Wahyu Windarti Turun Tangan Bina Desa Sari Mulya Juarai PHBS Provinsi Kalsel

Avatar photo

- Editor

Selasa, 8 Agustus 2023 - 18:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), tak segan turun tangan bina desa juarai PHBS Provinsi Kalsel.

Hal ini berkaitan dengan persiapan Desa Sari Mulya mengikuti ajang perlombaan Desa ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebagaimana informasi, lomba akan dilaksanakan pada Selasa (08/08/2023) hari ini. Tim Kabupaten dan TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, gencar melakukan pembinaan di Desa Sari Mulya Kecamatan Sungai Loban (Kec Sei Loban).

Kunjungan rombongan Tim Kabupaten tersebut disambut langsung Camat Sungai Loban Agus Salim, didampingi oleh Kepala Desa Sari Mulya Muntolip dan Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa beserta anggota dan Tim Puskesmas Sebamban Satu.

Baca Juga :  Koni Tanbu Gelar Bimtek Psikologi dan Fisik

Dengan ini, diharapkan para kader menjadikan 10 indikator PHBS sebagai pedoman dan acuan bagi wilayahnya dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Pada pembinaan akhir, Senin kemarin (7/08/2023), Ketua TP PKK Kabupaten, Wahyu Windarti Zairullah mengungkapkan Pemerintah Desa, PKK Kecamatan, dan Desa, serta tim dari Puskesmas Sebamban Satu harus selalu bekerjasama.

Ia menambahkan, kekuatan saling support dan bekerja keras untuk kesuksesan desa sangat diperlukan dalam mewakili Kabupaten Tanah Bumbu di acara Lomba Desa PHBS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Lomba hanya sebagai sarana stimulus dan motivasi bagi warga, namun yang penting adalah pemberdayaan masyarakat, dalam menjaga kebersihan lingkungan, lingkungan bersih dan sehat serta masyarakat berperilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Wahyu Windarti.

Baca Juga :  Tim Basket Kalsel Unggul Skor 68 Di Pra-Popnas Zona III

Selain itu, kehadiran Tim Kabupaten sebagai bentuk usaha bersama, dalam pembinaan berjenjang dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa, agar pelaksanaan PHBS di lapangan dapat terintegrasi dalam kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan, Lasma Asih Agus Salim, mengungkapkan PKK Kecamatan bersama Pemerintah Kecamatan Sungai Loban, selalu mendorong desa untuk terus berkembang dan memajukan wilayahnya.

“Mendorong desa-desa di Kecamatan Sungai loban termasuk mengikuti berbagai lomba, salah satu diantaranya lomba binaan Desa perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan LBS,” ungkapnya.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Lantik 73 Pengurus Pusat Forum Nasional LKSA

Sementara itu, Tim Kabupaten melakukan kunjungan ke beberapa titik wilayah, meliputi ke kantor Desa Sari Mulya lanjut ke Dasawisma Anggrek kemudian ke bank sampah Desa Sari Mulya.

Direktur Bank Sampah Cinta Bumi, Akhmad Supianor Fajeri, mengajak masyarakat untuk kurangi sampah dengan 3 aksi yakni sedekah, barter dan tabung, Bank sampah merupakan cinta bumi, cara Indah menyelamatkan benua serambi Madinah.

“Tabung sampah jadi rupiah, pilih jenis tabungan sampah yakni pribadi atau komunitas, adapun jenis sampah yakni sampah kertas, kardus, botol plastik, seng, besi dan tembaga, mari menabung, ubah sampah menjadi berkah,” pungkasnya. (Arunika)

Berita Terkait

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Berita ini 115 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:46 WIB

Ketua Pers Indonesia: Dewan Pers Hanya Fasilitator Bukan Regulator

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:08 WIB

Dewan Pers Bukan Penyelenggara Tunggal UKW

Sabtu, 3 Desember 2022 - 09:09 WIB

Ini Daftar Gaji dan Tunjangan Paspampres

Kamis, 10 Juni 2021 - 01:33 WIB

Umar Nangis Melihat Rasulullah

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Tanah Bumbu

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB