Home / Tanah Bumbu

Rabu, 4 Januari 2023 - 14:17 WIB

Tanbu Kirim Peserta Pelatihan Tata Boga, Rias, dan Menjahit

TANAH BUMBU – Salah satu pilar pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menuju Serambi Madinah memberikan pelatihan untuk meningkat Sumber Daya Manusia. Melalui Dinas Sosial, pemerintah mengirim peserta mengikuti pelatihan di Banjarbaru.

Pelatihan pelatihan yang diberikan kepada peserta diantaranya pelatihan menjahit, tata rias, komputer, dan otomotif.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Kepala Dinas Sosial Basuni melepas peserta pelatihan di halaman Kantor Dinas Sosial Tanah Bumbu Kelurahan Gunung Tinggi, Batulicin, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga :  Pemuda Tanbu Ikuti Pelatihan Penggerak Pembangunan¬†

“Alhamdulillah hari ini Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial kembali mengirim sebanyak delapan orang peserta Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari untuk wanita rawan sosial ekonomi dan tuna sosial yang pesertanya laki-laki dan perempuan usia 18-49 tahun,” katanya.

Selain peserta Panti Rehabilotasi Sosial Tuna Sosial, Dinsoso juga mengirim ke Panti Perlindungan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria bagi remaja usia 14-17 tahun putus sekolah.

Pelatihan tersebut merupakan program rutin tahunan yang selalu dikirim kepesertaannya oleh Dinsos sebanyak dua kali dalam setahun.

Baca Juga :  Haul Pendiri Kerajaan Sebamban, Pangeran Syarif Ali

Peserta yang mengikuti pelatihan mulai diseleksi pada bulan Mei dan November dan pemberangkatan pada bulan Juli dan Januari.

Periode ini, kata Basuni, peserta yang mendaftar sebanyak 37 orang dan lolos seleksi sebanyak 8 orang dan mereka akan mendapat pelatihan selama 6 bulan.

“Peserta yang lolos seleksi merupakan hasil seleksi yang dipilih langsung oleh panti penyelenggara pelatihan. Dinas Sosial Tanah Bumbu tidak berwenang memutuskan peserta dan hanya memfasilitasi proses seleksi,” ujarnya.

Baca Juga :  Masuk Surga Karena Kasih Sayang

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berharap hasil mengikuti pelatihan dapat meningkatkan skill yang mempengaruhi perekonomiam kelurga dan meningkatkan kesejahteraan.

Ia pun menitip pesan kepada semua peserta pelatihan agar sungguh-sungguh mengikuti pelantihan.

“Tolong ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, disiplin, dan syukuri. Mudah-mudahan ilmu yang didapat nanti mampu meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Basuni kepada calon peserta pelatihan tata boga, tata rias, dan menjahit. (MAS)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Terima Kunjungan Komisi IV DPRD Kutai Kartanegara

Tanah Bumbu

Dinas KUMPP Tanbu Tambah Usulan Kewenangan Unit Metrologi Legal

Tanah Bumbu

Zairullah: Berdosa Tidak Memperhatikan Mereka

Tanah Bumbu

7 Koperasi Terbaik di Tanah Bumbu Terima Penghargaan

Tanah Bumbu

Lokasi Air Terjun Balahiu Bakal Jadi Hutan Wisata

Tanah Bumbu

Penajaman Indikator Serambi Madinah pada RPJMD Tanah Bumbu 2021-2026

Tanah Bumbu

Bimtek SPPFBT 17 Desa Upaya Hindari Konflik Pertanahan

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Monitoring 3 Kecamatan Lakukan Vaksinasi