Budaya Renang di Pantai Pagatan

0
199

TANAH BUMBU – Sebelum matahari terbit di sebelah timur Bupati Tanah Bumbu Zairullah bersama sejumlah pejabat Pemerintah Daerah sudah berada di bibir pantai Pagatan.

Bupati Zairullah duduk di gazebo, mencicipi kue dan menyapa siapa pun yang ada di sekelilingnya, kemudian turun ke pantai berenang.

Semakin sering Bupati Zairullah berenang di pantai Pagatan semakin menambah daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk ikut berenang di pantai. warga yang tinggal di pesisir laut juga mulai ramai datang ke pantai berenang, disamping melihat Bupati Zairullah Azhar lebih dekat.

Byur..byur..byur, bila ada yang berenang tapi rambut belum basah biasanya ada saja yang menyemprot atau membasahi rambut kawannya.

Bagi para pejabat Pemerintah Daerah, berenang bersama Bupati di pantai, tidak hanya sebagai olah raga tetapi ajang silaturahmi, hiburan, dan mengakrabkan diri dengan sesama pejabat Pemerintah Daerah dan warga yang turut berenang di pagi hari.

Hari ini (Sabtu, 16/10/2022), sejumlah warga yang ikut berenang bersama Bupati lebih banyak, mungkin karena hari libur dan acara masak-masak sehingga menambah kemeriahan di pantai Pagatan.

Suasana pantai Pagatan
Suasana pantai Pagatan

Meski budaya baru di Tanah Bumbu Berenang dan berzikir saja tapi ada sesuatu yang luar biasa terjadi. yaitu, jika tidak ada halangan, Kamis depan, orang nomor satu di Indonesia ini akan datang ke Tanah Bumbu, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Pabrik Biodiesel PT. Jhonlin Agro Raya (JAS) yang memproduksi FAME (Fatty Acid Methyl Ester) di Tanah Bumbu.

Jarang-jarang ada Kabupaten seperti Tanah Bumbu yang sering didatangi oleh Presiden, kata Sekretaris Daerah Ambo Sakka.

Kembali ke soal renang, ternyata Nabi Muhammad pun menganjurkan berenang. Disebutkan dalam hadits, terdapat beberapa jenis olah raga yang dianjurkan Nabi, diantaranya berjalan cepat, lari, gulat, dan berenang.

Baca Juga :  Subhansyah: Selamat Hari Bakti ke 76 Sigap Membangun Negeri

Berenang menggerakkan semua anggota tubuh mulai dari kepala sampai kaki. Waktu yang tepat untuk berenang di pagi hari antara pukul 06:00 sampai pukul 07:00. Berikut 6 manfaat berenang.

Stafsus Bupati Tanah Bumbu diskusi disela olah raga renang
Stafsus Bupati Tanah Bumbu diskusi disela olah raga renang

Pertama, menjaga kesehatan jantung. Manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. penelitian menunjukkan olahraga renang meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen serta menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Kedua, membangun massa otot. Hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan di dalam air menyebabkan peningkatan kelenturan dan massa otot tubuh dan mengecilkan betis.

Ketiga, menurunkan berat badan. Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori sehingga berenang menjadi pilihan menurunkan berat badan.

Keempat, meningkatkan kualitas tidur.
Berenang dapat meningkatkan kualitas tidur. Cobalah berenang secara rutin agar tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Kelima, bagi yang punya masalah radang sendi. Berenang dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi. Penelitian menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

Keenam, mengatasi kondisi saraf terjepit.
Saraf terjepit menyebabkan sulit beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Lakukan olah raga renang, otot-otot punggung dan tulang belakang akan lebih santai dan rileks. Itulah penjelasan dari dr Sienny Agustin.

Satu lagi manfaat yang perlu diketahui oleh kaum pria, berenang disamping dapat meningkatkan performa gairah seks juga dapat mengobati disfungsi ereksi. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here