Perkuat Ketahanan Pangan dengan Pelatihan Tematik Bagi Kelompok Wanita Tani

0
270

Tanah Bumbu – Wujudkan ketahanan pangan saat pandemi Covid-19, pelatihan tematik bagi Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Desa Tegal Sari Kecamatan Satui dan Kelompok Wanita Tani Anggrek di Desa Bayansari Kecamatan Angsana berlangsung meriah. Selasa, (22/6/2021).

Akibat pandemi yang cukup panjang dan tidak adanya kepastian kapan Covid-19 berakhir sehingga dapat mengganggu ketahanan pangan. Oleh karena itu pelatihan yang bersifat meningkatkan kapasitas dapat membantu para petani utamanya memanfaatkan lahan pekarangan.

Sebenarnya keberadaan KWT sangat berperan dalam ketersediaan pangan Indonesia. Mereka terlibat mulai dari pembukaan lahan, pengolahan lahan, sampai pemasaran hasil pangan.

Kegiatan pelatihan di Desa Tegal Mekar dan Desa Bayansari bertujuan meningkatkan pengetahuan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) secara teknis juga membahas tentang Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Pelatihan ini sangat membantu bagi para wanita tani Tanah Bumbu.

Pelatihan tersebut mengambil tema ‘Melalui Pelatihan Tematik untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Menjadi Lebih Optimal dan Lestari.’ Berlokasi pada dua Desa, yaitu Desa Tegal Sari dan Desa Bayansari.

Tujuan lain dari pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan KWT dalam mengolah menu B2SA atau Beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi rumah tangga.

Sumber dana dari kegiatan ini adalah dana DAK non fisik tahun 2021. Narasumber berasal dari BPTP Provinsi Kalimantan Selatan, materi ‘Pengolahan hasil pertanian berbasis sumber daya lokal’ dan dari Balai Pengendalian Hama Penyakit Kabupaten Tanah Bumbu dengan materi ‘Pencegahan dan Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Hortikultura’. (MAS)

Baca Juga :  Gubernur Kalsel Sampaikan Arah Pembangunan 2021-2026

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here