Fraksi PDIP Ingatkan Tidak Lagi Terjadi Kesalahan Laporan Keuangan

Avatar photo

- Editor

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mendengarkan Pamandangan Umum fraksi-fraksi atas pengajuan Rancangan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2023 di kantor DPRD Tanah Bumbu, Senin (21/8/2023).

Rapat paripurna dihadiri Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Asisten III Andi Aminuddin bersama Kepala-kepala SKPD, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Polres, Dandim 1022, Kejaksaan Negeri, Kementerian Agama, Perusda, dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Andrean Atma Maulani memimpin rapat paripurna dan didampingi Wakil Ketua I Said Ismail Kholil Alaydrus, Wakil Ketua II Agoes Rakhmady, masa sidang ke-2 rapat ke-33 tahun 2023.

Juru Bicara Fraksi PDIP, Abdul Rahim, sebelumnya mengucapkan terima kasih atas upaya pemerintah daerah dalam menyusun RAPBD Perubahan tahun 2023.

Baca Juga :  Pemkab Tanah Bumbu Siap Raih Penghargaan Adipura 2022

Setelah menyampaikan RAPBD Perubahan oleh pemerintah daerah maka Fraksi PDIP perlu menyampaikan Pemandangan Umum berkaitan dengan saran dan pertanyaan Fraksi PDIP terkait RAPBD Perubahan 2023.

Berdasarkan Nota Keuangan pada RAPBD Perubahan 2023 dan KUPA, kondisi keuangan umum daerah naik Rp 755.840.326.507 dari nilai sebelumnya, yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer, pendapatan lain-lain daerah yang sah.

Demikian juga dengan kondisi belanja, mengalami kenaikan yang terdiri dari belanja operasional, belanja modal, belanja tidak terduga, belanja transfer.

Fraksi PDIP menilai kenaikan anggaran yang sangat signifkan tersebut, ia menyarankan kepada Pemerintah Daerah untuk mengetatkan belanja daerah agar tepat guna dan tepat sasaran. Sehingga jika pendapatan yang tidak sesuai dengan target tidak menimbulkan utang pada APBD tahun berikutnya.

Baca Juga :  Kemenag: Aliran Tidak Sembahyang Jangan Diikuti

Selanjutnya ia menilai belanja mencapai 1 triliun lebih itu, tidak semua SKPD mengalami kenaikan. Berdasarkan sajian kelompok belanja atau pagu SKPD, terdapat beberapa SKPD mengalami penurunan belanja.

Sehingga ia meminta pemerintah daerah agar kembali melakukan pengecekan terhadap kegiatan SKPD tersebut, apalagi jika belanja tersebut merupakan kebutuhan masyakarat.

”Sehingga dampaknya akan merugikan masyarakat Tanah Bumbu karena ada kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan oleh SKPD,” kata Abdul Rahim.

Baca Juga :  Wakil Bupati Tanbu Pilih Shalat Ied di Daerah Pelosok

Ia pun meminta jika hal itu tidak dianggarkan pada anggaran perubahan, agar menjadi belanja prioritas pada tahun APBD tahun 2024.

Kemudian ia juga berharap agar pelaksanaan kegiatan dan pembayaran kegiatan menjadi perhatian, berhubungan dengan administrasi dan perhitungannya agar tidak terjadi kesalahan.

”Jangan sampai kejadian tahun 2022 kembali terulang dengan banyaknya temuan hasil BPK Perwakilan Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Secara umum, Fraksi PDIP bersepakat dan berkomitmen bahwa Raperda APBD Perubahan 2023, setuju segera masuk dalam tahap pembahasan lebih lanjut, dan berharap hasilnya akan memberikan dampak dan dapat dirasakan oleh masyarakat Tanah Bumbu. (MAS)

Berita Terkait

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Berita ini 120 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:46 WIB

Ketua Pers Indonesia: Dewan Pers Hanya Fasilitator Bukan Regulator

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:08 WIB

Dewan Pers Bukan Penyelenggara Tunggal UKW

Sabtu, 3 Desember 2022 - 09:09 WIB

Ini Daftar Gaji dan Tunjangan Paspampres

Kamis, 10 Juni 2021 - 01:33 WIB

Umar Nangis Melihat Rasulullah

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Tanah Bumbu

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB