu dan Pelita Goes to Village

Manfaat satu portal semua layanan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis digital, layanan cepat dan efesien, meningkatnya citra dan kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah, dan juga mewujudkan transformasi digital inklusif dan berkelanjutan.

Ia berharap inovasi BerAksi Smart Service ini dapat segera terwujud dan masyarakat juga semakin mudah mengakses layanan secara efesien. (MAS)

📢 Bagikan artikel ini:

💡 Tips: Pilih style "Minimal" untuk tampilan thumbnail terbaik di WhatsApp

🖼️ Share Dengan Thumbnail

📱 Share Simple 🔥 Share Unique ⭐ Share Premium
🎯 Pilih style yang sesuai kebutuhan Anda

Berita Terkait

Gelar FGD Tanah Bumbu Upaya Optimasi dan Inovasi Capaian PAD
Wisuda Sekolah Lansia, Erli: Wujud Ketahanan Keluarga
8.003 KK di Tanah Bumbu Terima BLTS Rp 900.000
Pelatihan Jurnalistik Dispersip Tanbu Dukung Gagasan Pembangunan Andi Rudi Latif
Yulian Herawati: Terima Kasih Dedikasi dan Loyalitas ASN
Tanah Bumbu Terima 2 Penghargaan Pos Satlinmas dan Pos Kamling dari Gubernur Kalsel
Berikan Hibah, Bupati Tanah Bumbu Terima Penghargaan di acara HUT ke-75 Polairud
BPBD Tanah Bumbu Siap Siaga Jelang Puncak Musim Hujan Desember-Januari

Berita Terkait

Kamis, 4 Desember 2025 - 22:16 WIB

Gelar FGD Tanah Bumbu Upaya Optimasi dan Inovasi Capaian PAD

Kamis, 4 Desember 2025 - 12:38 WIB

Wisuda Sekolah Lansia, Erli: Wujud Ketahanan Keluarga

Rabu, 3 Desember 2025 - 23:20 WIB

8.003 KK di Tanah Bumbu Terima BLTS Rp 900.000

Rabu, 3 Desember 2025 - 13:53 WIB

Pelatihan Jurnalistik Dispersip Tanbu Dukung Gagasan Pembangunan Andi Rudi Latif

Rabu, 3 Desember 2025 - 13:13 WIB

Yulian Herawati: Terima Kasih Dedikasi dan Loyalitas ASN

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Gelar FGD Tanah Bumbu Upaya Optimasi dan Inovasi Capaian PAD

Kamis, 4 Des 2025 - 22:16 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Bahaya Konten Negatif, TP PKK Kotabaru Berikan Bina Pola Asuh Remaja

Kamis, 4 Des 2025 - 22:09 WIB