Fraksi PKB Minta Prioritaskan Masyarakat Dibandingkan Belanja Kebutuhan Birokrasi

- Editor

Selasa, 10 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Fraksi PKB meminta pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu agar memprioritaskan kebutuhan masyarakat seperti kesehatan, perekonomian, sosial, dibandingkan kebutuhan belanja birokrasi, Senin (9/10/2023).

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melalui Juru Bicaranya Haris Fadillah mengapresiasi Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daeran (RAPBD) yang ditandatangani oleh eksekutif dan legislatif, namun Fraksi PKB memberikan beberapa catatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Belanja dalam APBD tahun 2024 direncanakan Rp 2.625.283.540.226, jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2023, setelah pembahasan, sebesar Rp 2.268.177.675.120 atau dapat dikatakan belanja daerah mengalami kenaikan, sehingga Fraksi PKB mempertanyakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai kenaikan belanja tersebut.

Kedua, Fraksi PKB menyampaikan agar belanja daerah mendahulukan efisiensi belanja kebutuhan masyarakat, karena menurutnya, belanja kebutuhan masyarakat harus menjadi prioritas dibandingkan kebutuhan birokrasi. Untuk itu, Fraksi PKB meminta agar memenuhi hak masyarakat di bidang kesehatan dan kesejahteraan, yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga :  HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu

Ketiga, berkaitan dengan target pendapatan tahun 2023 dengan target pendapatan 2024, Fraksi PKB menyebut mengalami penurunan 6,85 persen, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan pendapatan.

“Kami Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa kepada Pemerintah Daerah agar melakukan pemetaan dan basis data untuk mendapatkan data yang akurat dan terkini, dalam menyusun program strategi pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu,”

Untuk menjadikan sektor unggulan sehingga dapat memberikan dampak ekonomi dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Keempat, terkait penurutan target PAD, Fraksi PKB menilai perlu menyikapi dengan meningkatkan pelayanan pajak dan retribusi, dan upaya pelayanan menggunakan system dan digitalisasi, dan harus disosialisasikan kepada masyarakat umum.

Baca Juga :  Fawahisah Apresiasi Liga Super SAS 2022

Fraksi PKB juga menyarankan agar anggaran difokuskan pada RPJMD sesuai visi misi membangun Tanah Bumbu yang unggul, maju, mandiri, relijius, dan demokratis.

Serta perencanaan kegiatan tersusun secara cermat dan terukur agar tetap mengacu pada program-program prioritas sebagai respon terhadap tantangan di bidang kesehatan, pemulihan ekonomi, sosial, dan sebagainya.

Terakhir, Fraksi PKB meminta Pemerintah Daerah agar pada tahap pembahasan RAPBD, dilakukan secara transparan, professional, dan mengedepankan kepentingan Masyarakat.

Rapat paripurna dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD ini dihadiri Sekretaris Daerah Ambo Sakka, Kepala SKPD, Anggota DPRD, para undangan, dan dipimpin Said Ismail Kholil Alaydrus, disaksikan Ketua DPRD Andrean Atma Maulani. (MAS)

Berita Terkait

Khawatir Silpa Bengkak, Golkar Minta SKPD Cepat Tanggap
Fraksi Gerindra Harap Eksekutif Perhatikan Perencanaan Sesuai Harapan Rakyat
PDIP Harap Eksekutif Ketat dalam Gunakan Anggaran
Fraksi Gabungan PAN-NasDem Harap Eksekutif Fokus Kebutuhan Aktual Masyarakat
Wakil Ketua DPRD Bangga Desa Batulicin Irigasi Masuk 50 Desa Wisata Terbaik
Fraksi PKB Minta Pemda Tanbu Monitoring Program Agar Tepat Sasaran
Bupati Tanbu Apresiasi Raperda Inisiatif Dewan terkait Pengembangan Kewirausahaan
DPRD dan Pemkab Tanbu Tandatangani Perubahan Propemperda
Berita ini 117 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 9 Agustus 2024 - 16:35 WIB

Khawatir Silpa Bengkak, Golkar Minta SKPD Cepat Tanggap

Jumat, 9 Agustus 2024 - 15:46 WIB

Fraksi Gerindra Harap Eksekutif Perhatikan Perencanaan Sesuai Harapan Rakyat

Jumat, 9 Agustus 2024 - 15:24 WIB

PDIP Harap Eksekutif Ketat dalam Gunakan Anggaran

Jumat, 9 Agustus 2024 - 15:04 WIB

Fraksi Gabungan PAN-NasDem Harap Eksekutif Fokus Kebutuhan Aktual Masyarakat

Jumat, 9 Agustus 2024 - 11:12 WIB

Wakil Ketua DPRD Bangga Desa Batulicin Irigasi Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

Berita Terbaru

Khazanah

Ini Obat Ampul Bila Kolesterol Naik

Sabtu, 7 Sep 2024 - 08:08 WIB

Kalsel

Gubernur Kalsel Lepas Kafilah MTQN ke Samarinda

Jumat, 6 Sep 2024 - 15:44 WIB