Ambo Sakka: Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Menjadi Kebutuhan

Avatar photo

- Editor

Selasa, 12 Desember 2023 - 16:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANJARBARU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar workshop Penguatan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di aula Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan, Banjarbaru, 11-12 Desember 2023.

Workshop dibuka Bupati Tanbu Zairullah Azhar diwakili Sekda Ambo Sakka. Dalam sambutannya mengatakan menyambut baik pelaksanaan Workshop tersebut.

Ia mengatakan, Reformasi Birokrasi jadi kebutuhan ditengah dinamika kompleksitas global. Pada Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Tanbu dapat dilihat dari dua sisi.

Baca Juga :  Abah Zairullah Pesan 4 Hal di Musrenbang Kecamatan Kusan Tengah

Pertama dari sisi perencanaan, konteks Reformasi Birokrasi perlu peningkatan akselerasi tata kelola pemerintahan. Hal ini mendorong percepatan pencapaian pembangunan nasional umumnya dan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu khususnya.

Kedua pada sisi pelaksanaan, pengelolaan Reformasi Birokrasi perlu peningkatan agar bisa di rasakan masayarakat. Hal ini terkait kinerja konkret bagi masyarakat, pelayanan publik dan pengurangan kemiskinan.

Baca Juga :  Banjir di Desa Karang Rejo, BPBD Tanah Bumbu Serahkan Bantuan

Serta, Peningkatan investasi, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, seperti tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sedangkan SAKIP adalah integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Semuanya menjadi langkah konkret untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan akuntabel, sehingga diperlukan pengembangan dan penerapan yang tepat, jelas, dan terukur melalui SAKIP.

Ia berharap, para peserta dapat memahami penyelenggaraan reformasi birokrasi dan terlibat aktif dalam upaya peningkatan kemajuan pelaksanaannya pada Perangkat Daerah/Unit Kerja masing-masing dan memahami implementasi SAKIP khususnya perbaikan dalam perumusan dan penerapan SAKIP dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas dan predikatnya.

Baca Juga :  Sekda Tanbu Kukuhkan Kepanitiaan MTQ ke-18 Tingkat Kabupaten

Narasumber pada workshop yakni Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan KMP LAN Makassar, dan Koordinator Penjaminan Mutu SAKIP Provinsi Kalsel. (OA)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB