Kalibrasi Alat dan Rencana Instalasi Tera Tangki Ukur Mobil

- Editor

Selasa, 8 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMPP) akan melakukan pengujian alat ukur, takar, timbangan, dan perlengkapannya di Tanah Bumbu dan berencana membangun instalasi pengukuran Tangki Ukur Mobil (TUM). Selasa (8/3/2022).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMPP), H. Deny Haryanto, menyatakan bahwa kunjungannya ke Direktorat Metrologi di Bandung dalam rangka pengambilan alat pengujian standar, yang telah dikalibrasi, alat tersebut akan digunakan oleh petugas untuk melaksanakan kegiatan kalibrasi atau uji alat-alat Ukur, Takar, Timbang, Pelengkapannya (UTTP).

Selama ini memang belum ada tempat kalibrasi alat UTTP di Kabupaten Tanah Bumbu. Keberadaan alat pengujian standar UTTP ini dapat melindungi konsumen dari transaksi dengan pelaku pengusaha.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, pasal 3 disebutkan bahwa tujuan perlindungan konsumen adalah:

Baca Juga :  Disdukcapil Tanbu Raih Kinerja Terbaik 1

Menghindarkan konsumen dari akses negatif pemakaian barang atau jasa. Menciptakan sistem perlindungan konsumen terhadap kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses mendapatkan informasi. Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha. Meningkatkan kualitas barang atau jasa guna menjamin keberlangsungan usaha produksi barang atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.

Deny mengungkapkan, Dinas KUMPP melalui UML akan melakukan pengujian pada semua peralatan UTTP di Tanah Bumbu menggunakan alat hasil kalibrasi Laboratorium Metrologi

Kunjungan Deny Haryanto juga disempatkan melakukan koordinasi dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) di Cimahi untuk mendaftarkan petugas dari Dinas KUMPP urusan Kemetrologian agar petugas mendapatkan prioritas mengikuti pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan kinerja petugas dalam melaksanakan tugas pada bidang kemetrologian.

Baca Juga :  Habib Ahmad Al-Habsyi: Bakhil, Orang Yang Tidak Bersholawat

Pelatihan yang akan diikuti oleh petugas adalah tera Tangki Ukur Mobil (TUM), Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, Petugas Pengawas Mass LPG.

“Insya Allah kita harapkan kita punya petugas yang sesuai Sertifikasi Keahlian tersebut. Dan dukungan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu cukup besar kepada Dinas KUMPP untuk mendapatkan dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022.” Harap Deny.

Dengan demikian, pelaksanaan tera TUM dapat dilaksanakan sendiri tahun 2023, sehingga dapat mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui retribusi kemetrologian juga akan meningkat” harapnya. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 30 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB