Baru Dilantik, Sekda Beri Tantangan IKMA Tanbu gelar Seminar

- Editor

Jumat, 19 Agustus 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka, memberi tantangan kepada IKMA Tanbu yang baru dilantik untuk menggelar seminar mengkaji ilmiah bersama Pemerintah Daerah.

“Sekali-kali hadirkan itu, yang ilmiah diseminarkan. Seperti diskusi ilmiah kah, bedah buku kah. Hadirkan di IKMA Tanah Bumbu itu,” kata Sekda Ambo Sakka di Ruang Rapat Bersujud, Kamis (18/8/2022) kemarin.

Diskusi ilmiah itu, lanjut Sekda, ini ilmunya luar biasa karena organisasi seperti ini yang dalam lingkup Tanah Bumbu diharuskan untuk responsive.

“Program kerja adik-adik sekalian disusun, itu nanti kolaborasi dengan Dinas terkait. Misalnya, kami ada bakti sosial sunatan massal pak. Ya sudah dengan Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Menanggapi akan tantangan tersebut, Ketua IKMA Tanbu, Ahmad Maulana mengatakan tantangan Sekda ini terdengar sesuatu yang baru dan sepengetahuannya selama di IKMA, belum pernah diadakan program semacam itu.

“Namun kami merasa terhormat, karena mendapat tantangan dari beliau dan tidak menutup kemungkinan bisa kami kolaborasikan dengan Pemerintah Daerah karena pak Sekda menyampaikan secara langsung, ini akan membuat kami IKMA Tanah Bumbu ini merasa lebih percaya diri dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah dan bisa kami konsep nanti di rapat kerja,” kata Maulana.

Baca Juga :  Pansus 3 DPRD Kukar Kunjungi Tanbu Terkait Insentif bagi Investor

Maulana menyebutkan, IKMA memiliki peran penting di masyarakat, salah satunya yakni membantu para mahasiswa dengan meringankan pembiayaan dalam perkuliahan.

“Peran IKMA itu secara tidak langsung sebenarnya membantu masyarakat, bagi yang sedang menjalani perkuliahan, baik itu di Tanah Bumbu sendiri atau diluar Tanah Bumbu yang masih dalam lingkup Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Dari hasil kepengurusan IKMA ini, lanjut Maulana memaparkan, telah tersedia asrama-asrama di daerah Banjarmasin dan Banjarbaru dimana disana terkenal dengan pusatnya perkuliahan di Kalimantan Selatan.

“Jadi, disana tersedianya asrama itu untuk bisa membantu mahasiswa dalam meringankan pengeluaran sehingga bisa lebih hemat. Berbeda dengan ngekos kan lebih mahal, sedangkan dengan berasrama bisa mengurangi pengeluaran. Nah, disitu membantu masyarakat bagi yang memiliki anak sedang berkuliah,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris IKMA Tanbu, Muhammad Ilham Fadlillah menyebutkan program-program kerja IKMA Tanbu yang akan dijalankan selama satu tahun kedepan.

Baca Juga :  Hanya 17 SKPD Tanah Bumbu Terima penghargaan Tata Kelola Kearsiapan

Adapun, secara garis besar IKMA Tanbu di kepungurusan ini, akan melaksanakan program kerja dimana berfokus membantu masyarakat Bumi Bersujud untuk jadi lebih baik.

“Nanti kami akan membuat sebuah proker pengabdian masyarakat, dalam proker itu kami akan mengusahakan untuk membantu masyarakat yang mana mengalami kesusahan,” kata Ilham.

Kemudian, IKMA Tanbu juga membuat semacam pelatihan, pelatihan ini untuk meningkatkan SDM di Tanah Bumbu. Meningkatkan skill, pengetahuan, serta wawasan.

“Ada juga berupa kajian dan informasi, nah disana kami akan melaksanakan proker semacam mengkaji suatu issu-issu terhangat di Tanah Bumbu dan issu itu akan kami sampaikan nanti di media sosial IKMA Tanah Bumbu untuk sebagai sarana informasi kepada masyarakat Tanah Bumbu,” tuturnya.

IKMA Tanbu berharap, kedepannya agar lebih dapat berkontribusi untuk membangun Tanah Bumbu yang lebih baik dan juga para mahasiswa Tanah Bumbu menjadi saling rekat antar sesama, solidaritas lebih ditingkatkan agar mudah dalam berkontribusi dan koordinasi dalam kepengurusan kali ini. (Jml)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 17 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB