Al Husain Mardani Gagas Satu Portal untuk Semua Layanan

- Editor

Sabtu, 9 Agustus 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menurut Al Husain latar belakang dari adanya Inovasi BerAksi Smart Service “Satu Portal Semua Layanan” disebabkan pelayanan publik di Kabupaten Tanah Bumbu belum efesien dan tidak terpusat dalam satu portal layanan. Sehingga menyebabkan kebingungan masyarakat dan inefesiensi birokrasi.

Munculnya gagasan tersebut karena banyaknya aplikasi yang tidak terintegrasi, kemudian lemahnya arsitektur SPBE dan system interoperabilitas antar aplikasi, rendahnya literasi digital ASN dan masyarakat, serta minimnya monitoring dan pelaporan layanan digital secara real-time.

“Sehingga memerlukan inovasi agar cukup satu portal saja untuk semua layanan,” ucap Al Husain, Jumat (8/8/2025) di Batulicin.

Ia menyebutkan bahwa saat ini ada 27.000 aplikasi layanan aktif secara nasional, Sebagian besar berjalan sendiri-sendiri (silo). Kemudian, indeks SPBE Tanah Bumbu 3,3 (kategori baik) masih jauh dari target ideal yakni lebih dari 4,0. Juga belum terintegrasinya 15 layanan utama antar OPD.

Jika masalah tersebut tidak diselesaikan, sambung Al Husain, maka akan meningkatnya ketidakpercayaan publik terhadap layanan digital pemerintah, rendahnya efesiensi kerja birokrasi digital, dan kesenjangan akses pelayanan dan resistensi terhadap budaya digital.

Sehingga diperlu solusi inovatif BerAksi Smart Service ‘Satu Portal Semua Layanan,’ yaitu dengan melakukan pengembangan portal layanan BerAksi Smart Service (Web dan Mobile), mengintegrasikan 15 layanan utama sebagai prioritas awal, kemudian menyusun Perbup dan pedoman teknis penggunaan BerAksi Smart Service, pelatihan ASN dan sosialisasi ke masyarakat, kolaborasi PPP dengan pihak swasta dan universitas, serta melakukan branding dengan slogan ‘Satu Portal, Semua Layanan.’

Baca Juga :  Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Manfaat satu portal semua layanan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis digital, layanan cepat dan efesien, meningkatnya citra dan kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah, dan juga mewujudkan transformasi digital inklusif dan berkelanjutan.

Ia berharap inovasi BerAksi Smart Service ini dapat segera terwujud dan masyarakat juga semakin mudah mengakses layanan secara efesien. (MAS)

📢 Bagikan artikel ini:

💡 Tips: Pilih style "Minimal" untuk tampilan thumbnail terbaik di WhatsApp

🖼️ Share Dengan Thumbnail

📱 Share Simple 🔥 Share Unique ⭐ Share Premium
🎯 Pilih style yang sesuai kebutuhan Anda

Berita Terkait

Tanah Bumbu Bershalawat Respon Kebutuhan Masyarakat Sehat
Andi Rudi Latif Dukung Langkah Kadiskominfosp Wujudkan Smart Service
Satpol PP Tanbu dan Damkar Tampil Lebih Ramah di Tengah Masyarakat
Rakoor Hadapi Karhutla, Bupati Tanbu: Momentum Satukan Visi dan Strategi
Bupati Tanbu Tutup Pelatihan PKP Angkatan III 2025
Rapat TPK2D Sorot Kualitas Keluarga di Desa Pulau Tanjung
BPBD Tanbu Salurkan Batuan Musibah Kebakaran di Desa Pulau Tanjung
Kolaborasi OPD Manfaatkan Data Penduduk Tanah Bumbu Wujukan Visi 2025-2030

Berita Terkait

Sabtu, 9 Agustus 2025 - 13:41 WIB

Tanah Bumbu Bershalawat Respon Kebutuhan Masyarakat Sehat

Sabtu, 9 Agustus 2025 - 12:55 WIB

Andi Rudi Latif Dukung Langkah Kadiskominfosp Wujudkan Smart Service

Sabtu, 9 Agustus 2025 - 02:35 WIB

Al Husain Mardani Gagas Satu Portal untuk Semua Layanan

Kamis, 7 Agustus 2025 - 16:30 WIB

Rakoor Hadapi Karhutla, Bupati Tanbu: Momentum Satukan Visi dan Strategi

Kamis, 7 Agustus 2025 - 14:07 WIB

Bupati Tanbu Tutup Pelatihan PKP Angkatan III 2025

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Bershalawat Respon Kebutuhan Masyarakat Sehat

Sabtu, 9 Agu 2025 - 13:41 WIB

Tanah Bumbu

Al Husain Mardani Gagas Satu Portal untuk Semua Layanan

Sabtu, 9 Agu 2025 - 02:35 WIB