Perjuangan Inovasi Buka Usaha Snack Factory

- Editor

Selasa, 10 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

CIAMIS, Goodnews.co.id – Dadan Ramdhani, seorang wirausaha produk makanan dengan usahanya yang bernama Snack Factory, cerita inspiratif mengenai perjuangan, inovasi, dan ketekunan darinya dapat kita jadikan motivasi dalam menjalankan bisnis.

Dadan lahir dari keluarga sederhana di Kabupaten Ciamis, ayahnya adalah pedagang kerupuk di Bekasi, dan ibunya adalah ibu rumah tangga yang juga menjalankan usaha kecil-kecilan.

Saat berusia 26 tahun, Dadan memulai perjalanannya di dunia wirausaha meski dengan latar belakang keluarga yang sederhana, disitu ia berhasil mengubah tantangan menjadi kesuksesan dengan bisnisnya.

Kisahnya menjadi bukti nyata bahwa dengan semangat juang tinggi dan usaha yang tak kenal lelah, maka impian besar untuk menjadi sukses dapat diwujudkan, intinya jangan pernah menyerah dalam keadaan adapun.

Awal mula Dadan mendirikan Snack Factory dipicu oleh keinginannya untuk meraih kesuksesan dan meningkatkan derajat keluarganya, dengan tekad kuat dan visi untuk menjadi sukses, Dadan memutuskan untuk memanfaatkan peluang di industri makanan ringan, yang kemudian dikenal sebagai Snack Factory.

Sebagai wirausaha produk makanan ia memilih industri F&B khususnya makanan ringan karena melihat potensi yang besar serta kesempatan untuk berkreasi pada produk, Snack Factory selalu menawarkan berbagai jenis makanan ringan, seperti keripik kaca dan basreng (baso goreng) sebagai produk andalannya.

Baca Juga :  Ayo Bisnis, Buka Usaha Tak Perlu Modal Besar

Dadan selalu serius dalam mengembangkan bisnisnya, salah satu pemicu yang menjadi kunci mendorong bisnisnya adalah ketika produknya mendapatkan autensi besar melalui platform media sosial TikTok, di mana video salah satu produknya menjadi viral dan menyebabkan lonjakan orderan hingga 800kg dalam sehari.

Keberhasilan ia dapatkan dengan kemampuannya untuk belajar dari setiap pengalaman, baik itu saat ia bekerja setelah lulus SMK, menjalankan usaha kecil-kecilan, hingga akhirnya setelah lulus kuliah ia sepenuhnya berfokus pada usaha makanan yaitu Snack Factory.

Kesuksesan Snack Factory tidak hanya berdampak pada perbaikan ekonomi keluarganya, tapi juga memberikan Dadan platform untuk membantu dan menginspirasi orang lain, khususnya para pemuda di desanya, untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka sendiri.

Dalam kesuksesannya Dadan mengatakan beberapa hal sebagai syarat untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis, khususnya usaha makanan, yaitu:

Pertama, maksimalkan penggunaan media sosial, karena dengan teknik pemasaran online khususnya di TikTok maka produk kita dapat dikenal luas oleh banyak orang.

Baca Juga :  Untuk Kemudahan Kelola Adminstrasi Pegawai, BKPSDM Tanbu Luncurkan Aplikasi Silppa

Kedua, tetap menjaga kualitas dan konsisten terhadap produk kita, karena itu sangat berpengaruh terhadap konsumen yang telah menggunakan produk kita, dan tentunya jangan mengubah rasa, dan kualitas.

Ketiga, kita dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk periklanan dan pemasaran produk kita, contohnya dengan bantuan content creator atau influencer, apalagi jika viewer atau pengikut nya banyak, maka lebih mudah produk kita dikenali banyak orang.

Keempat, usahakan mendapat ide baru atau inovasikan produk kita, karena tidak hanya dengan produk namun juga perlu kemasan yang unik, karena dengan demikian usaha kita menghasilkan kan berbagai macam produk, dapat membuat konsumen penasaran dan tertarik ingin mencoba produk-produk tersebut.

Kelima, untuk menarik banyak pelanggan diperlukan juga sebuah event online, seperti even diskon atau even berhadiah setiap membeli produk kita, namun perlu diperhatikan juga tanggal dan batas untuk event produk kita agar tidak membuat rugi nantinya. (IKM)

Berita Terkait

Dagu Berlipat Bikin Wajah Gemuk
Tanda-tanda Kerusakan Sepeda Motor dari Penilaian Suaranya
Bunyi Krek-krek Mobil Bikin Tak Nyaman
Negara-negara Penghasil Daging Ayam Terbesar Dunia
Agus Pilih Ternak Ayam Kampung Karna Tak Butuh Banyak Perawatan
Kasadi Fokus Bisnis Ayam Kampung
Pengusaha Indonesia Inspirasi Generasi Muda
Andrew Susanto Jual Barang Elektronik Murah
Berita ini 36 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 1 Oktober 2024 - 16:59 WIB

Dagu Berlipat Bikin Wajah Gemuk

Senin, 23 September 2024 - 05:59 WIB

Tanda-tanda Kerusakan Sepeda Motor dari Penilaian Suaranya

Senin, 23 September 2024 - 05:52 WIB

Bunyi Krek-krek Mobil Bikin Tak Nyaman

Rabu, 11 September 2024 - 21:23 WIB

Negara-negara Penghasil Daging Ayam Terbesar Dunia

Rabu, 11 September 2024 - 21:11 WIB

Agus Pilih Ternak Ayam Kampung Karna Tak Butuh Banyak Perawatan

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Berikan Penghargaan kepada 10 Komunitas Literasi

Kamis, 17 Okt 2024 - 20:07 WIB

Tanah Bumbu

Dinsos Tanbu Sosialisasi Bantuan Rehab Rumah

Kamis, 17 Okt 2024 - 16:18 WIB

Tanah Bumbu

BPBD Tanbu Mulai Kaji Risiko Bencana 2025-2030

Kamis, 17 Okt 2024 - 14:51 WIB

Tanah Bumbu

Dkumdagri Tanbu Luncurkan Fasilitas Tera Ulang Tangki Ukur Mobil

Kamis, 17 Okt 2024 - 11:08 WIB