Tantangan Tahun 2025: Bappelitbang Harap SKPD Siapkan Strategi Hadapi Masalah

Avatar photo

- Editor

Jumat, 23 Februari 2024 - 16:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pembangunan Tanah Bumbu tahun 2025 menghadapi tantangan cukup besar berdasarkan masalah yang dirangkum Bappelitbang.

Paparan Bappelitbang Kabupaten Tanah Bumbu dalam acara Diskusi Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2025, terungkap hasil evaluasi pembangunan, menyisakan 9 masalah utama.

Yaitu 1) Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rendah akibat rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah, 2) indeks keparahan kemiskinan masih tinggi, 3) pengangguran akibat tidak seimbang antara lapangan kerja dengan pencara kerja.

Baca Juga :  Zairullah Azhar: Sebut Yatim, Ada Sentuhan Dahsyat dari Allah

Selanjutnya, 4) daya saing tenaga kerja rendah, 5) tatanan sosial madani belum optimal, 6) pertumbuhan ekonomi belum inklusif dan rendahnya investasi di sektor sekunder dan tersier.

Kemudian, 7) kualitas dan kuantitas infrastruktur belum optimal, khususnya infrastruktur dasar, 8) pembangunan dengan nilai ekologi belum optimal, 9) kinerja pengelolaan Pemerintah Daerah belum optimal.

Oleh karena itu, isu strategus pembangunan Tanah Bumbu tahun 2025 adalah peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi, peningkatan infrastruktur, pembangunan berwawasan lingkungan, kinerja pengelolaan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga :  DPRD Serahkan 17 Rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Tanbu

Banyak masalah yang dirangkum oleh Bappelitbang, oleh karena itu, Bappelitbang berharap setelah Diskusi Konsultasi Publik, dapat dilanjutkan pembahasan secara detail pada forum Musrembang dan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Kepala Bidang P2EPD Bappelitbang Tanah Bumbu, Abdul Malik, menyampaikan agar dinas mengundang stakeholder terkait untuk memberikan masukan secara detail.

Baca Juga :  Pidato Kenegaraan Jokowi Muncul Sebutan Fir'aun

“Kami sudah diskusi dengan Bupati, Bupati meminta SKPD menyiapkan strategi untuk menyikapi semua masalah yang kami rangkum,” ucap Abdul Malik mendampingi Kepala Badan Bappelitbang Tanah Bumbu, Anwar Sadat, (20/2/2024).

Dalam forum Diskusi Publik di Pendopo Serambi Madinah ini, Bappelitbang mengundang jajaran Pemerintah Daerah, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Camat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). (MAS)

Berita Terkait

Sekretariat DPRD Tanbu Pamerkan Kegiatan, Tugas Pimpinan, dan Anggota DPRD
Banggar Tanbu Bahas 10 Rekomendasi LKPj dan Akan Memanggil Dinas Terkait
Pesta Pantai Pagatan, Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kemandirian UMKM
Mappanre ri Tasi’e, Said Ismail: Adat Harus DiJaga
DPRD Tanbu Sampaikan Arahan RPJPD 2025-2045
Wakil Ketua DPRD Kunjungi Stand Pameran Expo Mappanre ri Tasi’e
Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023
HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu
Berita ini 75 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB