Zairullah Azhar Tampung Usulan Tidak Diakomodir Musrenbang Desa

0
58

TANAH BUMBU – Kedatangan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr HM Zairullah Azhar di Kecamatan Kusan Hulu, Senin (20/9/2021) dimanfaatkan sejumlah kepala desa untuk menyampaikan serangkaian usulan dan persoalan di daerahnya.

Kepala desa yang proaktif merembugkan persoalan di desa masing-masing membuat orang nomor satu di Bumi Bersujud ini bangga.

“Makanya hari ini kami ingin mengenal lebih jauh tentang bagaimana karakter dan kapasitas, kualitas para Kepala Desa dan akhirnya terjawab hingga membuat saya bangga melihat tampilan para Kepala Desa dan ini sangat luar biasa,” kata Bupati, dr HM Zairullah Azhar dikenal banyak oleh berbagai kalangan.

Pertemuan dipandu Camat Kusan Hulu, Herlambang, dan Bupati ini sejumlah masalah dan usulan mulai dari kondisi banjir, penanganan Covid-19 hingga mengangkat rumah terdampak banjir, serta persoalan stunting.

Berbagai usulan itu, Dengan paparan Kepala Desa membuat Bupati bangga, dimana disitu terlihat sebuah tanggung jawab dan pemahaman akan persoalan wilayahnya.

Kemudian, apa yang dipaparkan kepala Desa tidak langsung dijawab oleh Bupati, melainkan tim dari Pemkab yang akan turun langsung ke Desa.

“Nanti di Desa akan ada pertemuan khusus yang dihadiri para Kepala Dinas yang terbagi dan beberapa tim. Dalam pertemuan nanti akan di pertajam apa yang menjadi persoalan kita,” terang Bupati Pertama di Bumi Bersujud itu.

Dia menambahkan, apabila yang diputuskan di Musrenbang 2022 Kabupaten itu sudah tidak masalah, namun menjadi persoalan adalah yang tak masuk dalam Musrenbang. Tapi, ada hal mendesak dan tentu harus dicarikan jalan keluarnya.

Beberapa hari terakhir, kata dia pihaknya di Kabupaten selalu membuat analisa dan kajian tentang apa bisa dilakukan untuk mendorong, dan membantu meringankan tugas dan tanggung jawab para Kepala Desa .

Baca Juga :  Dahsyat, Pabrik Biodiesel Haji Isam Diresmikan Presiden Jokowi

Oleh sebab itu, kata dia apa disampaikan tadi, soal PJU telah kita bahas, tinggal bagaimana nantinya anggaran sementara Dinas Parkimtan dan PU saat ini sedang menggarap, termasuk masalah jalan antar lingkungan antar Desa, antar RT, nanti akan kita lihat.

“Nantinya harapan kita, kepala desa harus hapal berapa kilometer jalan yang harus di tuntaskan, apakah jalan lingkungan Desa atau di RT, maka mulai sekarang diolahkan betul rancangannya sehingga kemudian kita bisa mentargetkan kapan itu bisa selesai,” kata mantan anggota DPR-RI dua periode itu.

Sementara itu, usai Rakor di Kusan Hulu berlanjut dihari bersamaan dengan Rakor serupa di Kecamatan Kusan Tengah, serta turut dihadiri sejumlah Kepala Desa setempat dengan ragam usulan yang berbeda.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here