Wali Kota Banjarmasin Targetkan Trofi Adipura 2024

Avatar photo

- Editor

Kamis, 13 April 2023 - 16:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARMASIN, Goodnews.co.id – Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berharap Trofi Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dapat diraih kembali tahu 2024.

Hal itu diungkapkan dalam rapat koordinasi Tim Gugus Tugas Gerakan nasional Revolusi Mental Tahun 2023 di ruang Kayuh Baimbai, Rabu (12/4/2023).

Tahun 2023 ini, Kota Banjarmasin tidak lagi memperoleh Trofi Adipura karena hasil penilaian menunjukkan terdapat penurunan nilai satu tingkat sehingga hanya memperoleh Sertifikat Adipura.

Baca Juga :  Parah, Sampah di Banjarmasin Bikin Patah Tulang Bahu Pengendara

Padahal Kota Banjarmasin sebelumnya selalu mendapatkan Trofi Adipura 4 kali secara berturut-turut dari tahun 2015, 2016, 2017, 2018. Kemudian selama 2 tahun masa pandemi Covid-19 tak ada penilaian.

Penilaian kembali tahun 2022, Kota Banjarmasin tidak memperoleh Trofi Adipura di tahun 2023. Hanya Kota Balikpapan yang tetap mendapatkan Trofi Adipura.

“Tapi kita tak boleh berkecil hati, karena banyak kota lain yang setara Kota Banjarmasin yang juga untuk tahun ini lepas dari penghargaan Trofi Adipura. Kita tak boleh menyalahkan siapa-siapa, tetapi ayo secara bersama-sama kembali meraih penghargaan itu tahun 2024 mendatang,” katanya.

Baca Juga :  Ibnu Sina Serahkan Santunan Rp 357 Juta

Dari 20 penilaian adipura tahun 2022 lalu, terdapat tiga diantaranya yang tidak dimiliki oleh Kota Banjarmasin, yaitu stasiun kereta api, bandar udara, dan wisata pantai.

Hadir dalam pertemuan tersebut, mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Hamdi, memberikan pendapat agar dibentuk tim kecil untuk pemenangan adipura.

Baca Juga :  Pemkab Tanbu Siapkan Pasukan Siaga Bencana

“Kalau perlu bentuk tim kecil pemenangan adipura yang bukan saja kalangan pejabat lingkup Banjarmasin tetapi melibatkan semua unsur, seperti perguruan tinggi, dan tokoh masyarakat,” katanya.

Secara terbuka Ibnu Sina menyampaikan bahwa memang masih banyak persoalan yang sedang dihadapi Kota Banjarmasin, diantaranya bagaimana mengajak pelaku Usaha Kecil dan Menengah agar tidak lagi memanfaatkan kemasan plastik yang dapat meningkatkan produksi sampah. (MAS)

Berita Terkait

Parah, Sampah di Banjarmasin Bikin Patah Tulang Bahu Pengendara
Sekdako Banjarmasin: Inovasi untuk Lebih Memudahkan
Kota Banjarmasin Luncurkan Aplikasi Parak Acil Online dan Bakujuk
Workshop Kehumasan: Jaga Etika Penulisan Berita
Predikat Terbaik, Pemko Banjarmasin Cepat Tanggap Aduan
Kota Banjarmasin Target PAD Naik dari Bayar Parkir
Canggih, Wali Kota Banjarmasin Launching CT Scan 128 Slices
Walikota Banjarmasin Resmikan Puskesmas Mantuil
Berita ini 102 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB