Posisi Tawar Promono Anung Maju Pilgub DKI Jakarta

- Editor

Senin, 2 September 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, Goodnews.co.id – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, dipandang bertindak cerdas menempatkan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, sebagai calon gubernur Jakarta.

Langkah tersebut dinilai efektif meredam politik sandera Jokowi, dan menaikkan posisi tawar dengan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondo Kambey, telah meyakinkan Megawati untuk menunjuk Pramono Anung sebagai cagub Jakarta.

“Kemarin memang Pak Pramono dipanggil Ibu Megawati dan diminta untuk mencalonkan, calon Gubernur DKI, itu aja. Pak Pramono berkoordinasi dengan beberapa orang, sehingga ternyata dia jadi bersedia,” ungkap Olly, Selasa (27/8/2024).

Olly dan Pramono Anung mempunyai relasi kuat dengan Jokowi. Dalam berbagai kesempatan Jokowi kerap meminta pertimbangan keduanya terkait persoalan politik mutakhir.

Olly dan Pramono Anung juga disebut mengetahui secara rinci semua manuver politik periode kedua Jokowi, termasuk bagaimana mempersiapkan rencana tiga periode yang gagal, dan rekayasa konstitusi Gibran di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebelumnya, Pramono Anung tidak serta merta menerima penunjukan dirinya sebagai cagub Jakarta. Usai diberi mandat oleh Megawati, Pramono Anung berkomunikasi dengan Presiden Jokowi untuk meminta izin.

“Saya berkomunikasi, duduk berdua setelah beliau pulang dari Lampung, beliau tertawa terbahak-bahak,” kata Pranomo.

Setelah itu, Jokowi mengizinkan Pramono Anung untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Jakarta.

“Beliau bilang, ‘Mas maju Mas maju. Tidak semua orang bisa diberikan amanah seperti itu’,” lanjutnya.

Meskipun telah diizinkan, Pramono Anung kembali meminta restu dari Presiden.

“Bapak Jokowi, saya akan maju Pilkada Jakarta, karena memang permintaan partai. Akhirnya, beliau menyampaikan, ‘Ya sudah, maju saja, Bismillah’,” kata Pramono menirukan perkataan Jokowi.

Jokowi juga membuka komunikasi dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, terkait masalah ini.

Prabowo menyatakan sikap netral dan memberi keleluasan kepada KIM Plus memutuskan, apakah terus berada di koalisi atau ingin berjalan sendiri mengusung calon terkuat mereka pasca putusan MK yang mensyaratkan 7,5 persen dukungan untuk kepala daerah maju di Pilkada serentak 2024.

Baca Juga :  PUPR Usulkan Bendungan Kusan Masuk RPJMN Bappenas

“Tapi, itu bahasa Pak Prabowo untuk konsumsi publik. Yang sebenarnya, Pak Prabowo meminta pimpinan Gerindra mengkonsolidasi internal KIM Plus untuk tetap pada komitmen awal,” cerita salah seorang pimpinan partai KİM yang keberatan disebutkan namanya.

PKB, Nasdem, dan PAN sempat tersengat dengan manuver dan langkah kuda Megawati tersebut. Kecuali PKS dan Golkar, PKS sudah mendapat posisi wakil gubernur dan dana ratusan miliar untuk kerja politik di Jakarta. Untuk hal yang terakhir ini, masih perlu dikonfirmasi kebenarannya ke elit politik di PKS. Sementara itu, Golkar dalam posisi nyaman, karena telah terwakili oleh kader barunya, Ridwan Kamil, yang resmi didapuk sebagai Calon Gubernur Jakarta.

Peneliti Charta Politika Indonesia, Ardha Ranadireksa menyebut diusungnya, Pramono Anung merupakan cara cerdas Megawati, dengan segala dilema yang sedang dihadapi PDIP.

“Sehingga menurut saya, Pramono ini memang tokoh yang cukup moderat, dia tidak terlalu resisten terhadap Jokowi juga tidak terlalu sangat supportif terhadap Jokowi, posisinya relatif profesional saja terhadap Jokowi,” katanya, Kamis (29/8/2024).

Di sisi lain, ada rumor yang berkembang di publik terkait dugaan dilanjutkannya kasus BTS yang melibatkan suami Puan Maharani, Happy Hapsoro, apabila PDIP berani mendorong Anies Baswedan.

“Di sini bagian dari deal-nya, atau bagian dari perhitungan Megawati bagaimana sosok yang diajukan di Jakarta ini memiliki resistensi yang rendah,” tuturnya.

Ardha menilai, Pramono adalah sosok politikus yang sudah berpengalaman memainkan peran sebagai jembatan. Hal ini terbukti saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga :  Nama-nama Anggota DPRD Barito Kuala Terpilih Periode 2024-2029

“Bagaimana Mas Pram menjadi jembatan antara Megawati dengan Taufik Kiemas. Kemudian bagaimana dalam transisi pemerintahan dari SBY ke Jokowi, bagaimana menjadi jembatan antara Jokowi dengan Prabowo dan dengan posisi Seskab betul bahwa bisa disebut sebagai orang terdekat Jokowi sebenarnya,” ucapnya.

Dalam berbagai kesempatan elit PDIP membantah penunjukan Pramono Anung merupakan upaya mengeliminasi politik sandera Jokowi.

“Jangan percaya dengan spekulasi yang dikembangkan. Dari awal nama PAW (Pramono Anung Wibowo) sudah disebut Sekjen, sebagai salah satu kader yang layak untuk posisi cagub. Resistensi internal terhadap paslon menjadi salah satu pertimbangan,” ungkap politisi senior PDIP Hendra Supratikno saat dihubungi di Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Hendra juga menyebut, majunya Pramono Anung tak berkaitan dengan persoalan apakah Megawati sedang mencoba memegang kartu truf Presiden Jokowi atau tidak.

Megawati kerap menyentil peran orang dekat Jokowi. Salah satunya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Megawati bercerita dihadapan kadernya seputar permintaannya bertemu Kapolri yang tak kunjung dipenuhi.

“Saya sudah bilang mau ketemu Kapolri saja, sampai hari ini saja nggak diterima, ya biarin dah,” ujar Megawati saat pidatonya usai menyerahkan surat rekomendasi kepada calon kepala daerah di Jakarta Senin (26/8/2024).

Megawati mengaku, ingin bertanya perihal status dirinya dan kader-kader PDIP sebagai Warga Negara Indonesia sehingga berhak mengikuti kontestasi politik di Tanah Air.

Tak hanya mengungkapkan keinginannya bertemu Kapolri, Megawati juga menyindir perihal tatanan yang dirusak karena pengangkatan Kapolri yang melompat angkatan.

“Jangan dibilang saya provokator atau fitnah. Kayak Pak Sigit (Listyo Sigit) supaya tahu berapa yang dilewati? Lima. Kalau enggak percaya tanya gitu aja, lima angkatan,” kata Megawati.

Berita Terkait

Rusli-Syairi Promosikan Gaya Hidup Sehat
Trump Luncurkan Seri 4 Kartu Perdagangan Digital
Rahmad Mas’ud Daftar ke KPU Didampingi Gus Muwafiq
Jika Menang, Mungkinkah Elon Musk Masuk Kabinet Trump
Kongres III NasDem, Prabowo: Dulu Dukung Anies, Enggak Apa-apa
Ketua KPU Tanbu Terima Berkas Pendaftaran Pasangan Calon Bupati ARB
Sudian Noor Antar Pasangan ARB Daftar Calon Bupati Tanbu ke KPU
500 Massa Antar Pasangan Rusli-Syairi Daftar Calon Bupati Kotabaru ke KPU
Berita ini 16 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 15:04 WIB

Rusli-Syairi Promosikan Gaya Hidup Sehat

Senin, 2 September 2024 - 12:25 WIB

Posisi Tawar Promono Anung Maju Pilgub DKI Jakarta

Jumat, 30 Agustus 2024 - 17:00 WIB

Trump Luncurkan Seri 4 Kartu Perdagangan Digital

Jumat, 30 Agustus 2024 - 14:44 WIB

Rahmad Mas’ud Daftar ke KPU Didampingi Gus Muwafiq

Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:48 WIB

Jika Menang, Mungkinkah Elon Musk Masuk Kabinet Trump

Berita Terbaru

DPRD Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Bahas Isu Cacar Monyet

Jumat, 20 Sep 2024 - 20:24 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Pimpinan DPRD Tanah Bumbu Segera Diresmikan

Jumat, 20 Sep 2024 - 20:12 WIB

Tanah Bumbu

Dispersip Tanbu Bimtek Otomasi Perpustakaan

Jumat, 20 Sep 2024 - 13:15 WIB

Politik

Rusli-Syairi Promosikan Gaya Hidup Sehat

Kamis, 19 Sep 2024 - 15:04 WIB

DPRD Tanah Bumbu

Ketua DPRD Tanbu Tandatangani Deklarasi Pilkada Damai 2024

Kamis, 19 Sep 2024 - 12:30 WIB