Rakor Kecamatan Karang Bintang Siapkan Program memakmurkan 1 Masjid 1 Desa

- Editor

Kamis, 30 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan implementasi memakmurkan 1 masjid 1 desa di Kantor Kecamatan Karang Bintang dihadiri SKPD, Tim Percepatan Pembangunan Daerah, dan perangkat pemerintah desa-desa.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar telah merancang peluncuran program memakmurkan 1 masjid 1 desa di bulan Juli 2022, sehingga perlu melakukan persiapan di tingkat kecamatan dan desa-desa.

Diantara catatan penting dalam rapat koordinasi tingkat kecamatan adalah melakukan verifikasi program unggulan desa di masjid, pendataan siswa-siswa yang akan memakmurkan masjid by name by address, dan pendataan kebutuhan sarana. Rapat koordinasi ini dilakukan serentak di 12 kantor kecamatan.

Verifikasi kegiatan di masjid menuju Serambi Madinah
Verifikasi kegiatan di masjid menuju Serambi Madinah

Salah satu Kantor kecamatan yang diliput media goodnews.co.id adalah Kantor Kecamatan Karang Bintang, dalam pertemuan tersebut, hadir 7 orang Staf Khusus Bupati sebagai pembina desa, 13 SKPD, dan 14 desa binaan.

Camat Karang Bintang Syafrudin menjelaskan, pertemuan tersebut terkait persiapan desa melaksanakan kegiatan keagamaan di masjid sebagai wujud implementasi Serambi Madinah.

Baca Juga :  Dispersip Kelola Data Arsip Statis Pemekaran Desa

“Tujuan utama kegiatan ini adalah memakmurkan masjid dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan,” kata Syafrudin Camat Karang Bintang. (29/6/2022).

Tim Pembina kegiatan masjid di desa-desa, H. Abdul Rasyid, mempertajam bahwa program memakmurkan 1 masjid 1 desa adalah salah satu wujud dari visi Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menjadikan Tanah Bumbu yang religius.

Sedangkan Akram Sadli, juga dari Tim Pembina desa, mengungkapkan landasan kegiatan memakmurkan masjid dilaksanakan, yaitu agar Tanah Bumbu menjadi aman, damai, sejahtera, dan mendapatkan keberkahan dari langit dan dari bumi.

“Kalau sekiranya suatu penduduk negeri itu beriman dan bertakwa maka pasti akan kami (Allah) limpahkan berkah kepada mereka dari langit dan bumi,” kata Akram Sadli mengutip al-Qur’an surah al-A’raf ayat 96.

Baca Juga :  162 Orang Ikuti Bimtek Penataan Kearsipan

Allah turunkan keberkahan dari langit, kata Akram Sadli, berupa cuaca alam, hujan, panas, sehingga para petani, nelayan, bisa mendapatkan hasil usaha yang berlimpah kemudian Allah juga akan keluarkan keberkahan dari perut bumi, bisa seperti air, batubara, dan kekayaan alam lainnya yang dapat menghasilkan kesejahteraan masyarakat dan menaikkan pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, mengundang keberkahan dari langit dan bumi maka perlu melakukan ikhtiar, salah satunya adalah memakmurkan masjid.

“Berkah inilah yang sering disebut-sebut bapak Bupati Zairullah Azhar. Apa sih yang dicari di dunia ini, keberkahan saja, itu saja,” kata Muhammad Akram Sadli.

Sebagai tahapan awal memakmurkan masjid, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu akan memakmurkan sebanyak 171 masjid, jika program ini berjalan dengan baik maka akan berlanjut pada semua masjid yang ada di Tanah Bumbu. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 15 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB