Abah Zairullah Pesan 4 Hal di Musrenbang Kecamatan Kusan Tengah

Avatar photo

- Editor

Kamis, 10 Maret 2022 - 21:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Abah Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kecamatan Kusan Tengah 2023 di Desa Saring Sungai Bubu. Kamis (10/3/2022).

Acara Musrenbang tingkat Kecamatan Kusan Tengah dihadiri anggota DPRD Tanah Bumbu, Kepala SKPD, Staf Khusus Bupati, Kepala Desa, dan tokoh masyarakat. Abah Zairullah menyampaikan sambutan dengan pesan 4 pondasi dasar pembangunan Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

Pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mulai bayi masih dalam kandungan ibunya, pemerintah daerah melakukan intervensi ibu hamil sampai anak mereka dewasa.

“Tolong (program usulan dalam Musrenbang) menjadi warna persoalan SDM. SDM ini yang akan menjadi penerus perjuangan kita.” Kata Abah Zairullah.

Sehingga yang harus diintervensi oleh pemerintah daerah adalah ibu hamil dan calon bayi yang ada dalam kandungan sampai anak tersebut dewasa dengan melibatkan ibu-ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dinas terkait.

“Oleh sebab itu PKK menjadi strategis, tolong PKK serius di sini, optimal, maksimal. karna ini akan menjadi amal jariyah yang luar biasa.” Kata Abah Zairullah.

Baca Juga :  Paman Birin Ingin Tarif Air Terjangkau bagi Masyarakat

Intervensi selanjutnya adalah pada bidang pendidikan sehingga dapat melahirkan SDM yang sehat, memiliki kecerdasan, pendidikan tinggi, seperti di Jepang dan Korea, fokus pada pembangunan SDM.

“Ini saya titip ke Pak Camat, Kepala Desa, para tokoh, tolong diperhatikan.” Harap Abah Zairullah Azhar.

Abah Zairullah minta Camat dan Kepala Desa memperhatikan pendidikan anak-anak mulai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Ini amanah yang penting, ini yang saya titipkan karena kita ingin bicara 30 tahun ke depan bukan sekarang.” Jelas Bupati Zairullah.

Dengan memperhatikan SDM maka suatu saat nanti generasi Tanah Bumbu menjadi generasi yang pintar dan cerdas. Abah Zairullah menyakini dengan perhatian terhadap pendidikan atau SDM maka generasi yang cerdas, pintar, akan terwujud sebagimana negara-negara maju telah melakukan pembangunan SDM.

Pondasi kedua berkaitan dengan Infrastruktur. Melakukan perencanaan pembangunan yang dapat diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu atau sesuai mekanisme yang diberlakukan melalui Musrenbang.

Baca Juga :  Kondusif, Zairullah: Tanah Bumbu Nomor 1 Penanganan Covid-19 di Kalsel

“Saya sampaikan ke Pak Camat, silahkan catat apa kebutuhan di sini. kepentingan di sini, dibuat inventarisasinya. dan di sampaikan ke Bappedalitbang.” Kata Abah Zairullah sambil menanyakan keberadaan Kepala Bappedalitbang atau yang mewakili dalam pertemuan tersebut.

Selebihnya, usulan yang tidak masuk dalam program prioritas, diinventarisasi kembali untuk diusulkan kemudian nanti akan dibahas dalam forum khusus.

Pondasi ketiga adalah ekonomi. Abah Zairullah menekan bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat dengan melihat potensi yang ada di sekitar. Misalnya membangun pabrik, dengan bahan dasar karet yang bisa dijual oleh masyarakat. Sehingga dibutuhkan pemikiran bersama, Camat dan Kepala Desa, untuk dapat diusulkan dan dimasukkan dalam program prioritas desa.

Abah Zairullah mencontohkan ada sebuah desa di Jawa Tengah, warga menanam pohon kelengkeng secara masif sehingga menjadi komoditas yang dapat dipasarkan sampai ke luar negeri. hasilnya, warga desa menjadi kaya raya. lantas Abah Zairullah menanyakan kira-kira apa yang bisa dibuat di desa masing-masing, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  Momentum Pilih Presiden, Zairullah Azhar Wudhu Sebelum Datang ke TPS

“Apa yang bisa kita lakukan di sini. saya yakin, Kepala Desa pasti punya inspirasi.” Katanya.

Pondasi Keempat adalah penguatan pemerintah. Pejabat pemerintah daerah sampai ke tingkat Kepala Desa harus memiliki wibawa yang dapat dicintai, dihargai, dihormati masyarakat.

“Jangan pernah kita sombong, apalagi menyakiti masyarakat, masya Allah. tidak boleh, kenapa, karena kita ini pelayan.” jelas Abah Zairullah.

“Jadi kita tampilkan pemerintahan ini dicintai, dihargai, dan dihormati. kita ini menjabat amanah dan cuma sebentar, apa yang kita sombongkan.” Tanya Abah Zairullah mengingatkan agar semua pejabat dan perangkat desa memberikan pelayanan yang baik.

Acara Musrenbang tingkat kecamatan, yang dihadiri Abah Zairullah Azhar, pada hari ini (Kamis), dilaksanakan di dua tempat, pertama di kantor Kecamatan Kusan Hilir dan kedua di kantor Kecamatan Kusan Tengah. (MAS)

Berita Terkait

Air Mata Ibu Tak Terbendung, Anak Basuh Kaki Ibunya
Dinas PUPR Gelar Bimtek E-Purchasing Jasa Kontruksi
Wahyu Windarti Zairullah Lantik 5 Ketua TP PKK Kecamatan
Lima Objek Wisata Tanbu Paling Banyak Dikunjungi
Pemkab Tanbu Gelar HUT ke-21 Mulai 20 April-4 Mei 2024
Pemkab Tanbu Sediakan Saluran Aduan Objek Wisata
Pengajian Serambi Madinah: Wajib Niat Puasa Ramadhan Sebelum Fajar
Zairuah Azhar Sebut Program Mencuci Kaki Ibu Mengharukan
Berita ini 21 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 19 Maret 2024 - 20:26 WIB

Air Mata Ibu Tak Terbendung, Anak Basuh Kaki Ibunya

Selasa, 19 Maret 2024 - 19:34 WIB

Dinas PUPR Gelar Bimtek E-Purchasing Jasa Kontruksi

Selasa, 19 Maret 2024 - 10:34 WIB

Lima Objek Wisata Tanbu Paling Banyak Dikunjungi

Selasa, 19 Maret 2024 - 10:06 WIB

Pemkab Tanbu Gelar HUT ke-21 Mulai 20 April-4 Mei 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:50 WIB

Pemkab Tanbu Sediakan Saluran Aduan Objek Wisata

Senin, 18 Maret 2024 - 16:38 WIB

Pengajian Serambi Madinah: Wajib Niat Puasa Ramadhan Sebelum Fajar

Senin, 18 Maret 2024 - 15:44 WIB

Zairuah Azhar Sebut Program Mencuci Kaki Ibu Mengharukan

Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:33 WIB

BPBD Tanbu Hadapi 5 Isu Lingkungan Tahun 2025

Berita Terbaru

Advertorial

Baznas Tanah Bumbu Serahkan Batuan Gerobak Usaha Mikro

Rabu, 27 Mar 2024 - 18:20 WIB

Lensa Kamera

Zairullah Azhar Kukuhkan Pengurus FKUB Tanbu 2024-2028

Rabu, 27 Mar 2024 - 11:07 WIB

Tanah Bumbu

Air Mata Ibu Tak Terbendung, Anak Basuh Kaki Ibunya

Selasa, 19 Mar 2024 - 20:26 WIB

Tanah Bumbu

Dinas PUPR Gelar Bimtek E-Purchasing Jasa Kontruksi

Selasa, 19 Mar 2024 - 19:34 WIB