Ernawati Apresiasi Prestasi Nasional Desa Purwodadi Raih Pamsimas Award 2021

0
179

TANAH BUMBU – Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dari Fraksi PDIP Hj. Ernawati mengapresiasi prestasi Desa Purwodadi meraih penghargaan Pamsimas Award 2021 kategori Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS). Minggu, (28/12/2021).

“Ini sebuah perjalanan prestasi yang luar bagi Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, mampu meraih penghargaan bergengsi Pamsimas Award 2021 kategori KPSPAMS,” Kata Hj. Erwanati, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang terpilih dari daerah pilihan (Dapil) Kecamatan Satui dan Angsana.

Erna sangat bangga bahwa desa yang ada di Tanah Bumbu mampu bersaing dengan desa-desa yang lain yang lebih dulu maju, ini akan memacu desa-desa bergerak menuju desa sejahtera dimana kebutuhan dasar dari sisi air dan sanitasi bisa tercukupi 100 persen. Ia menceritakan bahwa Tanah Bumbu ini baru berusia 18 tahun tapi sudah mampu menunjukkan prestasi-prestasi tingkat nasional.

“Tentu ini kami sangat berbangga, kami mendorong desa-desa lain yang ada di Tanah Bumbu untuk berlomba-lomba memajukan desa,” katanya.

Presetasi yang diraih Desa Purwodadi Kecamatan Angsana merupakan penghargaan pencapaian 100 persen akses air minum dan sanitasi tahun 2021. Penghargaan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Cipta karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia diteruskan kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah Provinsi Kalimatan Selatan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Ambo Sakka, menyerahkan kepada Gunadi Ketua Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) Desa Purwodadi di Kantor Bupati Tanah Bumbu Keluarahan Gunung Tinggi (13/12/2021).

Sebelumnya, pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pamsimas III 2021 tanggal 25 November di Audiotorium Kementerian PUPR RI Jakarta, dilakukan penyerahan penghargaan kepada para pemenang Pamsimas Award 2021, terdiri dari 3 kategori yaitu Kabupaten Terbaik, KPSPAMS Terbaik serta Tenaga Pendamping Pamsimas Terbaik. Menteri PUPR menjelaskan bahwa para pemenang tidak hanya diberikan piagam perhargaan saja tetapi juga diberikan program pamsimas tambahan.

Baca Juga :  Inilah Penolong Saat Tidak Ada Bantuan

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa Program Pamsimas ini merupakan program inklusif yang melibatkan peran aktif masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pemeliharaan dan program tersebut akan dikelola oleh masyakarat melalui KPSPAMS.

Ia menambahkan bahwa ketersediaan air munim dan sanitasi sangat diperlukan dalam meningkatkan kesejahteraaan masyarakat, salah satu manfaatnya adalah dapat menekan angka kemiskinan dan stunting. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here