Serambi Madinah Berdayakan Desa Melalui Lokakarya

Avatar photo

- Editor

Senin, 5 Juli 2021 - 22:34 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Lokakarya “Pemberdayaan Ekonomi Rakyat Menuju Kabupaten Tanah Bumbu Sebagai Sebutan Serambi Madinah” dibuka oleh Bupati Zairullah Azhar dan dihadiri pelaku usaha dari hampir seluruh desa di ruang Bersujud Kantor Bupati Tanah Bumbu. Senin, (5/7/2021).

Sebagai narasumber Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir, SE, M.AP., Koordinator Staf Khusus Bupati Tanah Bumbu Dirham Zain, SE, dan Staf Khusus Bupati Bidang Ekonomi Rakyat (Koperasi, Usaha Kecil, dan BMT Syariah) Agus Salim Matondang, B.Sc, MM, CFSC.

Agus Salim menyebutkan, dalam membangun ekonomi rakyat perlu melibatkan pejabat yang berwenang melakukan pembinaan dan pertemuan rutin sebagai wadah untuk berbagi informasi dan mencari solusi terkait pemberdayaan, bahkan dia memberikan solusi yang terangkum dalam buku yang ditulisnya sebagai pedoman membangun pemberdayaan ekonomi rakyat.

Baca Juga :  Peringati HGN ke-78, Zairullah Azhar: Guru Hatinya Baik, Ucapan dan Tindakannya Juga Baik

“Dalam buku yang saya tulis, saya rekomendasikan ada tiga hal. pertama, intinya pembinaan harus dilakukan oleh instansi yang berwenang, dilakukan monitoring dan pembinaan manajemen. Yang kedua, agar BMT terus bergerak sebagai alternatif pembiayaan secara teratur, dilakukan pembinaan kader-kader baru. Ketiga agar tetap dalam kebersamaan, perlu pertemuaan lokakarya (antar pelaku usaha).” Kata Agus Salim Matondang.

Pertemuan lokakarya yang dimaksud adalah pertemuan yang membahas masalah bidang usaha, BMT Syariah, atau koperasi yang telah dibentuk, dalam rangka mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi, disamping pertemuan sebagai wadah mempererat garis perjuangan dalam membangun desa masing-masing.

Agus Salim menceritakan upaya membangun keberlanjutan BMT (Baitul Maal wa Tamwil) di zaman Bupati Zairullah pada periode sebelumnya, setiap acara lokakarya pemberdayaan selalu melibatkan kalangan millenial agar mereka bisa menjadi ujung tombak visioner desa dalam pemberdayaan masyarakat di desanya, dibantu oleh camat sebagai penggeraknya.

Baca Juga :  Zairullah Azhar: Jabatan adalah Hidayah dan Hadiah dari Allah

Faktor penting lain dalam menggerakkan ekonomi masyarakat adalah melihat potensi desa, bidang usaha yang dapat dikelola oleh masyarakat desa karena usaha yang kelola melalui koperasi bersifat dari bawah atau usul rembuk masyarakat bukan instruksi dari atas.

Oleh karena itu camat dapat memfasilitasi rembuk desa dengan pendekatan partisipatoris, agar bidang usaha yang dikelola nantinya dapat menimbulkan rasa tanggung jawab dan rasa memiliki. Agus Salim mencontohkan bahwa membangun usaha tidak harus dengan modal besar, bahkan di bawah pohon pun bisa dibentuk, yang penting adalah rembuk masyarakat dalam mewujudkan usaha dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Kami (dulu) meresmikan lembaga (salah satu BMT) di bawah pohon mangga, presentasi di sana. tidak ada listrik. Boro-boro pakai laptop. Listrik aja belum ada. Tapi mereka rembuk, memang salah satu langkahnya itu harus rembuk desa.” Ujarnya.

Baca Juga :  DPRD Harap Kasus Pemecatan Perangkat Desa Tak Sampai ke Pengadilan

Agus Salim menyakini bahwa kebangkitan ummat dapat diwujudkan bila ekonomi dikuasai dan dimulai dari desa, dia menjelaskan surah al-Maidah ayat 35, bahwa orang bertakwa itu harus punya wasilah dan wasilah berjuang di jalan Allah adalah ekonomi. Oleh karena itu penting bagi Tanah Bumbu untuk melakukan pemberdayaan ummat, apalagi Tanah Bumbu memiliki tagline sebagai Serambi Madinah.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Samsir, berharap peran camat-camat di setiap wilayah dapat mengusulkan kegiatan yang dapat membangkitkan usaha masyarakat karena menurutnya, kata kunci pemberdayaan adalah pemulihan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran. (MAS)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Rabu, 24 April 2024 - 20:51 WIB

Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Tanah Laut

Acil Odah Hadiri Peringatan Hari Kartini di Tala

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:56 WIB

Tanah Laut

Sebanyak 55 Pengurus BKPRMI Tala Periode 2024-2028 Dilantik

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:48 WIB

Daerah

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:17 WIB

Tanah Laut

Syamsir Janji Umrohkan Para Juara

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:04 WIB