Sah, Perda Retribusi PBG Gantikan IMB

Avatar photo

- Editor

Selasa, 22 Maret 2022 - 08:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka Pengambilan keputusan terhadap dua raperda, Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, dan Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Pengambilan keputusan ini diambil dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu masa persidangan pertama dan rapat ke 19 tahun 2022 .

Pimpinan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Agoes Rahkmady, menyampaikan harapan bahwa rapat paripurna dapat berjalan lancar dan pengambilan keputusan dalam rapat paripurna dapat memberikan manfaat terhadap landasan hukum dan kelancaran pemerintahan terhadap raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung sebagai pengganti aturan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan raperda Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, yang akan diselenggarakan pemilihan kepala desa diakhir tahun 2022 ini.

Disebutkan bahwa kedua raperda ini mulai dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sejak tanggal 17 Februari 2022 sampai 15 Maret 2022 dengan melibatkan SKPD terkait dan perusahaan angkutan batubara dan sejenisnya.

Baca Juga :  Acara Isra Mi’raj, Zairullah Ingatkan Mission Pembangunan

“Rapat paripurna hari ini merupakan rapat final dari semua rangkaian proses pembahasan sejak hari Senin tanggal 7 Februari sampai hari Selasa tanggal 15 Maret 2022.” Kata Agoes Rakhmady dalam memimpin rapat paripurna di Kantor DPRD Tanah Bumbu. Senin (21/3/2022).

Fraksi-Fraksi di DPRD Tanah Bumbu menyampaikan pendapat dan kesimpulan sebagai Pendapat Akhir dalam rapat paripurna terhadap 2 raperda.

Abdul Rahim membacakan pendapat Akhir Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menyebutkan bahwa Fraksi PDIP meminta kepada pemerintah daerah melakukan sosialisasi seluas-luasnya terhadap 2 raperda, yang telah dibahas dan akan menjadi perda, agar masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu mengetahui perda yang telah disahkan.

Ia juga menghimbau agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu segera membuat aturan teknis dalam bentuk Peraturan Bupati Tanah Bumbu mengenai Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung sebagai turunan dari perda yang telah disahkan.

Fraksi PDIP berharap semua masukan atau saran yang diberikan oleh fraksi-fraksi dapat menjadi penyempurna terhadap raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dan raperda Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Baca Juga :  DPRD Tanbu Setujui Jalan Khusus bagi Perusahaan Batubara

Dengan penyampaian Pendapat Akhir ini, Fraksi PDIP Tanah Bumbu menyatakan menyetujui dua raperda usulan eksekutif.

“Menyatakan Fraksi PDIP menerima dan menyetujui dua buah rancangan perda tentang Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, dan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung untuk dapat ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022.” Kata Abdul Rahim.

Selanjutnya Pandangan Akhir dari Partai Gerindra yang dibacakan Suyono menerima dan menyetujui kedua raperda yang telah dibahas di DPRD.

Selanjutnya fraksi-fraksi pengusung Abah Zairullah Azhar-Muhammad Rusli, yakni Fraksi PKB, Fraksi Golkar, Fraksi Amanat Nasional Demokrat menyatakan menerima dan menyetujui 2 raperda dalam rapat paripurna.

Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar yang diwakili Sekretaris Daerah Ambo Sakka berharap melalui raperda yang disahkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, dapat memilih Kepala Desa yang memiliki kualitas dan kapasitas mampu menjalankan pemerintahan desa.

Baca Juga :  Inovasi Detak Detik Dukpencapil Tanah Bumbu hadir di Desa-Desa

Ambo Sakka sangat menyadari bahwa inti pembangunan Tanah Bumbu berada pada pembangunan di desa, sebagaimana Abah Zairullah sering menyampaikan bahwa pembangunan Tanah Bumbu harus dimulai dan dibangun dari desa sampai ke wilayah perkotaan.

“Kita sadari betul bahwa ujung tombak pembangunan berhasil tidaknya kita, indikatornya ada di desa.” Kata Ambo Sakka menjelaskan konsep pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu.

Sehingga ia sangat banyak berharap dengan sistem pemilihan, pengangkatan, pemberhentian kepala desa dapat memberikan harapan bahwa kepala desa yang dipilih, memiliki kompetensi dan kemampuan mengelola desa.

“Kepala desa yang mempunyai kapabilitas, kompetensi, dan tentu kemampuan untuk melakukan pengelolaan desa.” Pungkas Ambo Sakka, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu juga telah menetapkan raperda Penyelenggaraan Jalan Khusus bagi perusahaan angkutan batubara, sawit, dan sejenisnya dihari yang sama. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023
HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu
Realisasi Kinerja Pemkab Tanah Bumbu Capai 93,42 Persen
Anggota DPRD Tanbu Hadiri Ulang Tahun Zairullah Azhar ke-70
Ini Tugas Bidang Fasilitasi dan Pengawasan Sukseskan Kegiatan Pimpinan dan Anggota DPRD
Anggota DPRD Tanbu Hadiri Safari Ramadhan di Masjid Apung Ziyadatul Abror
Ketua Fraksi PKB Tanbu Bersama Bupati Safari Ramadhan di Kusan Tengah
Hadapi Tenaga Kerja Asing, Fraksi PKB Minta Tenaga Kerja Lokal Peroleh Pelatihan
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 17:58 WIB

Dispersip Kotabaru Gelar Bimtek Pembinaan Perpustakaan

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kotabaru Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Internasional Paralayang

Senin, 15 April 2024 - 16:09 WIB

Hari ke-2 Lebaran, Kunjungan Objek Wisata Kotabaru Meningkat

Selasa, 9 April 2024 - 21:30 WIB

Safari Bupati Kotabaru Salurkan Banyak Bantuan di Kelumpang Selatan

Senin, 8 April 2024 - 13:34 WIB

Diskoperindag Kotabaru: Sempat Naik, Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Senin, 8 April 2024 - 13:01 WIB

Dishub Kotabaru Bantu Sosialisasi Link Mudik Gratis

Minggu, 7 April 2024 - 03:08 WIB

Bupati Sayed Jafar Serahkan Bantuan di Kecamatan Pulau Sebuku

Minggu, 7 April 2024 - 00:20 WIB

Penutupan Gebyar Pesona Ramadhan Kotabaru 2024 Hadirkan El Corona

Berita Terbaru

Kotabaru

Dispersip Kotabaru Gelar Bimtek Pembinaan Perpustakaan

Kamis, 18 Apr 2024 - 17:58 WIB

Tanah Bumbu

Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April

Kamis, 18 Apr 2024 - 15:14 WIB

Kotabaru

Hari ke-2 Lebaran, Kunjungan Objek Wisata Kotabaru Meningkat

Senin, 15 Apr 2024 - 16:09 WIB