Transformasi Perpustakaan, Kini Dispersip Tanbu Tak Hanya Pinjamkan Buku

- Editor

Kamis, 13 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Perpustakaan kini tak lagi hanya menjadi tempat meminjam buku, tetapi telah bertransformasi memajukan literasi dan keterampilan masyarakat dengan segala fasilitas yang dimiliki.

Perpustakaan Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi salah satu daerah telah mencapai transformasi tersebut. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Tanah Bumbu, Julia Rahmadani melalui Sekretarisnya Muhammad Saleh, menyampaikan perpustakaan sekarang ini mengalami transformasi. Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat meminjam buku tetapi menjadi tempat pelatihan keterampilan.

Muhammad Saleh mengungkapkan harapan, agar ke depan dengan meningkatnya literasi, seseorang juga mampu memproduksi produk barang dan jasa, serta kemampuan skill di bidang tertentu, sehingga menjadi produktif.

Perpustakaan menjadi kunci kemajuan peradaban sebagai pusat ilmu pengetahuan, melahirkan novasi, pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan pusat kebudayaan untuk pelestarian khazanah naskah nusantara. Karenanya, perubahan peran perpustakaan menjadi hak inklusif masyarakat untuk mencapai kesejahteraan melalui literasi.

”Saat ini Dispersip juga melakukan pembinaan pada perpustakaan di desa, Kecamatan, dan sekolah, dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat. Hal yang menjadi nilai adalah bagaimana akses layanan perpustakaan, apakah bisa terlayani sesuai standar sehingga Dispersip melakukan pembinaan supaya perpustakaan-perpustakaan di Tanah Bumbu sesuai standar atau terakdretasi jadi dilakukan pelatihan-pelatihan tersebut,” tambah Muhammad Saleh.

Baca Juga :  Musrenbang Kecamatan Kuranji, Abah Zairullah Ingatkan 4 Pilar Pembangunan

Muhammad Saleh juga mengatakan, pihaknya berupaya mendorong urusan wajib pemerintah daerah, melalui bidang perpustakaan secara perjalanan waktu memang pihaknya sudah mendapat pengakuan dari Perpusnas sebagai perpustakaan yang terakreditasi di Kalsel.

”Kami mengundang kepada masyarakat, ayo manfaatkan fasilitas perpustakan, yang kami rasakan cukup mewah, disediakan dari Pemerintah. Ada taman bermain outdoor, indoor, studio mini untuk nonton bareng, juga disediakan buku-buku terkait teknologi tepat guna yang bisa menambah wawasan. Bagi warga yang tidak datang ke perpustakaan, silahkan buka aplikaai di playstore I Tanbu, di sana tersedia buku-buku digital sekitar 440 judul,” kata Muhammad Saleh.

Baca Juga :  22 Nelayan Tanah Bumbu Uji Tiru Kelola Ikan Nila

Sebelumnya, ia juga mengungkapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanah Bumbu telah menggelar kegiatan story telling di Yayasan Pendidikan Islam Syarif Abbas Batulicin dan TK Aisyiyah Bustanul Atfal 2 Kusan Hilir.

Menurut Muhammad Saleh, program story telling di Kabupaten Tanah Bumbu setiap tahun diadakan tergantung pada anggaran, jika anggarannya hanya 8 bulan maka hanya diadakan 8 kali dalam setahun.

Ia juga mengatakan, story telling secara berkala dilaksanakan di 12 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, dan menjadikan program unggulan dari Dispersip. Ia berharap program tersebut dapat dilaksanakan setiap tahunnya mengingat selalu mendapat sambutan antusian dari sekolah-sekolah.

”Story telling menjadi program rutin Dispersip, Dispersip datang ke sekolah yang merespon, biasanya digabungkan beberapa sekolah, dalam satu lingkungan ada TK dan PAUD,” kata Muhammad Saleh saat ditemui di Kantornya, Kamis (13/6/2024). (E)

 

Berita Terkait

Sempat Viral Muncul Buaya, Zairullah Jelaskan Pantai Pagatan Aman
Wahyu Windarti Bahagia Siswa PAUD dan TK Ikut Jelajah Literasi
Kerjasama Kementerian, Zairullah Azhar Buka Bimtek Pembenihan Ikan Patin
Bupati Tanbu Berikan Penghargaan kepada 10 Komunitas Literasi
Dinsos Tanbu Sosialisasi Bantuan Rehab Rumah
BPBD Tanbu Mulai Kaji Risiko Bencana 2025-2030
Dkumdagri Tanbu Luncurkan Fasilitas Tera Ulang Tangki Ukur Mobil
Giliran Pegawai Dkumdagri Tanbu Jalani Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular
Berita ini 47 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 20 Oktober 2024 - 04:20 WIB

Sempat Viral Muncul Buaya, Zairullah Jelaskan Pantai Pagatan Aman

Jumat, 18 Oktober 2024 - 20:23 WIB

Wahyu Windarti Bahagia Siswa PAUD dan TK Ikut Jelajah Literasi

Kamis, 17 Oktober 2024 - 20:39 WIB

Kerjasama Kementerian, Zairullah Azhar Buka Bimtek Pembenihan Ikan Patin

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:18 WIB

Dinsos Tanbu Sosialisasi Bantuan Rehab Rumah

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:51 WIB

BPBD Tanbu Mulai Kaji Risiko Bencana 2025-2030

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Sempat Viral Muncul Buaya, Zairullah Jelaskan Pantai Pagatan Aman

Minggu, 20 Okt 2024 - 04:20 WIB

Tanah Bumbu

Wahyu Windarti Bahagia Siswa PAUD dan TK Ikut Jelajah Literasi

Jumat, 18 Okt 2024 - 20:23 WIB