Ernawati Apresiasi Prestasi Nasional Desa Purwodadi Raih Pamsimas Award 2021

- Editor

Minggu, 26 Desember 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dari Fraksi PDIP Hj. Ernawati mengapresiasi prestasi Desa Purwodadi meraih penghargaan Pamsimas Award 2021 kategori Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS). Minggu, (28/12/2021).

“Ini sebuah perjalanan prestasi yang luar bagi Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, mampu meraih penghargaan bergengsi Pamsimas Award 2021 kategori KPSPAMS,” Kata Hj. Erwanati, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang terpilih dari daerah pilihan (Dapil) Kecamatan Satui dan Angsana.

Erna sangat bangga bahwa desa yang ada di Tanah Bumbu mampu bersaing dengan desa-desa yang lain yang lebih dulu maju, ini akan memacu desa-desa bergerak menuju desa sejahtera dimana kebutuhan dasar dari sisi air dan sanitasi bisa tercukupi 100 persen. Ia menceritakan bahwa Tanah Bumbu ini baru berusia 18 tahun tapi sudah mampu menunjukkan prestasi-prestasi tingkat nasional.

Baca Juga :  Tanbu Terima Aset Hibah 2,1 Miliar di Komplek Perumahan

“Tentu ini kami sangat berbangga, kami mendorong desa-desa lain yang ada di Tanah Bumbu untuk berlomba-lomba memajukan desa,” katanya.

Presetasi yang diraih Desa Purwodadi Kecamatan Angsana merupakan penghargaan pencapaian 100 persen akses air minum dan sanitasi tahun 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia diteruskan kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah Provinsi Kalimatan Selatan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Ambo Sakka, menyerahkan kepada Gunadi Ketua Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) Desa Purwodadi di Kantor Bupati Tanah Bumbu Keluarahan Gunung Tinggi (13/12/2021).

Sebelumnya, pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pamsimas III 2021 tanggal 25 November di Audiotorium Kementerian PUPR RI Jakarta, dilakukan penyerahan penghargaan kepada para pemenang Pamsimas Award 2021, terdiri dari 3 kategori yaitu Kabupaten Terbaik, KPSPAMS Terbaik serta Tenaga Pendamping Pamsimas Terbaik. Menteri PUPR menjelaskan bahwa para pemenang tidak hanya diberikan piagam perhargaan saja tetapi juga diberikan program pamsimas tambahan.

Baca Juga :  DPRD Tanah Bumbu Apresiasi Penanganan Covid-19 Lebih Cepat

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa Program Pamsimas ini merupakan program inklusif yang melibatkan peran aktif masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pemeliharaan dan program tersebut akan dikelola oleh masyakarat melalui KPSPAMS.

Ia menambahkan bahwa ketersediaan air munim dan sanitasi sangat diperlukan dalam meningkatkan kesejahteraaan masyarakat, salah satu manfaatnya adalah dapat menekan angka kemiskinan dan stunting. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 98 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB